Inilah Alasan Mengapa All New Daihatsu Ayla Masih Menggunakan Mesin 1.000cc!

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Inilah Alasan Mengapa All New Daihatsu Ayla Masih Menggunakan Mesin 1.000cc!
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Kehadiran All New Daihatsu Ayla dan sang kakak yaitu All New Toyota Agya di Indonesia kembali menyegarkan segmen LCGC yang dalam beberapa tahun terakhir agak ‘terlupakan’. Keduanya hadir dengan platform baru, tampilan yang berubah total dan juga dimensi yang bertambah. Nah, ada sebuah fakta yang unik yang dilanjutkan oleh Daihatsu di generasi terbaru Ayla ini yaitu mempertahankan 2 opsi mesin. Lalu, mengapa Daihatsu melakukan hal tersebut?

Justru Dominasi Pasar Ayla

All New Daihatsu Ayla dijual di Indonesia dengan 2 opsi mesin yaitu mesin 1.000cc 3 silinder 1KR-VE dan mesin 1.200cc 3 silinder WA-VE. Yap, kedua opsi mesin tersebut menggunakan format 3 silinder, namun mesin 1KR-VE adalah mesin lawas yang sudah ada dari generasi pertama Daihatsu Ayla. Pertanyaan pentingnya adalah, “Mengapa Daihatsu masih menjual versi mesin 1.000cc lawas di All New Daihatsu Ayla?’. Dan di sesi press conference peluncuran All New Daihatsu Ayla, kami pun menanyakan hal tersebut pada Marketing & CR Division Head PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso.

Pak Hen, sapaan akrab beliau, menyatakan bahwa eksistensi Daihatsu Ayla bermesin 1.000cc di Indonesia terbilang krusial. “Kalau kita lihat dari data penjualan, sekitar 55% dari penjualan Daihatsu Ayla disumbang oleh varian bermesin 1.000cc. Baru sisanya 45% adalah sumbangsih dari varian bermesin 1.200cc. Jadi, justru varian 1.000cc adalah model yang populer di kalangan konsumen Daihatsu. Salah satu alasannya karena harga Daihatsu Ayla bermesin 1.000cc yang lebih terjangkau oleh lebih banyak kalangan”, jelasnya. Jadi, sudah jelas bahwa opsi mesin 1.000cc adalah pundi-pundi Rupiah utama dari Daihatsu untuk Daihatsu Ayla. Dan hal yang sama bisa saja berlaku di All New Daihatsu Ayla.

Kenali Mesin 1KR-VE

Oke, kita kupas sedikit mesin 1.000cc milik All New Daihatsu Ayla ini. Mesin berkode 1KR-VE ini sebenarnya adalah pengembangan dari mesin 1KR-DE dengan kubikasi yang sama yang digunakan generasi awal Daihatsu Ayla. Mesin ini dikembangkan oleh Perodua, dan kini juga digunakan di Daihatsu Sigra. Di All New Daihatsu Ayla, kini mesin 1KR-VE mendapatkan tambahan teknologi VVT-i. Tenaganya mencapai 67 PS di 6.000 rpm dan torsinya 89 Nm di 4.400 rpm. Dan fun fact-nya, mesin 1KR-VE sebenarnya adalah basis dari mesin 1KR-VET 1.000cc Turbo yang digunakan oleh Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: