Robot Ini Jadi Bintang Tamu di Acara Hyundai!

by  in Berita&Hyundai&Nasional
Robot Ini Jadi Bintang Tamu di Acara Hyundai!
0  komentar

AutonetMagz.com – Merek mobil bikin mobil itu sudah biasa, makanya kadang kita bisa lihat hasil kerja sampingan beberapa produsen otomotif yang masih berkaitan dengan transportasi, teknologi atau malah hal lain. Ambil contoh Honda yang meriset robot dan bikin pesawat, VW yang bikin sosis, atau Mitsubishi yang juga bikin lift, alat-alat kimia dan pensil. Kasarnya, merek-merek yang bikin banyak barang seperti ini bisa dibilang merek palugada alias “Apa lu mau, gua ada.

Hyundai juga masuk dalam kategori merek tersebut. Selain bikin mobil, kita juga tahu ada lift Hyundai Elevator, namun manuver Hyundai dalam mengakuisisi Boston Dynamics memberikan posisi menguntungkan bagi produsen asal Korea Selatan ini. Boston Dynamics punya sebuah robot pintar berkaki empat bernama Spot, dan ia sudah hadir di Indonesia. Hyundai menghadirkan Spot untuk mengisi acara di berbagai pameran Hyundai dan berinteraksi dengan pengunjung.

Bisa Pakai Pengendali Khusus atau Laptop

Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Spot bisa melakukan gerakan-gerakan seperti berjalan lurus, mundur, ke samping kanan atau kiri dan melompat-lompat. Spot juga bisa mendeteksi tangga dan menyesuaikan langkahnya terhadap perbedaan ketinggian. Meski judulnya adalah robot, sebenarnya Spot dikendalikan oleh sebuah remote khusus.

Selain dengan remote khusus, pengendalian Spot juga bisa pakai laptop, malah fungsi dan aksinya bisa lebih lengkap saat pakai laptop. Untuk keamanan, Spot punya 5 kamera dengan pembagian seperti berikut : 2 kamera di depan, 1 di sisi kiri, 1 di sisi kanan dan 1 di belakang. Ini untuk mendeteksi lingkungan sekitar dan mencegah ia menyenggol atau menabrak sesuatu. Keempat kaki Spot juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

Spot Tinggal di Indonesia Selama Setahun, Mampir di Hyundai City Store

SungJong Ha, President Director of HMID mengatakan, ”Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity. Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi.”

Lebih jauh lagi, Ha mengungkapkan, “Masa depan di mana manusia dan robot akan hidup berdampingan telah datang lebih cepat dari yang selama ini kita fikirkan. Di mana saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang juga. Saya mengajak semua pelanggan Hyundai dan penikmat otomotif untuk mengunjungi area pameran kami di Mall Kelapa Gading, dilanjutkan kehadiran di Hyundai City Store yang ada di berbagai lokasi di Jakarta, untuk menyapa Spot.”

Spot akan mempertontonkan aksi-aksi cerdasnya seperti menari dan berjalan mengitari area Hyundai Exhibition untuk menyambut para pengunjung dan pelanggan di The Forum, Mall Kelapa Gading 3, kemudian diikuti dengan serangkaian penampilan di Hyundai City Stores. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio