Masalah Motor Fuel Pump : Daihatsu Recall 97 Ribu Unit Xenia, Terios & Sirion

by  in Berita&Daihatsu&Merek Mobil
Masalah Motor Fuel Pump : Daihatsu Recall 97 Ribu Unit Xenia, Terios & Sirion
0  komentar

AutonetMagz.com – Bersamaan dengan agenda update penjualan Daihatsu sepanjang bulan Februari 2021 silam, pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengumumkan adanya recall terhadap produk mereka. Nah, recall kali ini melibatkan 3 produk andalan mereka, yaitu Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, dan juga Daihatsu Sirion. Munculnya masalah di bagian fuel pump membuat pihak ADM melakukan investigasi dan memutuskan untuk mengganti komponen tersebut secara gratis. Mari kita bahas lebih lanjut.

97 ribu unit lebih terdampak

Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, Bapak Bambang Supriyadi dalam virtual press conference kemarin menyatakan bahwa pihak Daihatsu menemukan adanya masalah pada bagian impeller yang ada di dalam motor fuel pump ketiga mobil tersebut. Masalah ini muncul pasca ada 24 konsumen yang memberikan input bahwa kendaraan mereka mesinnya brebet, lalu loss power, kemudian mati. Setelah diinvestigasi lebih lanjut, ternyata vendor Daihatsu mengganti bagian impeller dengan bahan baru. Dan sayangnya, bahan ini ternyata membuat impeller tersebut molor di atas batas toleransi, bahkan lebihnya mencapai 7 mikron. Akhirnya, bagian impeller tersebut menempel pada bagian dalam motor fuel pump dan membuat saluran bahan bakar mampet. Efeknya, tentu aliran bahan bakar menjadi tersendat.

Secara total, ada 97.290 unit mobil Daihatsu yang terdampak. Kalau kita bagi per model, ada 53,246 unit Daihatsu Xenia yang terdampak, diikuti 41.152 unit Daihatsu Terios generasi terbaru dan juga 2.892 unit Daihatsu Sirion. Detailnya, untuk Daihatsu Xenia yang terdampak merupakan unit rakitan Oktober 2017 hingga juni 2019. Sedangkan Daihatsu Terios yang terdampak adalaj unit rakitan Desember 2017 hingga Juni 2019. Untuk Daihatsu Sirion yang diduga bermasalah adalah unit rakitan Januari 2018 hingga September 2019. Nah, kalau kalian memiliki unit – unit ini, maka kalian bisa mengecek langsung unit kalian terdampak atau tidak dengan mengunjungi situs resmi Daihatsu dan memasukkan nomor rangka. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan Daihatsu Access untuk lebih mudahnya.

Gratis & Bisa Ditunggu

Jadi, mulai hari ini (18/03) kami melakukan kampanye recall untuk tiga unit tersebut. Konsumen yang terdampak bisa melakukan pengecekan dan perbaikan di bengkel resmi kami. Kami telah menyiapkan 160 bengkel resmi untuk melayani konsumen. Pengecekan dan penggantian komponen ini bebas biaya, dan konsumen bisa menunggu langsung prosesnya. Proses pengecekan dan penggantian memakan waktu kurang lebih 2 jam,” jelas Bambang. Oiya, kalau kalian memiliki unit tangan kedua atau ketiga pun bisa mengikuti program ini selama unit kalian masuk dalam unit terdampak. Bambang menyarankan untuk melakukan booking service guna menghindari adanya antrian yang terlalu panjang.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: