Suzuki SX4 S-Cross Gunakan Mesin 1.500 cc Legendaris, Ini Spesifikasinya!

by  in Suzuki
Suzuki SX4 S-Cross Gunakan Mesin 1.500 cc Legendaris, Ini Spesifikasinya!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz –  Awalnya kami ingin memberikan judul artikel ini tentang spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross, tapi rasanya ada satu hal khusus yang sangat menarik untuk kami bahas mengenai mesin dari Suzuki SX4 S-Cross yang akan diluncurkan oleh Suzuki Indonesia beberapa saat lagi di ajang GIIAS 2016 yang akan berlangsung mulai Kamis, 11 Agustus ini. Menurut sumber, mobil ini tidak akan menggunakan mesin K14B milik Swift, Ertiga atau Ciaz yang kita kenal selama ini.

Melainkan akan menggunakan mesin M15A, atau mesin yang sangat familiar bagi pengguna Suzuki lawas jika anda pengguna Baleno Millenium, Suzuki Aerio ataupun Suzuki Swift dan Suzuki SX4 generasi pertama. Pada zamannya, mesin tersebut merupakan mesin yang canggih dan bandel karena sudah menggunakan teknologi VVT dan tergolong cukup irit bahan bakar serta lumayan bertenaga.

Suzuki-Sx4-S-Cross-Spyshot-Indonesia

Mesin M15A untuk Suzuki sudah tidak digunakan lagi dan sudah berganti menjadi Suzuki K engine atau G engine yang legendaris karena masih digunakan pada APV dan Suzuki Carry hingga saat ini. Tercatat, penggunaan mesin berkode M terakhir ada pada Suzuki Jimny dengan M13A (1.300 cc), Suzuki Swift Sport dengan M16A (1.600 cc) dan Suzuki SX4 S-Cross versi Eropa yang menggunakan M16A (1.600 cc).

Tenaga mesin M15A yang akan digunakan di Suzuki SX-4 S-Cross ini umumnya memiliki tenaga berkisar antara 100 HP pada 5.900 Rpm dan torsi 133 Nm pada 4.100 Rpm seperti halnya Suzuki Swift lawas. Sebenarnya ada mesin M15A yang memiliki tenaga lebih besar dengan 111 Ps dan 142 Nm seperti yang digunakan Suzuki Ignis generasi sebelum ini, tapi konsekuensinya harus memiliki kompresi yang cukup tinggi di angka 11:1. Untuk versi Indonesia kemungkinan menggunakan mesin dengan kompresi lebih rendah dan tenaganya sedikit terdongkrak menjadi 109 HP dan torsinya 138 Nm.

spyshot-suzuki-sx4-s-cross-indonesia

Suzuki SX-4 S-Cross versi Indonesia ini menurut kami sangat spesial, kenapa? Karena mobil yang diimpor langsung dari India ini tidak memiliki varian mesin bensin di negara asalnya. Di tanah kelahirannya, ia memiliki pilihan dua mesin diesel yang cukup bertenaga mulai dari mesin 1.300 cc diesel dengan torsi 200 Nm (mesin milik Chevrolet Spin Diesel), kemudian mesin 1.600 cc diesel bertenaga 320 Nm yang cukup fantastis. Memang sih tenaganya besar, cuma hanya tersedia dalam transmisi manual saja di India. Deuh!

Soal fitur, Suzuki SX4 S-Cross versi Indonesia ini cukup lengkap untuk mobil sekelasnya. Contoh, ia akan dibekali dengan velg 16 inchi, AC dengan climate control, head unit 7 inchi beresolusi WVGA lengkap dengan Bluetooth dan steering switch control, 6 buah speaker, MID, sensor parkir, auto rain sensor, keyless entry dan push start stop engine button, 2 buah airbags, ABS & EBD, immobilizer, HID projector headlamp, paddle shifter dan cruise control.

2017 Suzuki S-Cross facelift grille

Soal harga, mobil yang digadang-gadang sebagai crossover yang memiliki ground clearance tinggi ini akan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Honda HR-V atau Nissan Juke. Yap, mobil ini dibanderol mulai dari 246 juta untuk varian manual, dan 259 juta untuk varian automatic. Cukup menggiurkan? Hmm… lebih menggiurkan lagi ketika kami tahu bahwa salah satu sales yang memberikan informasi ini sudah berani memberikan diskon 10 juta Rupiah jika kita melakukan SPK sebelum launching. Whew!

Btw, mobil ini sebenarnya punya nasib yang sama dengan Chevrolet Trax, saat diluncurkan di Indonesia, di Barat sono versi faceliftnya baru keluar…. Jadi jangan berharap mobil ini akan cepat mendapatkan facelift ya.

Read Prev:
Read Next: