Mesin Hybrid Land Rover : 3 Silinder, 309 PS, 71,4 Km/Liter

by  in  Berita & International
Mesin Hybrid Land Rover : 3 Silinder, 309 PS, 71,4 Km/Liter
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini, Land Rover sudah resmi memberikan pilihan mesin baru pada dua modelnya, yakni Range Rover Evoque dan Discovery Sport. Mesin baru ini adalah mesin 1.500 cc 3 silinder turbo plus teknologi plug-in hybrid yang akan ditandai dengan emblem “P300e” di bagian bagasi mobilnya nanti. Betul, Land Rover sudah ikut tren mesin kecil berpiston sedikit dengan ekstra sistem turbo dan hybrid.

Mungkin terdengar agak lucu, Land Rover kok 1.500 cc 3 silinder? Biarkan mesin ini memperkenalkan dirinya dulu. Mesin 1.500 cc 3 silinder turbo ini bisa menghasilkan 200 PS dan 280 Nm, bersama dengan transmisi otomatis 8 percepatan maka mesin turbonya akan menggerakkan roda depan saja. Mesin turbo ini juga dilengkapi peranti Integrated Starter Generator (ISG), fungsi dan efeknya macam sistem EQ Boost di Mercedes-Benz C200 atau E350.

Nah, sebagai teman mesin turbo tadi, di as roda belakang terpasang 1 motor listrik yang Land Rover sebut sebagai Electric Rear Axle Drive (ERAD). Motor listrik ini punya kemampuan hingga 109 PS dan 260 Nm, alhasil saat digabungkan keduanya bisa menghasilkan 309 PS dan 540 Nm secara teori di atas kertas. Oh ya, baterai untuk sumber tenaga motor listrik di as roda belakangnya dipasang di bawah jok belakang, kapasitasnya 15 kWh.

Seperti mobil plug-in hybrid lainnya, Range Rover menyediakan 2 pilihan pengisian daya, normal charging yang makan waktu 6 jam 42 menit paling lama, atau fast charging yang bisa mengisi dari 0 ke 80 persen penuh dalam 30 menit. Pada Evoque, akselerasi 0-100 cukup 6,4 detik dan konsumsi BBM-nya mencapai 71,4 Km/liter, sementara pada Discovery Sport 0-100 bisa 6,6 detik dan konsumsi BBM-nya 62,5 Km/liter.

Untuk membantu sistem regenerative braking, Land Rover juga memasangkan teknologi brake by wire seperti di Honda NSX. Ada 3 mode berkendara, yakni Hybrid, EV dan Save. Save akan menjaga level baterai sesuai yang kita mau dan mengutamakan pemakaian mesin turbo, sementara EV bisa menjalankan mobil dengan tenaga listrik sejauh 66 kilometer (Evoque) dan 62 kilometer (Discovery). Menurutmu, cocokkah Land Rover pakai mesin ini? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: