Inden Jimny di Indonesia Mencapai 4 Tahun, Order Ditutup!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Inden Jimny di Indonesia Mencapai 4 Tahun, Order Ditutup!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi jikalau Suzuki Jimny kini menjadi barang buruan ataupun koleksi bagi para pehobi roda empat. Walaupun dijual secara resmi dan tidak berstatus limited edition, namun kuota yang minim membuat inden dari Suzuki Jimny terus mengular. Bahkan, kalau di Jepang indennya bisa mencapai 2 tahun, di Indonesia malah kini dikabarkan mencapai 3 hingga 4 tahun lamanya. Kondisi ini pun membuat pihak SIS harus mengambil langkah tegas.

Langkah tegas yang kami maksudkan adalah terkait penghentian penerimaan order atau inden untuk Suzuki Jimny. Mengutip dari CNN Indonesia, Marketing Director 4W dari Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra menegaskan bahwa per tanggal 1 September silam pihaknya sudah menghimbau diler untuk menghentikan pemesanan untuk Suzuki Jimny. Beliau menambahkan bahwa sejauh ini sudah ada input dari beberapa diler yang sudah menutup inden namun terus mendapatkan ‘paksaan’ dari calon konsumen untuk menerima pemesanan tersebut.

Nah, jikalau calon konsumen terus ‘memaksa’ untuk memesan, Donny menyebutkan bahwa unit tersebut bisa jadi akan hadir 3 atau 4 tahun setelah pemesanan. Kok bisa? Karena saat ini pihak SIS mengklaim bahwa sudah ada 200 unit Suzuki Jimny yang telah dikirimkan ke konsumen yang sudah memesan terlebih dahulu. Sisanya bakal dikirimkan dalam tempi 36 bulan ke depan, alias 3 tahun. Jadi, kalau kalian memesan sekarang, 3 atau 4 tahun lagi mobil tersebut baru hadir di garasi kalian. Jelas, kondisi ini merupakan sebuah kondisi yang sangat spesial. SIS sendiri hanya mendapat sekitar 50 unit Suzuki Jimny dari Jepang per Bulannya.

Donny menambahkan bahwa kota – kota besar menjadi penyumbang terbanyak inden Suzuki Jimny, sebut saja Jakarta dan Surabaya. Beberapa waktu lalu, saat kami menghadiri UMC United Autofest, pihak UMC mengklaim bahwa sejauh ini sudah ada 150 unit yang diinden dari diler mereka saja. Angka yang tinggi ini yang nampaknya akan menjadi modal kuat pihak SIS untuk mendapatkan ‘ijin’ dari prinsipal Suzuki Jepang untuk mulai merakit Suzuki Jimny di Indonesia. Donny membocorkan bahwa status ijin tersebut hanya tinggal mengetok palu saja.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian berharap Suzuki Jimny segera dilokalkan? Kalau penulis sih berharapnya ada varian 4×2 dan dinamai Suzuki Katana. 😀

Read Prev:
Read Next: