Ini Dia Merek Mobil Paling Reliable Menurut Consumer Reports!

Ini Dia Merek Mobil Paling Reliable Menurut Consumer Reports!
0  komentar
pabrik-mazda-mx-5

AutonetMagz.com – Kami ingat saat di Inggris, media What Car? menyelesaikan studi mereka di bulan April tahun ini soal merek mobil paling reliable alias mobil yang paling handal dalam waktu yang lama. Menurut survey mereka, top 5 mobil yang paling reliable adalah Honda, Suzuki, Toyota, Chevrolet-Mazda dan Ford (Chevrolet dan Mazda sama-sama peringkat 4). Studi yang sama kini dilakukan oleh Consumer Reports (CR), masih membahas merek mobil manakah yang paling reliable.

Dengan survei terhadap lebih dari 740.000 mobil dan bantuan subscribers mereka, ranking terbaru sudah keluar. Hasilnya, top 5 merek paling reliable versi CR adalah Toyota, Lexus, Audi, Mazda dan Subaru. Kalau merek seperti Toyota, Mazda dan Subaru kami sih percaya akan reliability-nya, karena mereka cukup kuat di aspek tersebut. Karena masih satu atap dengan Toyota, Lexus juga masih kami percaya soal reliability-nya.

subaru-exiga-crossover-7-samping

Yang membuat kami kaget yakni Audi yang bisa masuk merek paling reliable, karena di survei What Car? kemarin, Audi masuk urutan ke-34 alias keempat dari bawah. Bahkan kemarin Audi RS6 adalah mobil yang paling mahal saat diperbaiki dengan biaya perbaikan rata-rata sekitar 19,34 juta Rupiah. Positive thinking saja, mungkin ada perbaikan signifikan di model barunya.

audi s4 new

Sayangnya, merek seperti Honda, Acura, Nissan dan Infiniti sedang turun saat survei ini digagas. Masalah yang dialami keempat merek tadi sama persis, yakni sering munculnya masalah transmisi dan infotainment system. Sistem infotaiment memang kadang suka rewel, meski sekarang iDrive-nya BMW dan MMI-nya Audi tergolong trouble-free dan mendapat penilaian yang baik.

Honda Jazz 2014 Indonesia

Honda belakangan ini memang sedang menggalakkan recall karena CVT-nya suka error, dan Acura TLX menjadi salah satu mobil paling rewel versi CR. Aneh, padahal Honda juga terkenal dengan reliability-nya. Meski peringkatnya turun, hanya Acura dan Infiniti saja yang tergolong mengkhawatirkan, sementara Honda dan Nissan masih dalam kategori wajar.

Nissan-Pulsar-SSS-depan

Ada yang menarik saat kami melihat posisi bawah, karena merek-merek Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) masih berada di daftar mobil yang paling banyak masalahnya, baik di survei What Car? kemarin maupun CR. Contohnya banyak, misal UConnect milik Jeep sering ngaco dan gampang di-hack, Fiat 500L yang transmisinya lemot, bahkan oleh dealernya sendiri langsung di-recall untuk ganti mesin dan transmisi baru. Memang sih, merek-merek FCA tidak pernah akrab dengan kata “reliable”.

All-new-Jeep-Cherokee_2014_Indonesia

Meski belum masuk kategori reliable, ada peningkatan dari Ford dan Chevrolet, khususnya Ford. Untuk Tesla, CR memberi catatan khusus kalau ia terancam kehilangan rekomendasi soal reliability, karena motor listriknya kadang suka bermasalah, begitu pula dengan sunroof-nya. Diperparah lagi dengan video yang menunjukkan kalau sistem autopilot-nya masih ngaco karena nyaris membuat mobil kecelakaan, skor Tesla turun di bawah rata-rata. Buktinya, simak video 14 detik ini.

Tesla sendiri memang sudah bilang kalau autopilot-nya itu masih versi Beta, masih ada error dan harus dikembangkan lagi. Penasaran dengan hasil lengkapnya? Cek tabel hasil survei CR berikut ini. Oh ya, supaya bisa didaftarkan dalam tabel, paling tidak 1 merek harus ada 2 model yang diuji. Karena Tesla hanya punya 1 model, maka dari itu ia tidak masuk di tabel.

reliabilty study table consumer reports

Bagaimana menurutmu tentang reliability study dari CR ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ascension

    mitsubishi gk ada y

  • jojon

    kalo yg menang toyota kok sepi komen ya, hehe

    • Anonim

      Toyota buatan mana dl tuh om? hehehe…

      • jojon

        oh ya beda negara ya, haha

    • AE86

      saya suka komennya om..

  • erci brunei darusalam

    suzuki T.T

  • Azhar Lazuardi

    setuju sih kalo mazda termasuk dipapan atas, mazda tampak serius berinovasi dengan “kodo” nya
    hasil yang tertera di tabel ini di inggris? atau di eropa? atau?

    • Hillarius Satrio

      USA

  • Steven Chandra

    Ga nyangka BMW di atas MB. Jauh…