Mobil Listrik Porsche Taycan Kini Ada Paket Hematnya!

Mobil Listrik Porsche Taycan Kini Ada Paket Hematnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil listrik pertama Porsche, yakni Porsche Taycan sebelumnya hanya tersedia dalam 3 varian : Taycan 4S, Taycan Turbo dan Taycan Turbo S. Kini, Porsche merilis varian baru Taycan yang hanya diberi nama “Taycan” saja tanpa embel-embel apa pun di belakang namanya. Varian ini awalnya muncul di China, tapi belakangan mulai diperkenalkan secara luas di Amerika Serikat dan akan menyusul ke negara lain. Apa saja bedanya?

Hanya Penggerak Roda Belakang

Semua Porsche Taycan yang sudah hadir duluan memiliki penggerak 4 roda, itu berkat adanya 2 motor listrik yang duduk manis di masing-masing as roda depan dan belakang. Untuk Porsche Taycan varian terbawah ini, Porsche hanya memasangkan 1 motor listrik di roda belakang sehingga Taycan paling terjangkau ini jadi satu-satunya yang berpenggerak roda belakang. Ini langsung menekan harga jual Taycan ini sehingga lebih ramah anggaran.

Meski hanya 1 motor listrik, namun tenaga dan torsi yang dihasilkan tetap tidak bisa dibilang kecil untuk standar sebuah Porsche. Pada kondisi standar, Porsche Taycan termurah ini bisa menghasilkan 402 hp dan 344 Nm untuk disalurkan ke roda belakang. Performanya juga tidak pelan, sebab akselerasi 0-100 bisa tuntas dalam 5 detik lebih sedikit dan jarak dari 0 ke 402 meter bisa ditempuh dalam waktu 13,7 detik.

Baterai Bisa Diperbesar

Taycan versi hemat ini pada standarnya membawa baterai berukuran 79,2 kWh, dan itu sudah cukup besar, bahkan lebih besar daripada Tesla Model X 75D yang beredar di Indonesia. Bagi yang merasa baterainya kurang besar, Porsche akan menawarkan pilihan Performance Battery Plus di mana kita berhak atas baterai yang ukurannya lebih besar lagi, yakni 93,4 kWh. Sebagai gambaran, baterai Performance Battery Plus ini ukurannya 3 kali lebih besar dari baterai Hyundai Ioniq EV.

Adanya opsi Performance Battery plus juga otomatis meningkatkan tenaga dan torsinya. Jika tadinya 402 hp dan 344 Nm, angka tersebut akan naik jadi 469 hp dan 357 Nm. Pengisian dayanya juga bisa dipercepat, sebab saat baterai standar bisa di-charge dengan daya 225 kW, Performance Battery Plus bisa di-charge dengan daya 270 kW. Kedua pilihan baterai ini bisa diisi dari 0 ke 80 persen dalam 22,5 menit, tapi baterai dengan Performance Battery Plus punya daya jelajah lebih jauh.

Hampir 500 Kilometer!

Bagi sebuah mobil listrik, salah satu hal terpenting yang pasti ditanyakan adalah berapa jarak tempuh terjauhnya sebelum baterainya harus di-charge. Jika memilih Taycan standar, angka perkiraan Porsche untuk Taycan standar spek China mengklaim mobilnya bisa berjalan sejauh 412 kilometer sebelum harus diisi daya lagi.

Lain cerita jika sudah memilih paket Performance Battery Plus. Selain menaikkan performa, ternyata opsi baterai versi upgrade ini mampu memberi jarak tempuh sejauh 489 kilometer, alias hampir 500 kilometer. Tak heran, namanya baterai lebih besar ya jadi wajar jika bisa memberikan jarak tempuh lebih jauh juga.

Penampilan Tetap Keren

Sosok Porsche Taycan paket hemat ini tak jauh berbeda dengan Taycan-Taycan di atasnya. Kita memang bisa memesan Taycan kita sendiri dengan spek yang sesuai selera kita, namun sebagai kelengkapan standar, Taycan sudah pakai suspensi adaptif. Bisa dilengkapi suspensi udara dengan sedikit biaya ekstra, bahkan opsi rem PSCB dan PCCB juga bisa dipasangkan andai benar-benar butuh.

Porsche Taycan ini tetap keren luar-dalam dengan lampu LED DRL 4 titik khas Porsche, desain ceper nan aerodinamis serta lightbar LED yang melebar di belakang. Interior Porsche Taycan juga tetap futuristik dengan layar cekung untuk spidometer, layar utama besar dengan haptic feedback dan tentu saja bahan interior top beserta kualitas pengerjaan kelas wahid khas Porsche. Taycan punya 2 bagasi, yakni bagasi belakang dan bagasi depan.

Harga Porsche Taycan termurah di Amerika Serikat ini diperkirakan sekitar 79.900 dollar AS atau 1,12 M Rupiah menurut kurs saat ini. Harga ini masih di atas Tesla Model S yang jarak jelajahnya lebih jauh, namun tentu saja kita dapat nama besar Porsche beserta kualitas bahan dan pengerjaan yang jauh lebih baik dan rapi. Jika tak ada halangan ke depannya, Porsche Indonesia akan memperkenalkan Porsche Taycan secara resmi tahun 2021 ini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: