Jelang Pameran di New York dan Beijing, Mazda Siapkan MX-5 Hardtop dan CX-4!

Jelang Pameran di New York dan Beijing, Mazda Siapkan MX-5 Hardtop dan CX-4!
0  komentar
teaser mazda cx-4

AutonetMagz.com – Di Amerika Serikat dan China, masing-masing akan berlangsung pameran otomotif bertarif internasional… Maaf, maksudnya bertaraf internasional, yakni New York International Auto Show dan Beijing Motor Show. Di kedua negara yang saling sikut dalam kekuatan ekonomi ini, Mazda punya amunisi masing-masing untuk membuat booth-nya ramai. Di kedua pameran itu, mereka akan merilis perdana 2 mobil yang berbeda.

Pertama, di Beijing Auto Show Mazda akan meluncurkan CX-4, seperti digambarkan melalui teaser di awal. Teaser itu sudah tidak berarti sih sekarang, toh spy shot-nya sudah bertebaran di mana-mana. Foto di bawah ini contohnya, tapi kami melihat kok Mazda CX-4 ini tidak seganteng CX-3 atau CX-5 ya? Kami sih curiganya karena peleknya itu kekecilan. Lihat saja celah antara ban dan fender, besar sekali kan? Belum lagi dari sudut ini, bagian depannya terkesan “kegedean”.

mazda cx-4 black

Mungkin ini juga gara-gara desainnya mentah-mentah diambil dari konsep Koeru oleh desainernya, tapi akuntannya bilang peleknya harus kecil. Aduh alamak ya Tuhan… Ya sudah, lanjut, interiornya ada kemiripan dengan Mazda 2 atau 3, dan yang tertangkap kamera ini sudah dilengkapi MZD Connect dan jok kulit. Para jurnalis otomotif lain bilang, CX-4 ini bisa saja Mazda 3 yang di-crossover-in, sama seperti Mazda CX-3 yang berbasis Mazda 2 dan CX-5 yang berbasis Mazda 6.

mazda cx-4 interior

Ya sudah, kita tunggu saja spek lengkapnya. Kedua, untuk di Amerika Serikat, Mazda diklaim akan meluncurkan MX-5 dengan atap pelat lipat alias retractable hardtop. Hal ini bisa diterawang dari undangan yang diterima oleh Autocar UK. Di undangan tersebut, Mazda menuliskan “Help us blow the lid off at the New York Auto Show”. Kira-kira sih begitu, tapi ada yang bilang MX-5 versi coupe-lah yang dimaksud Mazda. Mana nih yang benar?

mazda mx-5 soft top

Atap pelat lipat baru muncul di Mazda MX-5 saat generasi ketiga yang berkode NC. Sebelumnya, selalu memakai soft top kanvas atau cover atap fiberglass yang bisa dibeli terpisah. Saat MX-5 dengan retractable hardtop muncul, langsung laris manis di Amerika dan Eropa. Terbukti, MX-5 hardtop menyumbang setengah total penjualan di Amerika, bahkan di Inggris bisa hingga 80%. Diklaim, hanya ada ubahan atap saja, lainnya masih sama seperti yang atap kanvas.

Ya sudah, kita tunggu saja peluncuran keduanya. Mana yang lebih kamu nantikan? Sampaikan di kolom komentar!

Photo source : Carscoops

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    mx-5 hardtop asal lebih kencang sih tidak apa-apa, cuma sensasi berkendara atap terbuka jadi berkurang, deh.

  • Rizky Nanda Noverianto

    bannya tebel banget CX-4

    • Aryo Wicaksono

      biar nyaman, kali, sama lebih bisa dipakai main lumpur.

  • Felim Lendraus

    Itu sepertinya ada kesalahan penulisan. pada paragraf di atas foto MX-5 merah ada kata yang tertulis “CX-5 dengan atap pelat lipat”, mungkin seharusnya itu MX-5 bukan CX-5. Terima kasih.

    • Hillarius Satrio

      sip, sudah dikoreksi, makasih udah diingetin

  • Aryo Wicaksono

    minimal mx-5 hardtop nggak bisa disilet, jadi lebih aman. cuma proses pelipatan atap masih bisa manual nggak ya atau pakai motor?

    • ekkyfir

      Kaya nya pake motor, karena hardtop jauh lebih berat dr softtop, kan pr jg :v

  • reyhan apriathama

    Mx5 hardtop keknya lebih masuk akal masuk Indonesia klo dibanding sm soft top tapi yg soft top jauh lebih artistik dan klassik…

  • jono sujono

    crossover tampang sedan?

  • Ruli Haskarruna

    Itu CX-4 varian tengah atau rendah itu.. Di foto leak yang baru varian tertinggi velg-nya ga gitu kok, lebih besar, profile bannya juga lebih tipiss.

  • ekkyfir

    Lebih menarik yg MX-5 ya, tp kalau pake hardtop mungkin pake motor, berarti bobot naik ya ?
    Berarti pilihan nya : kalau mau gaya ga mau ribet cape dan mungkin lebih banyak cewe yg nempel, ambil yg hardtop, kalau mau yg fun to drive dan masa bodo dgn yg lain, ambil lah yg softtop

  • Levi

    Gaktau kenapa kok lama” bosen jg ya liat dashboard dan facia Mazda lama” seragam semua

  • Brabusbus

    Lama-lama ane ngerasa Kodo Design ngebosenin ya? Apalagi Kodo Design di CX-4, CX-9 ini gak seganteng di 2,3,6 dan CX 3 & CX 5.

    5-10 Tahun kedepan kayaknya Mazda harus bikin ciri khas desain baru untuk mobil-mobilnya supaya tetep bisa jadi ‘idola’ disetiap pasarnya.