Xiaomi Bentuk Divisi Khusus Untuk Mobil Listrik!

Xiaomi Bentuk Divisi Khusus Untuk Mobil Listrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan rahasia lagi kalau sejumlah pabrikan teknologi kini mulai melirik segmen otomotif sebagai tujuan baru mereka. Alasannya sederhana, karena segmen otomotif kini bergerak ke arah elektrifikasi. Dan sejumlah pabrikan teknologi seperti Apple hingga Google memiliki resources yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil listrik,. Nah, kini, Xiaomi juga makin serius menggarap segmen otomotif. Dan ini dibuktikan melalui pembentukan divisi khusus yang akan menggarap segmen mobil listrik. Yuk kita bahas.

Buka Divisi Kendaraan Listrik, Rekrut 300 Pegawai

Mengutip informasi dari Gizmo China, Pendiri, pimpinan, sekaligus kepala bidang eksekutif dari Xiaomi yaitu Lei Jun telah terdaftar secara legal sebagai perwakilan dari brand EV di bawah naungan Xiaomi. Selain itu, sumber mencatatkan bahwa divisi mobil listrik Xiaomi telah terdaftar memiliki modal sebesar 10 Milyar Yuan atau setara hampir 22 triliun Rupiah. Dalam sebuah pernyataan resmi, Xiaomi sendiri menyatakan bahwa mereka telah menghabiskan waktu selama 5 bulan terakhir untuk melakukan riset. Riset ini sendiri berhubungan dengan rantai industri kendaraan listrik dan juga riset terkait pengguna kendaraan listrik. Xiaomi melakukan lebih dari 2.000 survei dan melakukan kunjungan ke lebih dari 10 mitra industri mereka. Semuanya dilakukan untuk mempersiapkan jalan mereka ke segmen kendaraan listrik. Bahkan, mereka juga telah membuka pendaftaran pegawai untuk divisi ini.

Xiaomi diketahui telah membuka perekrutan online di situs Weibo. Dan dalam tempo kurang dari 1 bulan, sudah ada sekitar 20 ribu resume yang diterima oleh Xiaomi. Hasilnya, Xiaomi merekrut sekitar 300 karyawan untuk divisi baru ini. Sebenarnya, kabar mengenai terjunnya Xiaomi ke segmen ini bukanlah kabar baru. Sejak awal tahun ini, Lei Jun sudah menyatakan bahwa Xiaomi memiliki niatan yang kuat untuk menggarap segmen kendaraan listrik. Bahkan, dana yang kami sebutkan diatas sudah dipersiapkan sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan divisi ini selama 10 tahun mendatang. Sempat muncul kabar bahwa Xiaomi akan menggandeng merk lokal China yaitu Great Wall Motor untuk membantu mereka memproduksi mobil di pabrik milik GWM. Namun, hingga detik ini masih belum ada pengumuman resmi terkait kerjasama ini.

Mobil Listrik Berteknologi Otonom?

Sebelumnya, Xiaomi juga pernah menghadirkan Redmi Car di tahun 2019 silam. Namun, mobil ini sejatinya adalah Bentune T77 yang merupakan produk dari FAW China. Xiaomi Redmi Car sendiri menggunakan mesin 1.200cc Turbo yang memiliki figur tenaga maksimal di angka 143 hp dan torsi maksimal 204 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan. Namun, sekali lagi, produk tersebut sifatnya adalah rebadge semata. Nampaknya, Xiaomi hanya ingin tes ombak dengan produk tersebut. Kini, Xiaomi memiliki modal yang lebih besar dengan adanya startup teknologi otonom bernama DeepMotion di pihak mereka. DeepMotion sendiri dibeli Xiaomi di bukan Agustus kemarin. Hanya saja, masih terlalu dini untuk melihat peta jalan dari kolaborasi Xiaomi dan DeepMotion. yang jelas, ada tanda – tanda yang menunjukkan mobil listrik Xiaomi nantinya akan memiliki teknologi otonom.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: