Mazda CX-30 Diuji Jalan di Thailand, Makin Dekat Ke Indonesia

by  in Berita&International&Mazda
Mazda CX-30 Diuji Jalan di Thailand, Makin Dekat Ke Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Kehadiran Mazda CX-30 di Geneva International Motor Show 2019 silam memang cukup memberikan kejutan, apalagi mobil ini mengisi pasar yang sedang ‘trending‘ di tahun – tahun ini yaitu coupe SUV. Nah, beberapa bulan setelah perkenalannya, mobil ini juga dikonfirmasi masuk ke pasar Asia, dimana mobil yang sama juga sudah dipajang di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang saat ini sedang berlangsung. Menariknya, ada 2 unit Mazda CX-30 dengan kamuflase yang tertangkap kamera sedang diuji jalan di Thailand.

Sebenarnya, kabar mengenai Mazda CX-30 yang terjepret di Thailand tidaklah mengagetkan kami. Sebelumnya sudah beredar rumor bahwa pihak Mazda Thailand bakal menjual atau memproduksi Mazda CX-30. Nah, munculnya dua unit tes dari Mazda CX-30 di kawasan Ban Dueng, Chonburi ini memberikan konfirmasi bahwa sang SUV akan segera masuk ke pasar ASEAN, dimana Thailand-lah yang akan mendapatkan unitnya terlebih dahulu. Lantas, jikalau Mazda CX-30 menuju Thailand, tentunya sebuah harapan untuk kehadiran mobil yang sama di Indonesia pun muncul.

Mazda CX-30 bisa mengisi celah antara Mazda CX-3 dan Mazda CX-5, dimana di segmen ini sudah diisi oleh coupe suv dari Toyota yaitu Toyota C-HR. Mazda CX-30 akan menjadi lawan yang sepadan dengan Toyota C-HR jikalau masuk ke Indonesia nantinya. Oiya, sedikit meluruskan, jikalau kalian berpikiran bahwa Mazda CX-30 adalah Mazda CX-3 yang diperbesar dan dibuat menjadi coupe SUV, maka anggapan tersebut salah. Mazda CX-30 dibangun dari basis Mazda3 generasi terbaru. Sedangkan Mazda CX-3 dibangun dengan basis dari Mazda2. Jadi, secara kelas, jelas Mazda CX-30 dan Mazda CX-3 sudah berbeda.

Lalu, mengapa kami menganggap Mazda CX-30 cocok saat berbenturan dengan Toyota C-HR di pasar? Karena selain segmennya cocok, keduanya juga bisa dikatakan sekelas. Mazda CX-30 dibangun dari basis Mazda3, dan Toyota C-HR menggunakan platform TNGA-C yang juga digunakan oleh Toyota Corolla Altis. Kalau kalian kepo, kalian bisa mampir ke situs Wikipedia dan mencari informasi tentang Mazda CX-30. Disana sudah ada informasi bahwa Mazda CX-30 diproduksi di Hiroshima Jepang, lalu di Salamanca Meksiko, dan terakhir di Rayong Thailand.

Mobil ini ditawarkan dala 4 opsi mesin, yaitu 1.800cc SkyActiv-D Diesel, 2.000cc SkyActiv-X, 2.000cc SkyActiv-G, dan 2.500cc SkyActiv-G. Bagaimana menurut kalian kawan? Boyong ke Indonesia?

Sumber Foto : Suttiphorn Tantirapan via HeadlightMag

Read Prev:
Read Next: