Inilah Mobil Terlaris Daihatsu di Indonesia, Tebak Siapa Nomor 1?

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Inilah Mobil Terlaris Daihatsu di Indonesia, Tebak Siapa Nomor 1?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di acara Test Drive All New Astra Daihatsu Ayla, Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menjabarkan pencapaian mereka selama 4 bulan pertama di tahun 2023 ini. Dan ternyata, hasil penjualan mereka selama bulan Januari hingga April 2023 kemarin lumayan mengejutkan.

Masih Jadi Nomor 2 di Indonesia

Mengapa mengejutkan? Karena ADM berhasil mempertahankan posisi runner-up sebagai produsen mobil terbesar di Indonesia di bawah kakak tertua mereka Toyota. Daihatsu berhasil meraih total penjualan mencapai 71.600 unit YTD April 2023 untuk angka retail, dan 65.100 unit YTD April 2023 untuk angka wholesale. Angka ini berhasil membuat ADM mempertahankan market share sebesar 21.1% untuk retail dan 18.3% untuk wholesale.

Menariknya lagi, model terlaris dari ADM sendiri dipertahankan oleh Daihatsu Sigra dengan penjualan mencapai 21.700 unit. Angka ini mengalahkan Daihatsu GranMax di posisi kedua di angka 15,200 unit. Sedangkan di posisi ketiga ada Daihatsu Terios dengan 10.200 unit, disusul oleh Daihatsu Xenia dangan 8.500 unit, dan All New Daihatsu Ayla yang baru saja diluncurkan Maret lalu dengan total penjualan gabungan (versi lama + versi baru) dapat mencapai 8.300 unit.

Rocky Melempem, Terios Berjaya

Yang anehnya lagi, Daihatsu Rocky sebagai mobil Daihatsu yang cukup kompetitif di segmennya hanya mendapatkan total penjualan retail sebesar 2.400 unit saja. Angka ini jauh di bawah Daihatsu Gran Max Mini Bus dengan 4.000 unit namun masih di atas Luxio yang hanya terjual kurang lebih 1.000 unit dan Sirion dengan 200 unit saja (Volume penjualan Retail).

Pertanyaan mendasarnya adalah, mengapa mobil sekompetitif Daihatsu Rocky malah memiliki track record penjualan yang lumayan mengecewakan? sedangkan Daihatsu Terios yang notabene mobil yang sudah cukup lama beredar masih mendapatkan volume yang lumayan tinggi dan menempati posisi ketiga terlaris di antara model-model Daihatsu lainnya..

Apakah ada hubungan antara sasis Ladder Frame pada Daihatsu Terios yang dinilai lebih tangguh daripada sasis Monocoque pada Daihatsu Rocky? Atau ada faktor 5 seater vs 7 seater yang membuat Daihatsu Terios lebih dipilih oleh para konsumen Indonesia? Mari kita lihat trend di bulan-bulan selanjutnya apakah akan tetap seperti ini ataukah akan ada perubahan selanjutnya.

Read Prev:
Read Next: