Bos VW Tak Kuatir Dengan Kemunculan Apple Car

Bos VW Tak Kuatir Dengan Kemunculan Apple Car
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam 2 bulan terakhir, isu mengenai keseriusan Apple dalam merealisasikan Apple Car menjadi topik yang hangat dibahas. Mulai dari Apple yang mencari mitra untuk memproduksi mobil mereka, kandidat – kandidat yang didekati Apple, hingga respon dari beberapa pabrikan otomotif lain. Dan kali ini, Bos dari Volkswagen yaitu Herbert Diess pun buka suara. Beliau menyatakan bahwa pihaknya tidak khawatir dengan munculnya Apple Car, serta resiko dan ancamannya terhadap mobil VW. Yuk kita bahas.

Industri Mobil ≠ Industri Teknologi

CEO dari VW, Herbert Diess buka suara kepada pihak Frankfurter Allgemeine Sonntagszeiting terkait Apple Car. “Industri mobil tidak sama seperti sektor teknologi yang bisa diambil alih dalam satu gebrakan. Apple tidak akan bisa mengatasinya dalam satu malam”, ujar Diess. Diess juga menambahkan bahwa pihaknya tidak terkejut saat mengetahui Apple mengembangkan mobil sendiri karena mereka memiliki keahlian dalam hal baterai, perangkat lunak, desain, dan tentunya modal yang besar. “Kami tidak takut“, tambah Diess dikutip dari Reuters. VW sendiri saat ini sedang berkutat dengan persaingan bersama Tesla dalam hal mobil listrik. Tahun lalu, 231.600 unit mobil listrik VW sudah terjual.

Dan kalau mau dibandingkan, pertumbuhan mobil VW di tahun 2020 silam naik 214% dari tahun sebelumnya. Tentunya ini kabar baik, apalagi tahun 2020 silam adalah tahun pandemi yang menekan berbagai sektor termasuk otomotif. Diess pun menyatakan bahwa pihaknya menepis kekhawatiran yang sempat muncul bahwa VW akan turun statusnya dari produsen otomotif menjadi produsen kontrak yang hanya memproduksi mobil untuk perusahaan teknologi. Nampaknya kekhawatiran ini merujuk pada kemungkinan perusahaan teknologi yang memiliki dominasi di bidang perangkat lunak dan baterai akan memanfaatkan pabrikan otomotif sebagai sub contract untuk memproduksi mobil mereka saja.

Apple Car Masih Lama?

Sejauh ini, Apple Car sendiri nampaknya masih cukup jauh dari kenyataan. Apple masih menimbang – nimbang siapa calon partner yang akan digandeng untuk merealisasikan mobil pertama mereka. Sempat muncul nama Hyundai dan KIA yang nampaknya juga masih belum ada sebuah kejelasan. Nama Nissan juga sempat muncul beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya dibantah oleh pihak Nissan sendiri. Nampaknya, Apple masih memiliki pekerjaan rumah yang penting terkait produksi dan juga calon partner mereka. Jadi, kemungkinan mobil pertama pabrikan berlogo apel ini belum akan kita lihat dalam waktu dekat ini. Sabar – sabar saja bagi kalian yang sudah menantikan.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: