Mazda MX-5 SeDV : Cara Disabilitas Nikmati Jinba Ittai

by  in  Berita & International & Japan Mobility Show
Mazda MX-5 SeDV : Cara Disabilitas Nikmati Jinba Ittai
0  komentar

Tokyo, AutonetMagz.com – Saat kami hadir di Japan Mobility Show (JMS) 2023, satu hal yang langsung membuat kami kagum adalah ramahnya event ini pada penyandang disabilitas. Mulai dari datang, beraktivitas di pameran, hingga pulang, ada banyak fasilitas yang memudahkan kaum disabilitas. Bahkan, banyak awak media yang juga merupakan penyandang disabilitas. Dan hal yang sama pun diterapkan Mazda pada booth mereka, dimana mereka memboyong Mazda Roadster SeDV a.k.a MX-5 SeDV. Apa itu? Yuk kita bahas.

Mazda MX-5 SeDV JMS 2023

Berikan Kesetaraan Pada Disabilitas

Sebelum lebih jauh membahas mengenai produk ini, harus kalian pahami bahwa SeDV adalah singkatan dari Self Empowerment Driving Vehicle. Dan ini bukan kali pertama Mazda memamerkan kendaraan dengan titel SeDV. Nah, bedanya, kali ini giliran MX-5 yang bisa digunakan oleh penyandang disabilitas. Awalnya, kami cukup kaget melihat ide Mazda yang menyatakan bahwa penyandang disabilitas bisa mengendarai mobil sport seperti MX-5. Mengapa? Karena biasanya mobil semacam ini pastinya masa bodoh dengan urusan space. Padahal, penyandang disabilitas butuh space untuk leluasa naik dan turun kendaraan.

Namun, Mazda punya pendekatan yang berbeda. Mereka memberikan semacam bantalan mungil di atas ambang pintunya yang tersambung ke kursi pengemudi. Alhasil, penyandang disabilitas bisa lebih mudah berpindah dari wheelchair atau kursi roda mereka ke jok pengemudi MX-5 tersebut. Setelah itu, mereka bisa meletakkan kursi roda mereka di kursi penumpang depan yang telah diberi alas khusus supaya tidak merusak kursi. Mekanisme berkendara di Mazda MX-5 SeDV pun berbeda. Pedal akselerator dan rem telah dipindah dengan tuas di sekitar konsol tengah yang bisa dioperasikan dengan tangan kiri para penyandang disabilitas.

Mekanisme Tuas di Mazda MX-5 SeDV

Sederhananya, dorong tuas ke depan untuk mengerem dan tarik tuas ke belakang untuk akselerator. Selain itu, ada locking mechanism di tuas rem yang bisa bekerja saat pengguna ingin mengoper tuas transmisi otomatisnya. Selain itu, di bagian setir juga diberi handle khusus sehingga pengguna bisa menyetir mobil ini hanya dengan tangan kanannya saja. Plus, ada tombol “down” untuk shift down transmisi yang bisa berguna untuk take over ataupun menanjak. Unik? Tentunya, dan hadirnya Mazda MX-5 SeDV ini memang bertujuan untuk memberikan kesetaraan pada penyandang disabilitas. Mazda ingin menebarkan semangat joy of driving pada semua orang, termasuk penyandang disabilitas.

So, tak hanya kita yang bisa ber-jinba ittai, namun juga kaum disabilitas. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: