Toyota Gandeng Subaru Produksi Hot Hatch AWD?

Toyota Gandeng Subaru Produksi Hot Hatch AWD?
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun kini pasar otomotif cenderung menyukai segmen SUV dan crossover, namun segmen hot hatch tetaplah memiliki tempat di hati para petrolhead. Buktinya, Toyota GR Yaris mendapatkan kesuksesan sejak peluncurannya beberapa waktu lalu. Nah, Toyota nampaknya masih penasaran dengan segmen ini, dan mereka berniat mengembangkan sebuah hot hatch lainnya. Bedanya, kali ini Toyota dikabarkan akan menggandeng Subaru. Cekidot.

Seukuran Impreza

Mengutip informasi via Best Car Web, Toyota dan Subaru nampaknya ingin memperluas cakupan kerjasama diantara keduanya. Setelah kolaborasi BRZ-86 dan proyek SUV bernama Evoltis, kini keduanya dikabarkan melirik segmen hot hatch. Toyota sendiri sudah cukup piawai dengan segmen ini melalui GR Yaris, sedangkan Subaru juga pernah menelurkan WRX STI berbentuk hatchback. Nah, hot hatch hasil kerjasama kedua merk Jepang ini kabarnya akan melakukan debut di musim gugur 2022. Sumber menyebutkan bahwa hot hatch ini akan memiliki dimensi yang kurang lebih sama dengan Subaru Impreza. Artinya, mobil ini akan masuk ke segmen compact hatchback.

Kalau mau mundur sedikit ke pertengahan tahun lalu, Toyota juga pernah menyinggung mengenai hot hacth berukuran kompak untuk pasar USA. Karena isu kerjasama antara kedua merk ini belum merebak ke segmen ini, maka kala itu dugaan yang muncul adalah GR Corolla. “Kami bersama – sama akan menggabungkan kekuatan dari kedua perushaan dan bersama mengembangkan mobil berpenggerak AWD paling nyaman”, ujat Toyota dalam rilis resmi mereka saat mereka membeli 20% saham Subaru di 2019 silam. Nah, dari sana, sumber juga menambahkan bahwa hot hatch ini akan memiliki sistem gerak AWD Simetrikal. Artinya, versi Toyotanya nanti akan memiliki sistem gerak yang berbeda dengan AWD yang ada sekarang.

Baru Sebatas Rumor

Sayangnya, sejauh ini belum ada informasi yang lebih mendalam mengenai proyek ini. Status proyek ini juga masih sebatas rumor semata, belum ada konfirmasi yang pasti dari pihak Toyota dan Subaru. Namun, dengan keunggulan keduanya, kami rasa sangat mungkin bagi kolaborasi Toyota-Subaru untuk menghadirkan sebuah hot hatch. Segmen ini akan menjadi pelengkap bagi segmen coupe yang sudah mereka garap, yaitu kolaborasi BRZ dan 86. Hanya saja, pasar hatchback kian hari memang kian menurun. Konsumen kini lebih menyukai mobil – mobil bergaya crossover, ataupun SUV modern. Btw, jangan lupakan proyek Evoltis yang juga kami rasa cukup keren.

Read Prev:
Read Next: