Penjualan BMW 7-Series Salip Mercedes-Benz S-Class!

by  in Berita&BMW&Mercedes-Benz
Penjualan BMW 7-Series Salip Mercedes-Benz S-Class!
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski penjualan otomotif di Indonesia sedang terdampak keras oleh “You know what”, penjualan mobil-mobil mewah bisa dibilang relatif stabil. Ada perubahan angka, namun bukan perubahan yang drastis. Salah satu dinamika yang menarik untuk disimak adalah bahwa kini penjualan BMW 7-Series terbaru bisa menyalip Mercedes-Benz S-Class. Padahal selama ini Sonderklasse selalu jadi benchmark dan raja di kelas full-size luxury premium sedan.

Menurut angka penjualan Gaikindo Year-to-Date Januari 2020 hingga Juni 2020, Mercedes-Benz S-Class terjual sebanyak 31 unit, sementara BMW 7-Series untuk periode yang sama terjual sebanyak 48 unit. Karena varian S-Class di Indonesia hanya ada 1, yakni Mercedes-Benz S450, angka 31 unit itu semuanya kontribusi S450 semata. Beranjak ke BMW, kita ingat bahwa BMW 7-Series punya 2 varian, yakni BMW 730Li M-Sport dan BMW 740Li Opulence.

BMW 730Li M-Sport menyumbang angka penjualan sebanyak 28 unit, sementara BMW 740Li Opulence 20 unit. Kunci kenapa BMW bisa meraih penjualan yang lebih baik ada di varian 730Li tadi, karena harga off the road BMW 730Li ada di angka 1,829 M Rupiah, sementara BMW 740Li sekitar 2,299 M Rupiah. Perbedaan hampir 500 juta Rupiah dan iming-iming sedan full size premium nan mewah dengan harga off the road di bawah 2 M Rupiah jadi jurus pemikat BMW 730Li.

Sementara Mercedes-Benz S450, harga sebelum pajaknya ada di angka 2,475 M Rupiah. Terlihat bahwa segmen harga 2 M ke bawah dikuasai BMW, sementara harga 2 M ke atas masih dipegang Mercedes-Benz meski angka penjualan BMW 730Li turut membantu 7-Series menyalip penjualan Sonderklasse. Profil pembeli BMW 7-Series sendiri adalah direktur muda atau eksekutif usia 40-50 tahun yang ingin tunggangan berkelas, berteknologi, ada kesan sporty dan mencolok.

Pihak BMW Indonesia menuturkan bahwa spek standar mobilnya bukan satu-satunya faktor penunjang kesuksesan BMW 7-Series. Selain produk yang daya saingnya kuat, paket penyertaan kepemilikan BMW 7-Series yang mencakup bonus bensin, servis gratis dan pembiayaan juga membantu pamor 7-Series melejit. Wah, kalau S-Class baru keluar, persaingan jadi lebih menarik ke depannya ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: