Inilah 7 APM Mobil Yang Absen di Gelaran GIIAS 2018

Inilah 7 APM Mobil Yang Absen di Gelaran GIIAS 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan segera berlangsung pada awal bulan depan, dan menjelang berlangsungnya gelaran ini, pihak Gaikindo pun mengundang para media untuk hadir dalam presentasi dari masing – masing peserta gelaran akbar otomotif tahunan di Indonesia ini. Namun yang menarik, ada beberapa Agen Pemegang Merk alias APM yang ternyata tak ikut serta di gelaran GIIAS tahun 2018 ini. Tak jelas apa alasan mereka tak mengikuti gelaran ini, namun yang jelas tentunya sangat disayangkan jikalau kita tak bisa melihat mobil – mobil kece mereka ikut mejeng di ICE BSD pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018 mendatang. Lalu, APM mana saja yang absen di GIIAS 2018 ini? Yuk kita bahas satu per satu.

KIA

Sebuah kejutan yang tak kami duga adalah absennya KIA dalam gelaran GIIAS 2018 ini. Padahal, sebelumnya kami sempat membocorkan kabar bahwa akan hadir sosok All New KIA Picanto, dan prediksinya akan hadir di GIIAS 2018. Namun dengan absennya KIA di gelaran GIIAS 2018 ini sendiri menutup peluang tersebut, walaupun tak serta merta menutup peluang kehadiran mobil mungil tersebut di tanah air. Praktis, Hyundai akan berjalan sendirian kali ini di GIIAS 2018, padahal kita tahu ada beberapa mobil dari KIA yang punya peluang cukup oke untuk dipajang di GIIAS 2018. Contohnya adalah KIA Grand Sedona bermesin Turbo Diesel. Yap, mobil tersebut diisukan akan hadir dalam waktu dekat ini, dan tentunya pihak KIA seharusnya bisa memanfaatkan momen GIIAS 2018 untuk memperkenalkan mobil ini, apalagi kini terlihat lebih worth dengan mesin Turbo Dieselnya.

JEEP

Merk mobil tangguh yang ada di bawah naungan Garansindo ini sendiri merupakan salah satu merk yang biasanya nongol di gelaran GIIAS. Namun di tahun 2018 ini, Jeep dikabarkan akan absen, dan belum jelas apa yang menjadi alasan mereka absen di gelaran ini. Namun jikalau merujuk pada pengalaman tahun 2017 silam, pihak Garansindo selaku APM Jeep sempat bermasalah di gelaran ini. Kala itu, Pihak Garansindo menuntut pihak penyelenggara GIIAS 2017 untuk menuntaskan masalah munculnya sebuah unit mobil Merek Jeep dipajang dan dipasarkan secara terang-terangan oleh salah satu booth di area spare part dan aksesoris. Tentunya hal ini menjadi sebuah pengalaman yang kurang mengenakkan, lalu apakah hal ini menjadi alasan pihak Jeep Indonesia? Who Knows.

PORSCHE

Porsche menjadi salah satu pabrikan yang sejatinya pernah mengikuti gelaran ini, namun sayangnya, mereka absen di GIIAS 2018 ini. Padahal, mereka punya cukup banyak lini produk yang tentunya akan menarik banyak massa untuk mengerubuti booth mereka. Namun tentunya pihak Porsche perlu menimbang – nimbang untung ruginya mengikuti pameran sekelas GIIAS 2018, terlebih karena produk mereka bukanlah produk yang laris manis bak es kepal milo, melainkan produk eksklusif yang penjualannya pun merujuk pada konsumen yang khusus pula.

JAGUAR LAND ROVER

Jaguar menjadi Pabrikan berikutnya yang absen di gelaran GIIAS 2018 ini. Sebenarnya hal ini bukanlah sebuah hal yang baru, karena pabrikan mobil mevvah ini memang sudah absen di gelaran ini sejak tahun 2017 silam. Kala itu, pihak Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku APM dari Jaguar Land Rover di Indonesia menyebutkan bahwa menurut tinjauan yang mereka lakukan kepada konsumennya, hanya ada sedikit suara yang menyebutkan bahwa merk asal Inggris ini perlu ikut serta dalam gelaran seperti GIIAS. Nah, nampaknya keputusan dari hasil tinjauan tersebut masih belum berubah hingga tahun 2018 ini, dan membuat pihak Jaguar pun absen di gelaran ini.

Sama seperti Jaguar, pabrikan asal Inggris lainnya yaitu Land Rover yang masih satu grup dengan Jaguar pun absen di gelaran GIIAS 2018. Alasannya pun sama dengan Jaguar, mengingat APM dari kedua merk ini juga sama. Praktis, kita tak akan melihat jajaran mobil dari Range Rover, seperti Range Rover Sport, Range Rover Discovery Sport, Range Rover Velar maupun Range Rover Evoque. Pihak Wahana Auto Ekamarga selaku APM dari Land Rover sendiri nampaknya lebih nyaman untuk membuat event mereka sendiri untuk memperkenalkan dan memasarkan mobil – mobil mereka.

VOLVO

Sebenarnya kami berharap bisa melihat kiprah dari pabrikan satu ini di GIIAS 2018, apalagi momen GIIAS sempat menjadi momen yang penting bagi pabrikan ini. Yap, GIIAS 2017 menjadi momen comeback bagi Volvo, dan sepanjang tahun 2017 hingga 2018 silam, pihak Volvo sudah mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Car of The Year dari beberapa regional dan negara. Namun jikalau merujuk pada mundurnya mereka dari pameran ‘Tradisional’ seperti Geneva, maka kami tak terlalu terkejut jikalau mereka juga mundur dari GIIAS. Masalahnya, sayang juga jikalau mereka tak memanfaatkan event ini, karena mereka juga baru memulai lagi eksistensinya di tanah air.

RENAULT

Ketidak-ikutsertaan Renault di GIIAS 2018 sendiri merupakan sebuah hal yang cukup bisa dipahami. Alasan utama dari Renault untuk absen di gelaran ini adalah ketidakadaan unit ataupun model mobil untuk dipamerkan. Yap, para peserta GIIAS memang selalu dituntut untuk memberikan ‘lebih’ dalam pameran sekelas GIIAS. Kalau tidak ada mobil baru atau mobil konsep, setidaknya mobil dengan versi atau varian khusus biasanya disiapkan. Namun nampaknya pihak Renault Indonesia memang belum memiliki model terbaru, sehingga nampaknya akan terkesan sia – sia untuk mengikuti pameran sekelas GIIAS jikalau hanya menjadi penggembira saja.

PEUGEOT

Merk mobil terakhir yang akan kami bahas adalah merk mobil asal Perancis yang sejatinya kami harapkan ikut serta dalam GIIAS 2018 ini. Yap, Peugeot pun menemani Renault untuk tak mengikuti gelaran tahunan ini, namun bedanya, pihak Peugeot sejatinya punya produk baru yang layak untuk diekspose lebih. Produk itu adalah Peugeot 3008 2018 yang baru meuncur beberapa bulan silam di Indonesia. Produk yang secara interior dan eksterior terbilang cakep ini sebenarnya bisa menjadi magnet yang cukup kuat jikalau dipajang di GIIAS 2018, terutama karena tampilannya. Namun faktanya kita tak akan melihat booth Peugeot ataupun sosok Peugeot 3008 di gelaran GIIAS tahun ini.

Jadi itulah ketujuh APM yang akan absen di gelaran GIIAS 2018 ini. Tentunya kalian jangan kecewa jikalau kalian tak melihat booth dari salah satu APM yang kami sebutkan di atas. Lalu, seantusias apa kalian untuk menyambut GIIAS 2018 mendatang? Yuk sampaikan opinimu.

Read Prev:
Read Next: