Mercedes-Benz Perkenalkan 4 Mobil Listrik Sekaligus di IAA 2021

Mercedes-Benz Perkenalkan 4 Mobil Listrik Sekaligus di IAA 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekarang sedang ada pameran IAA Mobility 2021 di Eropa, dan Mercedes-Benz turut serta meramaikan acara yang juga digelar secara offline ini. Menurut merek berlogo bintang tiga sudut ini, pameran IAA Mobility 2021 jadi tempat yang pas untuk menunjukkan komitmen Mercedes-Benz di dunia mobil listrik. Tidak tanggung-tanggung, mereka memperkenalkan empat mobil listrik sekaligus, bahkan dua di antaranya akan dijual dalam waktu dekat.

Keempat mobil tersebut terdiri dari dua sedan dan dua SUV. Adalah Mercedes-Benz EQE, Mercedes-AMG EQS 53, Mercedes-Maybach EQS dan Mercedes-Benz EQG. Semuanya bertenaga listrik, bahkan beberapa memegang sejarah penting karena merupakan generasi pertama dari suatu merek performa tinggi. Seperti apakah mobil-mobil yang diperkenalkan oleh Mercedes-Benz?

Mercedes-Benz EQE, Inilah E-Class Kalau Jadi Mobil Listrik

Setelah sedan listrik Mercedes-Benz EQS, kini muncul adiknya yang bernama Mercedes-Benz EQE. Bentuk EQE dan EQS sekilas tidak beda-beda amat, paling hanya wajah dan buritan yang agak berbeda sedikit. Secara dimensi, mobil ini jelas lebih pendek dari EQS, sebab panjang EQS mencapai 5,2 meter sementara EQE ada di angka 4,9 meter. Meski demikian, jarak sumbu roda EQE yang mencapai 3,1 meter lebih dekat ke S-Class daripada E-Class.

Interior Mercedes-Benz EQE pun tak ubahnya EQS, bahkan teknologi layar besar bernama Hyperscreen bisa dimiliki sebagai opsional ekstra. Kalau dalam keadaan standar, Mercedes-Benz EQE mendapatkan interior yang mirip dengan Mercedes-Benz S-Class dan C-Class. Teknologi lain termasuk identifikasi biometrik macam absensi kantor dan navigasi dengan bantuan Augmented Reality. Mobil ini bisa memuat hingga 5 orang, tapi lebih baik buat 4 orang saja.

Mercedes-Benz EQE memakai baterai berkapasitas 90,6 kWh, dan pada spek standar ia pakai 1 motor listrik bertenaga 288 hp dan torsi 530 Nm. Varian AWD dengan 2 motor listrik akan jadi opsional, dan jarak tempuhnya kira-kira 660 km. Jika diisi dengan cara fast charging, baterainya bisa terisi dari 10 persen ke 80 persen dalam 31 menit saja. Sistem suspensi udara dan 4 wheel steering ditawarkan sebagai opsional, standarnya hanya 2 wheel steering dan suspensi biasa.

Mercedes-AMG EQS 53, AMG Bertenaga Listrik Pertama Sudah Hadir

Rupanya tidak perlu menunggu lama untuk AMG membuat mobil listrik, lihat saja mobil baru ini. Mercedes-AMG EQS 53 adalah versi kencang dari mobil listrik Mercedes-Benz EQS. Secara penampilan, Mercedes-AMG EQS 53 ini diberikan identitas khusus berupa hiasan muka ala gril Panamericana dari AMG yang sudah lahir duluan, spoiler belakang yang lebih besar, pelek ukuran 21 atau 22 inci yang bisa dipilih sesuai selera.

Kekuatan utama Mercedes-AMG EQS 53 ada pada 2 motor listriknya yang menggerakkan roda depan dan belakang. Saat digabung, kedua motor listrik ini menghasilkan total tenaga 751 hp dan torsi 1.020 Nm saat mode Race Start aktif. Akselerasi 0-100 bisa tuntas dalam 3,4 detik dan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 250 km/jam. Baterainya punya tegangan 400V dan kapasitasnya mencapai 107,8 kWh. Besar ya…

Jarak tempuh Mercedes-AMG EQS 53 kira-kira mencapai 526 km hingga 580 km, tergantung kondisi. Untuk memanen lebih banyak energi, sistem i-Booster akan memperkuat efek regenerative braking saat deselerasi. AMG juga paham kalau sensasi ngebut tidak akan afdol tanpa suara, makanya AMG mendesain suara khusus yang bisa didengar baik di dalam maupun di luar mobil. Seperti apa ya kira-kira suaranya…

Mercedes-Maybach EQS, Nama Sama Bentuk Beda

Meskipun sudah ada Mercedes-Benz EQS, Maybach juga ingin mobil listrik sejenis yang lebih mewah. Ini adalah konsep mobil listrik Mercedes-Maybach EQS, tapi meskipun namanya sama, bentuknya beda. Jika Mercedes-Benz EQS adalah sebuah sedan, Mercedes-Maybach EQS adalah sebuah SUV mewah. Diperkenalkan dalam konfigurasi 4 tempat duduk, mobil ini menargetkan kaum high-end di pasar otomotif terbesar untuk Mercedes-Benz, yakni Amerika dan China.

Lagi-lagi teknologi Hyperscreen hadir di Mercedes-Maybach EQS, termasuk detail kecil seperti imbuhan Rose Gold, konsol tengah dengan tempat minuman dan vas bunga. Fitur kemewahan seperti meja lipat, kulkas dan wadah botol sampanye tetap disediakan. Tidak banyak detail lain soal mobil ini, namun Mercedes-Benz bilang kalau jarak tempuh maksimalnya kira-kira 600 km.

Mercedes-Benz EQG, Transformasi Legenda SUV Jerman

Sang legenda SUV Mercedes-Benz, G-Wagen nampaknya sudah siap untuk berubah menjadi SUV listrik. Mobil konsep Mercedes-Benz EQG adalah buktinya, dengan sosok kotak-kotak khas yang sudah jadi identitas G-Wagen, sasisnya pun tetap pakai ladder frame. Mobil ini tidak menggendong ban serep, tapi konde yang biasanya berupa ban serep diganti jadi kantong. Gril depannya tertutup dan peleknya memakai ukuran 22 inci.

Mobil ini pakai 4 motor listrik, masing-masing untuk setiap rodanya. Bukan hanya itu, Mercedes-Benz EQG juga dilengkapi dengan girboks 2 percepatan untuk memilih antara rasio kecil dan besar. Berkat torsi instan, Mercedes-Benz EOG diklaim bisa menanjak di tanjakan curam dengan mudah seperti saudaranya yang pakai mesin V8. Mana di antara keempat Mercedes-Benz bertenaga listrik ini yang jadi favoritmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: