Lubang di Jalanan Tidak Terlihat? Ford Tahu Solusinya!

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Lubang di Jalanan Tidak Terlihat? Ford Tahu Solusinya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Entah apakah anda akan kesal mendengarnya atau tidak sama sekali, tetapi Ford Motor Cotelah mengembangkan teknologi fitur yang sangat menggoda iman. Terlebih karena fitur tersebut sangat, sangat berguna di Indonesia. Oh ayolah Ford.

Teknologi tersebut adalah Virtual Pothole Map yang berfungsi sebagai pemberi tanda peringatan akan bahaya lubang yang ada di jalanan. Bekerja secara real-time, fitur ini nantinya akan memetakan lubang tersebut dan memberitahukan anda sebagai pengendara mobil Ford apakah jalanan yang sedang dilewati memiliki lubang dan seburuk apakah itu lewat display di dalam mobil nantinya. Jika lubang yang nanti akan anda ’hajar’ terlampau parah, teknologi ini akan langsung menawarkan rute alternatif yang lebih aman untuk dilewati.

Mengapa mereka melakukan ini semua? Karena hanya di Inggris saja, laporan mengenai kerusakan yang disebabkan oleh lubang jalanan bisa terjadi sekali hanya dalam waktu 17 menit saja dan menyebabkan kerugian hingga £432. Di seluruh Eropa pada tahun 2011 saja, 20 juta lubang telah dilaporkan, namun hanya setengahnya saja yang sudah diperbaiki. Hal itu saja bisa memakan biaya sebesar €1.2 miliar.

Ford Mondeo, S-Max, dan Galaxy memang sudah memiliki fitur bernama Continuously Controlled Damping dengan Pothole Mitigation yang akan menyesuaikan suspensi mobilnya jika ada lubang yang akan kita temui nanti. “Mobil kita sudah dilengkapi oleh fitur pendeteksi lubang dan sekarang kita akan mengembangkan teknologi tersebut ke dalam tingkatan selanjutnya”, ungkap Uwe Hoffmann, Search Engineer untuk Ford.

Tujuan dari pengembangan fitur ini adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai posisi lubang jalanan dan mengirimkannya langsung ke pengendara Ford yang lain. Untuk sekarang teknisi Ford Motor Co masih meneliti penggunaan kamera dan modul bawaan mobil yang dilakukan dalam Research & Innovation Centre mereka di Jerman.

Mungkinkah nanti Ford Nusantara dan Auto Kencana akan memboyong mobil-mobil Ford dengan fitur Virtual Pothole Map ini di masa yang akan datang? Untuk saat ini mari kita berharap saja.

Read Prev:
Read Next: