Ini Konsumsi BBM New Daihatsu Ayla 2023 Saat Pengetesan Di Yogyakarta, Mengejutkan!

by  in  Berita & Daihatsu & Nasional
Ini Konsumsi BBM New Daihatsu Ayla 2023 Saat Pengetesan Di Yogyakarta, Mengejutkan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Di sesi test drive Daihatsu Ayla di Yogyakarta, kami berhasil mencoba langsung produk terbaru dari Astra Daihatsu Motor sekaligus mencoba efisiensi BBM dari generasi kedua LCGC ini.

Rute Hari Pertama Didominasi Jalan Naik – Turun

Setelah mencoba new Daihatsu Ayla di hari pertama dengan melalui rute yang cukup lancar, yaitu dari Bandara New Yogyakarta menuju kopi Jolotundo, disambung dengan jalan menanjak menuju Karang Pramuka di daerah Kaliurang, konsumsi bbm yang didapatkan di rute tersebut sekitar 12.1 Km/L, dimana kondisi jalan lumayan lancar tapi karena kita mengikuti patwal Mazda 6, kadang-kadang harus agak berakselerasi cepat untuk mengejar patwal.

Setelah dari Kaliurang rombongan test drive turun ke arah kota untuk menuju hotel, dimana rute kali ini lebih banyak didominasi oleh turunan, namun dengan lalu lintas yang lebih padat karena lebih menuju ke tengah kota. Uniknya konsumsi bbm Daihatsu Ayla 2023 ini di arah sebaliknya ini malah lebih hemat, karena kami mampu mencatatkan konsumsi sebesar 13.5 Km/L.

Di hari kedua, sesi test drive dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke Sego Pecel 1959 dekat Universitas Gajah Mada, dan dilanjutkan menuju ke Malioboro, Dealer Astra Daihatsu Motor di jalan Magelang, dan Bale Raos di dalam komplek Keraton Yogyakarta.

New Daihatsu Ayla Ketika Melewati Jalan Perkotaan Padat

Di rute kali ini, karena didominasi dengan jalan dalam kota yang cukup padat ditambah kali ini di dalam sesi city rally ala-ala “Amazing Race”, kami berlomba untuk menuju ke check point, sehingga injak gas full sering dilakukan, sehingga konsumsi Ayla terbaru yang digunakan turun menjadi 12.4 Km/L setelah tiba di Bale Raos. Tapi perlu diingat kondisi yang dialami sama sekali tidak mencerminkan Eco Driving, dan lebih mencerminkan perilaku berkendara sehari-hari.

Rute selanjutnya dari Yogya menuju ke Candi Ratu Boko, lalu menuju ke candi Plaosan dan Prambanan, dengan rute yang relatif rata dan lalu lintas yang relatif lancar, Ayla mampu mempertahankan konsumsi di kisaran 12.2 – 12.4 Km/Liter, biarpun kami cukup sering menekan gas dalam untuk mengejar waktu di dalam jadwal kali ini, oh iya sedikit tambahan lagi, mobil yang kami tumpangi diisi penuh 4 orang beserta barang-barang seperti tas, jadi lumayan full load.

Kesimpulannya, dengan penggunaan normal dan lalu lintas yang padat, Ayla cukup stabil di kisaran efisiensi 12-an Km/Liter, dan untuk kondisi jalan yang lebih lancar dan mungkin jarak yang lebih jauh seperti di jalan tol New Astra Daihatsu Ayla dapat mencapai efisiensi BBM minimum di 14 Km/Liter dengan mudah. Jadi bagaimana menurut pembaca, apakah konsumsi BBM sebesar ini cukup irit untuk sebuah LCGC?

Read Prev:
Read Next: