Audi Telah Produksi 8 Juta Mobil dengan Teknologi Quattro!

by  in Mobil Baru
Audi Telah Produksi 8 Juta Mobil dengan Teknologi Quattro!
0  komentar

AutonetMagz – Siapa yang tidak kenal teknologi penggerak empat roda besutan pabrikan Jerman yang satu ini? Audi yang memulai debut sistem andalannya pada tahun 1980. Pada saat itu, belum ada pabrikan mobil yang menawarkan sistem penggerak empat roda yang ringan,bekerja cepat dan di produksi dalam jumlah yang banyak.

Audi pertama kali memperkenalkan Quattro di Geneva International Motor Show tahun 1980. Pada tahun 1986, Audi mengganti generasi pertama Quattro, yang gardan tengahnya dikunci secara manual, dengan LSD Torsen, yang dapat mendistribusikan torsi ke roda secara berbeda-beda.

Pada tahun 2005, menyusul teknologi planetary drive yang dapat mendistribusikan tenaga dan torsi  yang dinamis dan asimetris. Namun, system gardan tengah yang dapat mengunci sendiri masih terus digunakan dan dikembangkan  oleh Audi dan dianggap sebagai patokan untuk traksi dan pengendaraan dinamis dengan bobot yang sangat ringan.

Audi memberikan Quattro dengan konfigurasi dan fungsi yang disesuaikan dengan model mobilnya. Untuk model mobil compact dengan mesin yang diposisikan secara horizontal, multi-plate clutch beroperasi secara hidrolis yang dikendalikan secara elektronis dipasang pada as (poros) belakang. Sedangkan pada mobil sport Audi R8 yang mesinnya terdapat di tengah, multi-plate clutch dipasang di as depan.

Dan pada tahun ini, Audi merayakan peristiwa bersejarah dengan meluncurnya mobil dari pabrik baru di San José Chiapa, yang merupakan mobil Audi yang ke-8 juta yang dilengkapi dengan penggerak Quattro. Mobil bersejarah tersebut adalah Audi Q5 2.0 TFSI quattro berwarna merah garnet.

Teknologi Quattro tersedia dengan lebih dari 100 versi. Quattro menjadi perlengkapan standar pada Audi Q7, Audi A4 allroad quattro, Audi A6 allroad quattro, Audi A8, Audi R8, seluruh model S dan RS, serta tersedia sebagai opsi (pilihan) bagi model-model Audi lainnya. Audi Q5 menempati urutan teratas dengan sekitar 262.000 unit. Model-model quattro mendorong angka penjualan yang tinggi di Amerika Serikat, Kanada, Rusia, dan Timur Tengah. Di Jerman sendiri penjualan mobil quattro mencapai 122.048 unit.

Read Prev:
Read Next: