EPA : Ford GT Lebih Boros Daripada Dodge Viper

by  in Ford&International
EPA : Ford GT Lebih Boros Daripada Dodge Viper
0  komentar

AutonetMagz.com – Normalnya, saat pabrikan menukar mesin besar berpiston banyak demi mesin kecil yang pistonnya lebih sedikit dan pakai turbo, ekspektasi dari alam bawah sadar kita adalah semoga efisiensi bahan bakarnya membaik. Namun pada akhirnya produsen mobil sempat mengakui bahwa era downsizing alias pakai mesin kecil berturbo ini tidak seefektif kedengarannya. Tentu masih ada yang setengah tidak percaya sambil bergumam,”Ah, masa iya sih?”

Well, mungkin Ford GT bisa jadi contoh yang baik. Saat membuat Ford GT baru, Ford memutuskan untuk tidak pakai mesin V8 lagi, melainkan pakai mesin 3.500 cc V6 EcoBoost twin turbo. Memuntahkan tenaga 647 hp, tidak diragukan lagi kalau tenaganya besar dan pasti kencang. Akselerasi 0-100 cukup 3 detik pas dan top speed bisa 348 km/jam. Nah, kencang kan? Tapi ini mesin EcoBoost, jadi tentu kepo seberapa “Eco” mesin yang pakai “Boost” ini?

Menurut EPA, mesin EcoBoost Ford GT lebih suka main “Boost” daripada main “Eco”, soalnya efisiensi BBM-nya tidak “Eco” sama sekali. Sebelumnya, oke deh, kalau sudah berurusan dengan dunia supercar sih biasanya yang punya sudah masa bodoh sama konsumsi BBM-nya, soalnya kalau bensin habis ya tinggal beli, susah amat. Tapi entah kenapa mesin kecil berturbo ini malah lebih boros daripada mesin yang jauh lebih besar dan tanpa turbo.

EPA merilis angka resmi efisiensi BBM Ford GT, yakni 4,6 km/l untuk rute dalam kota, 7,6 km/l untuk rute tol dan 5,95 km/l untuk rute kombinasi. Ingat, ini masih angka klaim EPA, dan ini bisa jadi lebih boros lagi, mengingat pasti susah untuk menginjak gas secara sopan kalau pakai Ford GT. Dodge Viper yang bermesin 8.400 cc V10 saja masih lebih irit, yakni 5,1 km/l untuk rute dalam kota, 8 km/l untuk rute tol dan 6 km/l untuk rute kombinasi.

Duh, kirain mesin V6 twin turbo ini bakal lebih irit daripada mesin V10 Viper. Tapi mungkin ini karena Ford GT punya trik di software dan sistem injeksi bahan bakarnya yang bisa membuat turbo spooling terus meski pedal gas tidak diinjak demi menghilangkan turbo lag. Jadi yaa… Memang Boost, tapi tidak Eco sama sekali. Ada yang punya mesin turbo yang rupanya lebih boros daripada mesin biasa? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: