Hasil Tes Tabrak Euro NCAP Mazda MX-5 Raih Skor 4 Bintang

Hasil Tes Tabrak Euro NCAP Mazda MX-5 Raih Skor 4 Bintang
0  komentar
mazda-mx5-crash-test-euro-ncap

AutonetMagz.com – Mobil yang kemarin kami tunggu penampilannya di GIIAS 2015 (tapi ternyata tidak jadi datang) ini akhirnya sudah selesai diuji keselamatannya oleh Euro NCAP. Setelah kemarin Mazda 2 meraih total 4 bintang di Euro NCAP, ternyata Mazda MX-5 SkyActiv juga meraih skor yang sama, yakni 4 bintang juga. Hm, 4 bintang, kenapa tidak 5 bintang ya?

Alasannya ternyata sama dengan Mazda 2 spek Eropa. Karena tidak adanya sistem autonomous braking alias SCBS milik Mazda yang mampu menghentikan mobil secara otomatis, maka MX-5 tidak memenuhi persyaratan untuk meraih 5 bintang. Bedanya, jika di Mazda 2 fitur SCBS masih ditawarkan sebagai opsional, di Mazda MX-5 tidak ada yang namanya SCBS sebagai standar atau opsional.

mazda-mx5-crash-test

Padahal kebolehan mobil ini saat diuji tabrak tidaklah buruk. Perlindungan orang dewasanya di angka 84%, lalu perlindungan anak-anak bisa meraih skor 80%, bahkan berkat active bonnet yang mampu mengurangi cedera pejalan kaki, perlindungan pejalan kaki pun mencapai 93%. Yang kurang hanya di safety assist-nya saja, karena skor terbaiknya hanya 64%. Alasannya? Ya karena absennya SCBS tadi.

Oh ya, selain Mazda MX-5, hal serupa dialami Audi TT juga sehingga harus puas dengan 4 bintang saja. Ada sedikit catatan saat side pole impact test, di mana saat MX-5 ditabrakkan menyamping ke sebuah tiang, dada crash test dummy mencatat ada efek benturan yang diterima lebih besar daripada bagian lain, sementara di sektor lain bisa dibilang hasilnya bagus.

mazda-mx5-crash-test-side-pole-impact

Di negara tetangga semisal Malaysia, Mazda MX-5 sudah dijual dengan harga 724,4 juta Rupiah. Mahal memang, tapi setidaknya fitur safety-nya tidak kosongan. Sudah ada ABS+EBD+BA, 4 airbags, stability control, high beam control, lane departure warning system, tapi tidak ada SCBS dan airbag lutut. Di sana, pilihan mesinnya hanya 2.000 cc 158 hp dengan transmisi matik 6 percepatan, dan versi manual segera menyusul. Duh, kapan ya MX-5 dijual di sini?

Penasaran dengan tes tabrak Mazda MX-5? Simak video di bawah ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    coba mobil ini juga test rollover(digulingkan) dgn kondisi atap tertutup atau terbuka

  • Rizky Nanda Noverianto

    tutup tanki sampe buka ya