All New Nissan X-Trail : Tampilan Baru, Mesin Baru, Makin Canggih

All New Nissan X-Trail : Tampilan Baru, Mesin Baru, Makin Canggih
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah sekian kali foto – fotonya bocor ke internet, pihak Nissan telah resmi memperkenalkan generasi terbaru dari Nissan X-Trail alias Nissan Rogue. Nah, mengusung kode T33, All New Nissan X-Trail tampil dengan desian yang baru dan juga update di beberapa siis termasuk mesin dan juga penambahan fitur. Lantas, apa saja yang menarik dari mobil ini? Mari kita kupas.

Wajah Baru, US Style!

Di versi T33, All New Nissan X-Trail tampil dengan wajah depan yang sepenuhnya baru. Dan menurut kami, pemilihan bentuk wajahnya kini sangat kental aura Amerika, alias American Style. Di sisi depan, All New Nissan X-Trail menggunakan lampu bertingkat seperti adiknya, yaitu Nissan Juke. Lampu sisi atas adlaah LED DRL berbentuk bumerang yang dipadukan dnegan lampu sein. Lampu utamanya ada di sisi bawah yang dibuat mengotak dengan shape mengikuti bentuk grille V Motion-nya. Lampu kabut ada di sisi bawah dan bentuknya mungil.

Untuk grille sendiri tentunya menggunakan model V Motion berlapis krom yang dipadukan dengan sisi tengah grille berlabur warna hitam. Oiya, ukuran grille ini tergolong besar walau tak sebesar milik Serena C27 facelift. Di sisi bawah mobil ini diberikan under guard berwarna silver. Pindah ke sisi samping, All New Nissan X-Trail memiliki body samping yang minim guratan. Velg yang digunakan sudah dualtone dan palang 5. Ada aksen silver di side body moulding-nya dan di sisi atas garis jendelanya. Oiya, kalau kalian perhatikan, desain mengotak cukup banyak kita temui di mobil ini, termasuk bentuk jendelanya di antara pilar C dan D.

Spionnya sudah dibekali lampu sein, dan di atap masih ada roof rail. Di sisi belakang, All New Nissan X-Trail masih menggunakan lampu dengan posisi yang sama dan bentuk yang sebenarnya masih ada kemiripan dengan versi lawasnya. Hanya saja, kami tidak menemukan adanya aksen ala bumerang di lampu belakangnya. Bumper belakangnya didominasi plastik hitam dengan ornamen silver dan krom, lalu ada reflektor dan juga sensor parkir 4 titik. Antena model shark fin, dan rear spoiler-nya terlihat sporty. Oiya, di sisi belakang juga terlihat ada emblem AWD yang artinya mobil ini berpenggerak 4 roda.

Interior Modern

Masuk ke sisi interior, bisa dikatakan ubayannya sama drastisnya dengan sisi eksterior. All New Nissan X-Trail menggunakan dashboard model floating baru dengan sistem infotainment 9 inci yang didukung teknologi NissanConnect. Selain itu, panel instrumennya juga sudah full digital dengan ukuran 12,3 inci, namun kalau kalian membeli trim bawah maka hanya ada opsi MID 7 inci saja. Oiya, ada opsi juga HUD berukuran 10,8 inci. Konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto juga merupakan hal standar di mobil ini. Dan ada wireless charger 15 watt untuk gadget. Setirnya sudah flat bottom, dan berlapis kulit. Kita juga bisa menemukan banyak material soft touch di dashboard-nya.

Masih di Interior, All New Nissan X-Trail dibekali AC triple zone yang hadir sebagai opsional, dan ada juga remote start with Intelligent Climate Control yang memungkinkan pengguna mengatur suhu kabin sebelum memasuki mobil. Intelligent Keyless AccessIntelligent Keyless Access ada di seluruh pintu, dan pintu belakangnya kini terbuka 90 derajat. Untuk kursi, seluruh kursi mobil ini sudah menggunakan model spine-cradling Zero Gravity yang diklaim Nissan jauh lebih nyaman. Di konsol tengah ada tuas transmisi model kekinian dan 2 buah cup holder sera drive mode selection berbentuk dial.

Fitur Keselamatan

Tentunya Nissan tak lupa memberikan update dari fitur keselamatan mobil ini, dan seperti biasa, mengusung tagline Nissan intelligent Mobility. Yang menarik adalah fitur Nissan’s ProPilot Assist yang sudah ditingkatkan. Fitur ini sejatinya gabungan antara dynamic radar cruise control dengan lane centered steering assist.Nah, di versi ini ada peningkatan dalam hal sensor dimana bisa digunakan di kondisi stop and go, serta diklaim lebih smooth. Sistem ini juga didukung oleh teknologi Navi-Link yang bisa membaca kondisi jalan berdasatkan GPS, termasuk belokan, perempatan yang ramai, hingga pintu tol.

Nah, sistem ini juga diklaim bisa menaik dan menurunkan kecepatan berdasarkan batasan kecepatan di setiap jalan. Fitur serupa untuk saat ini baru ada di Mercedes-Benz saja. Kabar baiknya, sistem ProPilot ini sudah standar di trim terbawah yaitu S. Namun untuk Navi-Link baru ada di trim SL dan Platinum. Oiya, selain itu All New Nissan X-Trail masih dibekali dengan Nissan Safety Shield 360 yang berisikan automatic emergency brake with pedestrian detection, blind-spot warning, rear cross-traffic alert, lane-departure warning, high-beam assist, rear automatic braking dan driver alertness monitoring.

Platform & Mesin Baru

All New Nissan X-Trail T33 dikembangkan dengan menggunakan Nissan Common Module Family (CMF) platform terbaru. Diklaim lebih kaku dan lebih ringan, Nissan menyebutkan All New Nissan X-Trail T33 kini lebih halus dan memiliki handling lebih baik. Kabarnya juga ada update di EPS-nya. Sebagai standar, All New Nissan X-Trail menggunakan format FWD, namun AWD juga hadir sebagai opsional. Untuk mesin, akhirnya Nissan memusiumkan mesin QR25DE lawasnya dan menggantinya dengan mesin PR25DD. Tenaganya naik ke angka 181 hp dengan torsi 245 Nm. Transmisinya masih menggunakan X-tronic CVT milik Nissan.

Perpaduan ini diklaim menghasilkan konsumsi BBM yang lebih baik. Dari pengujian pabrikan, All New Nissan X-Trail mampu menghasilkan 11,4 km/l untuk rute dalam kota, dan 14,88 km/l untuk rute luar kota. Kombinasinya ada di angka 12,7 km/l. Nah, harga jual dari All New Nissan X-Trail masih belum diumumkan, karena mobil ini baru dijual di US pada musim gugur mendatang. Namun, prediksinya ada di angka 25 hingga 35 ribu USD atau setara 350 hingga 490 jutaan Rupiah, tapi di US. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Data & Fakta :

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana