McLaren F1 Masih Mendapatkan Stok Spare Part Baru!

McLaren F1 Masih Mendapatkan Stok Spare Part Baru!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika anda memiliki mobil yang sudah berumur lebih dari 15 tahun, hal pertama yang terlintas dipikiran pastinya mengenai perawatan bukan? Bagaimana cara merawat penampilan eksterior, interior, atau bahkan performanya sehingga masih layak untuk digunakan dalam berkendara. Pastinya semua hal perawatan tersebut membutuhkan waktu, pengetahuan, dan dana yang mencukupi agar sang mobil masih nyaman dipakai. Namun, yang paling terpenting diantara semua hal tersebut adalah, bagaimana cara kita mendapatkan suku cadang mobil tersebut?

Kebanyakan dari mobil yang sudah berumur lebih dari 15 tahun, memang menemukan kesulitan dalam menemukan spare part yang tepat. Tak jarang pabrikan dari mobil itu sendiri, sudah menghentikan produksi dari spare part mobil yang sudah termasuk uzur dalam lini produksi mereka. Entah karena alasan sudah diperbaharui total ataupun karena dihentikan produksinya. Maka dari itu, untuk memperbaiki dan juga menemukan spare part yang tepat, kita pasti akan mendatangi bengkel yang tidak resmi dibandingkan yang resmi.

Sebenarnya memang banyak bengkel yang tidak resmi di Indonesia ini menyediakan jasa perbaikan mobil-mobil tua. Namun sayangnya, menemukan bengkel yang berkualitas dan terpercaya itu sangatlah sulit karena langka bro dan sis. Jika ada yang rusak, bagaimana cara membenarkannya? Hal tersebut akhirnya membuat para pemilik mobil tua dihadapkan pada dua plihan, tetap simpan dan paksa hingga batasnya atau jual dan ganti dengan model terbaru. Sayang sekali pastinya jika mobil tersebut adalah salah satu dari mobil favorit atau bahkan impian anda.

Tetapi kawan-kawanku semua, persoalan mengenai spare part mobil uzur yang sulit didapatkan tersebut sepertinya tidak berlaku untuk pabrikan McLaren nih. Kenapa bisa begitu? Karena, pihak McLaren Special Operation (MSO) menyatakan kalau mereka masih menyediakan spare part untuk mobil produksinya yang sudah berumur 25 tahun! Spare part yang disediakan pun benar-benar baru, fresh from the oven layaknya macaroni casserole loh(bukan bermaksud untuk menggoda ya di bulan puasa ini).

Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, apakah kalian dapat menebak mobil apakah yang diluncurkan oleh McLaren pada saat 25 tahun yang lalu? Belum dapat menebaknya? Saya beri satu clue saja, mobil ini pada zamannya menjadi mobil produksi tercepat di dunia selama delapan tahun. Jika anda menjawab mobil tersebut adalah McLaren F1, berarti anda sangatlah benar.

Mobil bertenaga 627hp dengan torsi sebesar 651Nm yang dihasilkan dari mesin BMW S70/2 ini memang pernah dinobatkan menjadi mobil tercepat sebelum gelarnya diambil oleh Bugatti Veyron. Namun di mata para petrolheads, mobil ini adalah suatu mahakarya karena telah dianggap oleh Top Gear sebagai mobil bermesin naturally aspirated (n/a) tercepat di dunia. Jadi mobil ini sekelas dengan Ferrari Enzo dan juga Aston Martin One-77. Spesialnya mobil ini bukan hanya pada statusnya saja, tetapi dari build qualitynya juga yang benar-benar extraordinary. Bayangkan saja, untuk penahan panas mesinnya, mereka menggunakan foil emas asli sebanyak 16 gram loh. Alasan mereka menggunakan emas untuk menghalau panas tersebut bukan hanya karena mengejar sisi prestisius saja, tetapi memang karena emas adalah mineral yang paling bagus dalam memantulkan panas. Ingat panel bodinya serat karbon loh. Jadi kalau nemuin McLaren F1, curi kap mesinnya saja bisa dapat uang yang melimpah nih.

Oke, mari kita selesaikan intermessonya dan kembali ke topik awal kembali. Jadi, tim MSO telah membuat spare part yang benar-benar baru untuk sang McLaren F1 agar kejayaannya masih tetap terjaga. Hal ini dilakukan guna memberikan kenyamanan ataupun privilege untuk para pemilik supercar tersebut. Sehingga para pemilik si F1 ini dapat merasakan performa layaknya baru keluar dari dealer McLaren. Adapun suku cadang yang disediakan oleh MSO ini adalah :

  • Lengan suspensi
  • Pintu (serat karbon)
  • Velg (magnesium)
  • Suku cadang mesin BMW S70/2 (keseluruhan)
  • Sport exhaust ringan
  • dan, Xenon headlight

Untuk dua item terakhir, sebenarnya itu adalah tambahan dari McLaren jika ingin F1 yang dimiliki oleh para pemiliknya terlihat lebih ‘muda’. Pada tahun produksinya McLaren F1 tidak menggunakan knalpot dan lampu utama seperti itu ya. Klik gambar di bawah artikel ini untuk melihat lebih jelas suku cadangnya.

Jika para pemilik McLaren F1 ingin mendapatkan suku cadang tersebut, mereka harus menghubungi pihak MSO agar dapat memesan terlebih dahulu tanggal dan suku cadang apa yang ingin diganti. Terakhir untuk harganya, untuk yang satu ini kalian semua pasti sudah bisa menebaknya. Cukup hanya dikatakan kalau suku cadangnya tidaklah murah karena itu semua tergantung pengerjaannya kembali. Sudah pasti mahal sih mengingat mobil ini bukan cuma sportscar.

Read Prev:
Read Next: