Mengenal Sasis DNGA-A di All New Astra Daihatsu Ayla 2023!

by  in  Berita & Daihatsu & Nasional
Mengenal Sasis DNGA-A di All New Astra Daihatsu Ayla 2023!
0  komentar

AutonetMagz.com – Banyak orang yang berpikir bahwa DNGA (Daihatsu New Global Architecture) hanyalah sebuah sasis yang digunakan oleh mobil-mobil kekinian Daihatsu. Ternyata dari hasil diskusi dengan beberapa narasumber Daihatsu dalam ajang Media Test Drive Ayla di Yogyakarta baru-baru ini, kami mencoba memahami dan membagi konsep dasar dari DNGA. Apa saja konsepnya, simak terus di artikel ini.

Konsep 1-1-1-1 Daihatsu Jadi Dasar Desain Yang Efisien

DNGA sendiri lebih merupakan sebuah Platform atau landasan dalam mendesain sebuah kendaraan yang dimana didalamnya memiliki beberapa konsep. Konsep yang ingin dicapai oleh Daihatsu adalah menciptakan sebuah produk yang memiliki kualitas tinggi, dengan banderol harga yang terjangkau dan menggunakan teknologi terkini yang tersedia.

Di dalam konsep ini, detail amatlah sangat diperhatikan, sehingga tujuan untuk menciptakan sebuah kendaraan yang efisien dapat dicapai. Contohnya berat, ukuran, waktu, dan harga menjadi sesuatu yang amat ditekankan dan diperhatikan, sehingga di dalam platform DNGA ini sebuah konsep 1-1-1-1 dijadikan prioritas.

Konsep 1-1-1-1 ini diterjemahkan menjadi perubahan 1 gram, 1 milimeter, 1 sen dan 1 detik menjadi pertimbangan utama dalam mendesain mobil yang efisien. Contohnya di dalam Daihatsu Ayla terbaru ini. Seperti kita tahu, Ayla lebih memilih menggunakan mesin 1.200 cc 3 cylinder WA-VE terbaru menggantikan mesin 4 silinder yang lama.

Aspek Performa Dan Kenyamanan Ayla Yang Lebih Baik

Sekilas ini seperti sebuah kemunduran, tetapi di konsep DNGA pada new Daihatsu Ayla ini, penggunaan mesin yang lebih ringan (3 Silinder lebih ringan dibanding 4 silinder) akan membuat power to weight ratio kendaraan yang lebih baik, karena keseluruhan berat mobil akan berkurang.

Di samping itu, kekakuan sasis juga ditingkatkan biarpun secara total bobot mobil menjadi ringan, ini dibantu dengan meningkatnya penggunaan High Tensile Steel di bagian sasis yang membantu peningkatan performa Daihatsu Ayla 2023 ini.

Di segi kenyamanan, konsep DNGA yang menekankan pada detail juga terlihat pada sudut kaca depan yang lebih melandai dibanding model sebelumnya, sehingga suara angin lebih minim karena turbulensi berkurang sehingga berefek pada tingkat NVH (Noise, Vibration, Harshness) yang meningkat dan membuat mobil terasa lebih nyaman.

Pada akhirnya, konsep DNGA yang disematkan di mobil-mobil terbaru Daihatsu ditujukan untuk meningkatkan banyak aspek dari mobil itu sendiri dengan pengaplikasian detail pada setiap rancang bangun kendaraan, sehingga sesuatu yang baik dapat ditingkatkan, dan yang jelek dapat dikurangi.

Read Prev:
Read Next: