Menerawang Fitur All New Toyota Voxy : Dapat TSS, Varian Hybrid Menyusul!

Menerawang Fitur All New Toyota Voxy : Dapat TSS, Varian Hybrid Menyusul!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian mengikuti akun Instagram kami, maka tentu kalian tahu bahwa Toyota Jepang tengah mempersiapkan kehadiran dari duet MPV Boxy andalan mereka yaitu All New Toyota Noah dan juga All New Toyota Voxy. Nah, berhubung nama Voxy jauh lebih familiar di telinga konsumen Indonesia, maka kami akan fokus membahas All New Toyota Voxy. Baru – baru ini, muncul sejumlah spyshot dari All New Toyota Voxy, namun kali ini kami akan fokus membahas fitur yang kemungkinan besar akan diberikan Toyota di MPV ini. Apa saja? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Fitur All New Toyota Voxy Cukup Komplit

Mengutip informasi via Creative311, ada beberapa bocoran mengenai fitur menarik di All New Toyota Voxy. Sesuai judul di atas, yang pertama dan terutama adalah adanya sepaket Toyota Safety Sense atau TSS di mobil ini. TSS di All New Toyota Voxy meliputi Front Cross Traffic alert (FCTA), Blind Spot Monitoring (BSM), Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Parking Support Brake System (PKSB), Teammate Advance Drive, Panoramic View Monitor (PVM), Teammate Advance Park System, dan Safe Disembarkation Assist. Yap, cukup lengkap untuk sebuah mobil boxy MPV yang di level ini biasanya konsumennya masih menyetir sendiri, bukan supir. Nah, dari nama – nama fitur yang kami sebutkan di atas, ada beberapa nama yang cukup asing. Salah satunya adalah Safe Disembarkation Assist. Sebenarnya masih sedikit informasi mengenai fitur ini, namun sejauh ini fitur tersebut disebut akan membantu mengontrol pintu mobil saat ada obyek yang mengganggu pergerakan pintu.

Mudahnya, jikalau ada anak kecil yang akan membuka pintu atau keluar dari pintu, dan mobil mendeteksi ada kendaraan (motor, mobil atau sepeda) di sekitar area pintu, maka sistem akan menghentikan pintu untuk membuka. Sebuah fitur yang nampaknya cukup sederhana, bisa jadi menggunakan sensor yang sama dengan BSM atau RCTA, namun tentunya sangat penting dan berguna di sebuah mobil keluarga seperti All New Toyota Voxy. Oiya, kabarnya juga ada fitur ‘Free Stop Backdoor’ yang akan menghentikan bukaan pintu di posisi apapun saat mobil mendeteksi ruang untuk membuka pintu tak cukup. Wajar saja, mobil – mobil seperti All New Toyota Voxy biasanya memiliki bibir bagasi yang rendah, yang artinya bukaan bagasinya akan sangat besar. Selain itu, ada juga fitur ‘Toyota Teammate’ yang nampaknya masih asing di telinga kita. Fitur itu berisikan fitur Advance Drive dan Advance Park. Yang paling jelas, fitur Advance Park ini juga sudah ada di beberapa mobil Lexus untuk membantu pengendara memarkirkan mobil. Yap, ini fitur serupa dengan parking assist di BMW dan Mercy.

Launch Januari, Unit Ready Juni / Juli?

Diluar maslaah fitur – fitur yang kami sebutkan di atas, masih ada beberapa hal menarik mengenai All New Toyota Voxy. Mobil ini rencananya akan diperkenalkan secara resmi di Jepang pada tanggal 13 Januari 2021 mendatang. Walaupun begitu, nampaknya delivery unit dari sejumlah tipe nampaknya akan sedikit molor. Sebagai contoh, sumber menyebutkan bahwa delivery unit dari All New Toyota Voxy bermesin bensin diperkirakan mulai bulan Juni 2021. Sedangkan untuk All New Toyota Voxy Hybrid baru akan dikirim pada bulan Juli 2021. Namun, sekali lagi, ini masih sekedar prediksi. Bisa jadi meleset. Namun, jikalau berpaku pada prediksi tersebut, maka ada jeda waktu selama 5 bulan dari peluncurannya hingga mobil dikirim ke konsumen. Tentu sebuah waktu tunggu yang cukup lama, apalagi kita tahu bahwa Noah dan Voxy adalah komoditas yang laris di Jepang. Tanda – tanda unit yang sama nampaknya akan molor hadir ke Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: