Terinspirasi Akar Pohon, McLaren Berminat Produksi Pelek Ringan

by  in International&Mclaren
Terinspirasi Akar Pohon, McLaren Berminat Produksi Pelek Ringan
0  komentar

AutonetMagz.com – Dulu, McLaren adalah nama yang terkenal sebagai pembuat sasis balap yang kompetitif, namun seiring berkembangnya nama mereka, akhirnya mereka membuat mobil juga. Tidak merasa cukup hanya dengan membuat sasis dan mobil, McLaren belakangan ini berpikir untuk merambah dunia pelek, dengan memproduksi pelek berbobot ringan alias lightweight wheels dengan inspirasi utama dari akar pohon.

Frank Stephenson berbicara kepada Motoring saat acara peresmian dealer khusus McLaren di Melbourne, Australia. Menurutnya, masa depan pelek mobil adalah memiliki jari-jari atau palang yang tidak teratur dan tidak identik satu sama lain, seperti pohon yang memiliki akar yang menyebar ke segala arah dan bentuk rambut akarnya tidak beraturan. Sayang, ia tidak bilang pohon apa yang jadi inspirasi, apa punya akar tunggang atau malah akar majemuk.

mclaren-650s

Selain berniat membuat pelek yang lain daripada pelek-pelek ringan yang berada di pasaran saat ini seperti HRE, iForged, Vorsteiner dan lain-lain, McLaren juga mempertimbangkan aspek penyerapan energi dari jalanan ke roda. Desain spoke yang lebih tipis, ringan, dan keriting diklaim akan meredam benturan lebih baik daripada pelek biasa yang palang atau spoke-nya lurus-lurus.

Yang kita dapat adalah palang yang keriting atau bengkok-bengkok. Saat pelek itu terbentur, energi benturan dari jalan tidak langsung lari ke tengah pelek, melainkan akan hilang saat melalui desain palang yang panjang dan berliku. Jadi, peleknya bisa lebih tipis, lebih ringan, dan apa yang kita perlukan adalah melakukan counter-balance di rodanya. Hasilnya, pelek yang tak lazim bentuknya, tapi lebih tipis, ringan dan kuat,” kata Stephenson.

mclaren-p1-kuning-belakang

Desainer visioner ini berpikir kalau pelek mobil di masa depan akan jauh lebih kompleks dan beda dibanding pelek yang ada sekarang. Kami belum begitu paham apa yang ingin beliau buat, tapi kami tertarik untuk melihat hasilnya. Malah, kalau kami boleh saran, kami ingin Gordon Murray terlibat juga, siapa tahu bisa memberi masukan bagus supaya pelek ini bisa menunjang performa mobil juga. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: