Mazda 3 MPS Prototype 300 HP Akan Diperkenalkan Bulan September

Mazda 3 MPS Prototype 300 HP Akan Diperkenalkan Bulan September
0  komentar
Mazdaspeed 3 Illustration Front

AutonetMagz.com – Meski kabar mobil sport rotary Mazda masih tidak jelas, setidaknya mereka masih punya waktu untuk menyeriusi mesin piston konvensional yang juga mereka buat. Hal ini dikuatkan dengan kabar bahwa Mazda akan menghidupkan kembali MPS ( Mazda Performance Series), versi performance sejenis STI di Subaru atau Type R-nya Honda.

Untuk pertama-tama, yang akan mereka lakukan adalah mengembangkan hatchback Mazda 3 menjadi Mazda 3 MPS. Pengembangannya masih berlanjut, dan menurut beberapa sumber internasional, Mazda 3 MPS Prototype akan mulai muncul bulan September di Frankfurt Motor Show.

Mazdaspeed 3 Illustration Rear

Beberapa spesifikasi juga dibuka sedikit. Konon, ia akan memakai mesin SkyActiv-Turbo 2.500 cc 4 silinder bertenaga 300 hp, berarti setara dengan Subaru Impreza WRX STI, Ford Focus RS dan Honda Civic Type R Turbo. Ada rumor kalau Mazda 3 MPS akan memakai sistem AWD, tapi untuk yang satu ini belum ada konfirmasi.

Selain itu, Mazda berencana akan mengembalikan nama SUV CX-7 untuk kembali diposisikan antara CX-5 dan CX-9, termasuk memperkenalkan CX-9 baru di bulan November nanti. Sebagai info, dulu Mazda menyuntik mati CX-7 karena modelnya sudah menua, dan penjualannya kalah dengan saudaranya sendiri CX-5.

Nah, kalau memang benar, sepertinya untuk Mazda CX-9 baru masih ada kemungkinan untuk ikut diperkenalkan di sini, tapi kalau CX-7 dan Mazda 3 MPS? Entahlah, soalnya Mazda di sini saja tidak menjual Mazda 3 biasa, dan CX-5 menurut kami penjualannya masih cukup oke. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Joni

    Iya, harusnya Mazda lebih menonjolkan mesin Wankelnya, potensinya besar. Karena selain itu Mazda hanya terkenal dengan mobil cewek&gay yaitu Miata #SiramBensin

    • Hillarius Satrio

      wankel itu kotor, boros, ga reliable, makannya distop

      • Alfian

        Bener Apa kata bang Hillsat Wankel tuh kotor,boros,ga reliable. tapi mesin wankel tuh Ringan,Kuat

        • Hillarius Satrio

          kalo ringan dan kuat, iya, itu kelebihannya. mesin mana lagi yang bisa 250 hp tanpa turbo dari kapasitas cuman 1300 cc dan berat mesin kurang dari 150 kg?

          • rationalmotoring

            Kecuali ada penemuan fossil fuel sintetis dan bisa dijual lbh murah (jauh) drpd harga BBM skrg (meski tetep akan ada pertanyaan ttg emisinya), mesin wankel rasanya udh jd artefak aja bro..

      • Joni

        Dulu diesel juga dibilang persis kaya gitu, sekarang mayoritas mesin mobil di eropa adalah diesel.

        Potensi hp per cc nya terlalu besar untuk dikubur gitu aja.

        • rationalmotoring

          Weets beda bro, diesel punya point signifikan yg wankel gak punya–yg penting bgt apalagi pd jaman fase akhir fossil fuel–yaitu: IRIT BBM. Makanya diesel belakangan ini melejit di eropa terutama. Tp, msh ada masalah di emisi kyknya. Ada berita kl bbrp neg eropa mulai berwacana utk naikin pajak pd mesin diesel gara2 emisinya.

          • Joni

            Memang tiap jenis mesin ada plus minusnya. Maksud ana, seiring perkembangan teknologi kan bisa tuh kekurangannya diminimalisir dan keunggulannya d tingkatkan.

            Kayak diesel, dulu kan memang kotor, berisik, dan bau, tapi teknologi bisa mengatasinya kan. Diesel modern jauh dari itu.

            Nah kekurangan wankel yang boros dkk itu seharusnya ke depan juga bisa di atasi kemajuan teknologi. Tapi ya itu, sayangnya Mazda (dulu NSU Ro80) yg mrupakan benteng terakhir perkembangan wankel malah menyetopnya.

          • ANdri Ahmad

            eitts tunggu dulu, yang paling banyak ngerusak lapisan ozon O3 itu mesin bensin loh, karena gas hasil buangnya didominasi CO yg akan memecah molekul O3, justru karena lebih ramah lingkungan ini di eropa mesin diesel pajaknya disubsidi sehingga lebih murah pajaknya dari mesin bensin

          • rationalmotoring

            Hwadoh silakan baca/google aja lah ttg rencana more tax pd diesel di eropa tuh akhir taun kmrn alias 2014 bro. Bahkan PM Prancis udh ngakuin kl riset DULU yg klaim kl diesel lbh ramah lingkungan adalah KESALAHAN. UK katanya jg mau ikutan Prancis bakalan naikin pajak utk mobil disel.

          • Hillarius Satrio

            soal more tax buat diesel itu bener, gw pernah ngetik artikel itu.
            ya pokoknya selama masih pake bahan bakar fosil, jangan harap zero emission, gitu aja

            tapi mungkin terpaksa, karna kondisi lingkungan makin buruk, apalagi mesin dengan bahan bakar baru yang zero emission udah di depan mata mereka

  • ap88

    kembaliin RX-7 dan RX-8 dong,kangen ama rotary,nyawa mazda kan ada di rotary bukan skyactiv,mazda gak bisa se seksis skrg kalo bukan krn rotarynya yg legendaris,love rotary engine

    btw nanti cx9 interiornya gimana yah?mazda2 aja interior mewah gimana kalo cx9?

    • Hillarius Satrio

      kembangin mesin rotari susah, nggak banyak yang tertarik untuk invest, apalagi yang berani cuman mazda doang, yang lain main aman.

      • ap88

        memang kelemahan rotary apa?

        padahal tuh mesin kencang dan berkarakter high rev plus suaranya yg merdu bgt kayak vtec honda

        • Hillarius Satrio

          udah gw sebutin di komen sebelumnya di artikel ini, cari aja.

          • black squid

            Aktif banget nih bung hill balesin comment pecinta autonetmagz. Bung hanif kemanaa nih?

        • rationalmotoring

          Kan udh disebutin di atas brooo: boros, kotor, kurang reliable. Lalu kyknya jg ada ‘flaw’ pd mekanisme nya yg perlu material tahan friksi yg bahkan mazda dan jg dulu NSU/audi akhirnya gave up.

    • timing

      Mau rotary maunskyactive entah apalah iti wangkel ..yg penting tuh model keren mesin irit bbm dan bandel terua harga bagus atau sesuai dgn model nya masing2 akias tdk overpriced ya uda itu mobil laris lah…
      konsumen jg gak ngerti lah rotary apa skyactive apa..beli mobil jg yg diliat model fitur irit bbm apa tdk dan harga..

      • Hillarius Satrio

        ya itu kan kalo mau beli mobil biasa, bukan mobil luar biasa

        • timing

          Cx3 kan mobil biasa cx 5 jg biasa..luar biasa ya aventador roll royce maserati gitu

          • Hillarius Satrio

            RX7, RX8, Mazda 3 MPS juga mobil luar biasa

          • ANdri Ahmad

            agiya, valcrot juga mobil luar biasa 😀

      • tim

        Lah kira” overprice mana CRV vs CX5? CrV prestige hrg 480 jt belum ada auto lamp + auto wiper, belum ada sensor parkir, bluetooth di prestige sbelum FL udh ada di FL diilangin (liat aja di prestige non FL ada tombol telephonenya di setir). CX5 GT FL 490 fiturnya MZD connect, i-ACTIVSENSE, bhkn memory seat kaya di mazda 6 aja ada. Irit juga iritan CX5 jauh. Skrg kira” siapa yg overprice?

        • Hillarius Satrio

          sabar bro tim, dinginin kepala dikit, lagi malem minggu nih.. di sini nggak bahas CRV vs CX5 kok, ini lagi ngabarin kalo Mazda 3 yang kenceng bakal dateng september…

          dan kalo soal konsumen ga ngerti ini itu ya… tugas kita buat bikin ngerti. orang kalo ga melek teknologi agak susah juga sih, apalagi jaman sekarang

          • tim

            Makanya saya kasih tau dia diatas, enak aja dia bilang mobil melimpah fitur itu overprice. Yg ada mobil sunatan fitur dimana” tpi dihargai hmpir setengah M itu baru namanya overprice.

        • bojes

          Memory seat gak kepake bung..mzd connect tuh jgn jdkan suatu yg luar biasa bgtlah..di bmw juga uda duluan fitur gituan..yg kepake jg tombol on of volume audio gituan doank..eco mode aja kdng sering gw matiin..kalau mobil berhenti pindah ke eco mode ac pun dingin nya lgnsng krng..hemat2 sih hemat bbm tp panas booo apalagi suhu indonesia bung..

          • tim

            Ya buat elu ga kepake, bwt bbrp orang sih kepake, apalagi kalo kadang suka dipinjem orang. Posisi duduk berubah, tinggal pencet angka 1 atw 2, udh nyaman lagi.. MZD connect memang bkn suatu yg luar biasa, tpi utk dikelas medium SUV, jelas termasuk suatu hal yg luar biasa.kalo dibandinginnya sama BMW ya jelas udh biasa, tpi kalo dibandingin sama CRV ya cuma bisa melongo doang itu CRV. Btw CX5 ga ada eco mode, adanya i-stop. I-stop dimatiin pun masih irit, kons BBMnya setara CRV eco mode aktif.

    • ANdri Ahmad

      maaf bro, mazda pasti udah berpikir keras sebelum memutuskan menghentikan rotarynya, pada kenyataannya love/rasa kangen terhadap rotary dari para fans rotary itu sendiri ga mampu menyelamatkan mazda dari kerugian, karena jumlah pembeliannya ga sesuai dengan jumlah fansnya

      • Hillarius Satrio

        yup, buat ngembangin rotary kan butuh duit…

        …banyak

      • ap88

        iya juga sih,padahal rotary itu nyawa mazda yg sebenarnya,apalagi setelah mazda membuat rekor sebagai mobil jepang pertama yg memenangkan balap ketahanan lemans 24 jam dgn 787B nya,itu semua karena rotary,rx3,rx7,rx8 itu semua mobil yg legendaris,semua mobil itu membuat saya beranggapan mobil mazda yg sekarang gak ada apa2nya,2,3,6,Cx3,Cx5 dan teknologi skyactiv tuh gak ada apa2nya syukur2 masih ada mx5 yg menyelamatkan muka mazda

        saya sebagai pecinta berat rotary sangat menyesalkan apa yg dilakukan mazda yaitu menghilangkan teknologi yg membuat dia terkenal sampai saat ini,mazda gak bakalan eksis kalo bukan karena 787B,rx7 dan rx8

        saat ini saya berencana “mengoleksi” rx7 dan rx8 dan saat ini saya sedang dalam tahap cari-cari unit yang kondisinya baik

        love you rotary………see you again

        • ANdri Ahmad

          hati2 bro, susah cari bengkelnya, salah2 jebol nanti 😀

        • roadrunner

          Usulan saya sih kalo mobil mazda yang buat balapan tetap pake rotary aja. Trus buat yang komersil pake pinton biasa aja.
          Emang kalo balapan ada standardnya boros sama kotornya nggak sih?

        • Hartawana Setjadiningrat

          Ap88: yaelah boss, wankel sama rotary itu mesin yang sama aja ente kayak ga tau gitu mau sok2an koleksi. Di kibulin pengepul nyahok ente.

          Kalo mau belajar koleksi mobil, berguru ke ane dulu, Hartawan Setjadinjngrat aka Hawke’s Auto Gallery

          • geox

            Galery apa tuh?? Baru ini gw denger..di daerah mana ya??jualan mobil apa aja?

          • Hartawan Setjadiningrat

            Hauwke’s Auto Gallery, Cipete Jaksel

            Ga jualan, khusus koleksi or restorasi mobil klasik . Mayoritas American.

          • Hartawan Setjadiningrat

            Info lebih lanjut ttg Hauwke’s Auto Gallery, gugel saja.

          • ap88

            nanti saya berguru ke ente,soalnya saya juga masih ragu,apalagi rx7 yg gak pernah dijual atpm dan harga pasarannya gelap

            ane pernah denger tuh hawke gallery,koleksinya mayoritas chevrolet dan ford kan?

          • tim

            Wah Hawke auto gallery yg prnh masuk majalah autobild ya? Apa car and tuning guide ya? Lupa saya hehe

          • A Naufal Farras

            Bener nih. Wankel itu penemu mesinnya, Felix Wankel yang menemukan mesin rotary

    • A Naufal Farras

      Lah, bukannya taun 2017 mau ada rotary reborn, 50 tahun rotary engine dan 50 tahun mazda cosmo? (1967-2017) yang digadang gadang namanya skyactiv R 1600 cc itu?