Mercedes-Benz Indonesia Resmikan Kehadiran Sonderklasse Baru

0  komentar

AutonetMagz.com – Pada tanggal 4 Mei 2021 kemarin, Mercedes-Benz Indonesia resmi menghadirkan generasi terbaru dari sedan full-size kelas atas mereka, Mercedes-Benz S-Class W223 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Kami tahu beberapa importir umum sudah memasukkan S-Class lebih dulu, namun rasanya jadi lebih “wah” saja kalau yang memasukkan adalah APM resmi, dengan spek resmi, layanan resmi dan garansi resmi.

Sedan besar yang identik dengan citra sebagai mobil andalan kepala pemerintahan negara ini kini tak hanya mengandalkan kemewahan belaka, namun ada hal lain yang ditonjolkan. Mercedes-Benz S-Class kini memimpin jalan bagi merek berlogo bintang 3 sudut ini memasuki era digital dengan sejumlah teknologi canggih. Sebelumnya, sedan besar Jerman yang sangat canggih teknologinya adalah BMW 7-Series, namun sepertinya S-Class ini ingin memamerkan hal yang lebih canggih.

Kamera 3 Dimensi

Mari masuk ke interior Mercedes-Benz S-Class, karena bagian ini yang paling penting. Interior Mercedes-Benz S-Class baru tidak membawa satu pun perintilan dari S-Class lama. Sebagai supir pun kita bisa menikmati terobosannya, yakni panel instrumen 3 dimensi. Berkat kamera yang membaca arah mata pengemudi, tampilan di layar akan berubah-ubah tergantung sudut pandang pengemudi untuk memberikan efek 3 dimensi yang memukau.

Tidak hanya itu, kamera ini bisa mengubah setelan spion kiri atau kanan tanpa perlu memindahkan tuas atau tombol tertentu ke arah “L” atau “R”. Cukup lihat salah satu spion kiri atau kanan, mobil akan tahu spion mana yang harus diatur dan hanya mengubah arah kaca spion tersebut. Keren ya? Tentu saja efek ini bisa dimatikan jika dirasa kurang cocok, namun masa iya anda tidak penasaran dengan efek 3 dimensi dengan bantuan kamera ini?

Airbag Penumpang Belakang

Mercedes-Benz S-Class baru menjadi mobil pertama di dunia yang memasangkan airbag untuk penumpang belakang. Standar mobil sekarang adalah sekitar 6 atau 7 airbags, dan sebelumnya Mercedes-benz sudah berinovasi dengan menanamkan airbag di sabuk pengaman. Namanya adalah “Beltbag”, dan hal ini sudah ada sejak S-Class generasi sebelumnya. Sekarang, ada airbag di balik jok depan untuk melindungi penumpang belakang kalau terjadi insiden.

Sejatinya, airbag belakang ini hanya opsional kalau di luar negeri, namun Mercedes-Benz Indonesia memasukannya jadi kelengkapan standar. Tentu saja kabin belakang S-Class tetap mewah dan lega. Penumpang belakang mendapatkan 2 layar sentuh dan 1 tablet PC yang bisa dibawa keluar mobil, bahkan penumpang belakang bisa mengendalikan sistem MBUX dengan perintah suara “Hey Mercedes” berkat mikrofon di atap penumpang belakang.

Hanya 1 Varian

Berjuta kecanggihan dalam S-Class W223 ini, terutama sistem MBUX tercanggih di jajarang Mercedes-Benz lainnya berkat lampu dialog interaktif dan layar dengan haptic feedback. Lampu depannya sudah berteknologi digital dan gagang pintunya sudah model pop-up seperti Tesla Model S atau Porsche Taycan. Suspensi udaranya bisa naik-turun dan melindungi penumpang kala benturan samping dengan mengangkat mobil ke arah tertentu, dan tentu saja interiornya luar biasa memanjakan.

Tentu saja masih sangat banyak kecanggihan lainnya dari Mercedes-Benz S-Class, namun kami sudah meringkasnya dalam satu video. Mercedes-Benz Indonesia hanya menjual 1 tipe saat ini, yakni Mercedes-Benz S450L 4MATIC. Ya, kali ini S-Class berpenggerak AWD karena dari Jermannya sudah disetel seperti itu untuk varian S-Class. Mungkin gara-gara itulah harganya melambung jadi 3 Miliar Rupiah sebelum pajak. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Supaya lebih jelas, Anda bisa menonton video first impression review Mercedes-Benz S-Class terbaru 2021 ini pada bagian atas artikel.

Read Prev:
Read Next: