McLaren 570S GT Tengah Diracik, Janjikan Bagasi Lebih Lega?

by  in  Berita & International & Mclaren
0  komentar
McLaren-570S

AutonetMagz.com – Tanda tanya setelah kata-kata “bagasi lebih lega” pada judul di atas bukan diketik tanpa sebab. Kalau yang dibahas adalah Toyota Avanza, Honda Jazz atau mobil-mobil biasa lainnya, kami tidak akan mempertanyakannya. Tapi ini McLaren 570S, ini supercar, mobil yang menjual gengsi, performa, penampilan dan teknologi, bukan menjual “mesin irit BBM, kabin muat 7 orang, 4 galon masuk, bagasi lega” untuk menarik konsumen.

wallpaper-McLaren-570S

Uniknya, McLaren 570S GT yang sedang dibangun diklaim bakal punya bagasi ekstra. karena nyaris tidak ada supercar yang menjual ruang, kepraktisan dan bagasi lega sebagai menu andalannya. Yang bikin konsumen tertarik dengan supercar adalah tenaga, penampilan, handling, teknologi, seni atau gengsi. Bukan sebuah masalah jika sebuah supercar punya bagasi lega, malah bagus, hanya saja tak lazim untuk memamerkan bagasi lega saat track day antar sesama pemilik supercar.

Kami pernah mendengar pemilik Suzuki Swift komplain dan menjual mobilnya karena bagasinya sempit, lalu tukar dengan mobil yang bagasinya lega, tapi kami nyaris tak pernah dengar pemilik McLaren P1 komplain lalu menjual mobilnya karena tidak ada glovebox. Laporan ini berasal dari sebuah media otomotif Belanda, Autovisie.

interior-McLaren-570S

Berita itu terbit saat spy shot McLaren 570S GT beredar, karena ia punya siluet bodi yang kelihatan sedikit gemuk, terutama di bagian atap. Tapi jika meneliti kembali, mungkin ini upaya McLaren untuk menghayati nama GT. Bagi yang belum tahu, GT adalah singkatan dari Grand Touring, sebutan dari Eropa bagi mobil yang diciptakan untuk perjalanan jauh dan punya kapasitas bagasi yang memadai. Kalau begitu sih boleh saja, mungkin konsumen McLaren ada yang suka menempuh perjalanan jauh.

Tapi rata-rata mobil GT adalah mobil yang mesinnya di depan dan bagasi di belakang, sementara McLaren 570S mesinnya ada di tengah dan bagasinya di depan, jadi bagaimana McLaren memberikan ruang bagasi ekstra? Masih menurut sumber yang sama, bagasi ekstra itu bakal dibuat di atas tempat mesin berada, yakni di tengah mobil, menggunakan penutup yang dibuka secara menyamping. Duh, panas nggak ya kalau barang bawaan yang ditaruh tepat di atas mesin? McLaren-570S-butterfly-Doors-system Ngomong-ngomong mesin, jantung 3.800 cc V8 twin turbo milik 570S yang punya 562 hp dan 600 Nm tidak bakal banyak diutak-atik. Padahal, bobot 570S GT diklaim bakal tambah berat dari bobot 1.313 kilogram yang dimiliki 570S standar sekarang. Tapi ya sudahlah, kita tunggu saja kemunculannya nanti. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: