Maruti Suzuki Uji Jalan Wagon R Versi JDM Bermesin Diesel

Maruti Suzuki Uji Jalan Wagon R Versi JDM Bermesin Diesel
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan kemunculan dari sebuah mobil boxy misterius beberapa waktu lalu di India? Sosok yang berkamuflase warna hitam kala itu disinyalir adalah generasi terbaru dari Maruti Suzuki Wagon R. Nah, namun pada kesempatan yang berbeda, di India juga terjepret sebuah mobil yang menarik, yaitu Suzuki Wagon R JDM berwarna putih.

Sebenarnya, Suzuki Wagon R seperti yang tertangkap kamera ini sendiri adalah generasi kelima dari Suzuki Wagon R JDM yang diperkenalkan di tahun 2012 silam. Namun kini di Jepang sendiri Suzuki Wagon R model ini sudah berhenti dijual tahun 2017 silam, dan sudah bertransformasi menjadi model baru yang menjadi Suzuki Wagon R generasi keenam, itu yang pilar B-nya mirip dengan Toyota Alphard. Nah, lalu apa yang mendasari pihak Maruti Suzuki membawa Suzuki Wagon R JDM generasi kelima ini ke India? Apakah nantinya Maruti Suzuki Wagon R di India akan menggunakan model atau basis dari Suzuki Wagon R? Bisa iya bisa juga tidak. Namun yang menarik, unit yang terpantau ini adalah unit bermesin diesel.

Yap, Suzuki Wagon R berkelir putih ini menggunakan mesin diesel, dimana tak jelas spesifikasi diesel apa yang diusung. Namun bisa jadi mesin diesel yang digunakan oleh Suzuki Wagon R ini merupakan mesin racikan dari Suzuki sendiri. Lho, memangnya ada mesin yang tak diracik Suzuki sendiri? Ada, mesin – mesin diesel 1.300cc yang digunakan oleh beberapa produk dari Maruti Suzuki seperti Maruti Baleno Hatchback, Maruti Swift, dan Maruti Dzire sendiri merupakan mesin diesel yang dikembangkan oleh Fiat. Jadi, setiap kali pihak Maruti menggunakan mesin serupa, maka mereka juga harus membayar royalty kepada sang pengembang mesin ini, Fiat. Dan tentunya pihak Maruti Suzuki ingin lepas dari kewajiban membayar royalty tersebut.

Dan nampaknya salah satu tujuan membawa Suzuki Wagon R diesel ini ke India adalah untuk mempelajari mesin diesel ini, karena pihak maruti Suzuki sendiri sudah mendeklarasikan bahwa pada tahun 2020 mendatang produk – produknya akan bebas dari mesin diesel lansiran Fiat dan beralih ke mesin diesel yang dikembangkan oleh mereka sendiri. Jadi, bisa saja kehadiran Suzuki Wagon R Diesel di India ini bukanlah bertujuan untuk menggantikan Maruti Wagon R disana, kecuali kalau Suzuki Jepang memang mau melempar unitnya seperti yang dilakukan pada unit Suzuki Jimny di Indonesia. Namun kami lebih curiga bahwa mereka sedang mengembangkan mesin diesel baru yang nantinya akan digunakan oleh mobil Suzuki berbasis HEARTECT.

Nah, walau tak berpengaruh secara langsung ke pasar Indonesia, pada dasarnya pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang gemar mengimpor mobil dari India sana. Dan mobil diesel pun juga diimpor mereka dari sana, yaitu Suzuki Ertiga Diesel, jadi secara tak langsung jika nantinya mesin baru ini lebih oke dan punya transmisi otomatis, maka akan menjadi kabar baik juga bagi penggemar Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian

Sumber Gambar : Rushlane

Read Prev:
Read Next: