LMPV KIA Mulai Diuji Jalan di India, Target 50 Ribu Unit!

by  in Berita&International&Kia
LMPV KIA Mulai Diuji Jalan di India, Target 50 Ribu Unit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen pasar MPV, khususnya di kelas low alias LMPV memang tetap saja menggiurkan di beberapa negara berkembang. Seperti contohnya di beberapa negara Asia Tenggara dan juga India. Nah, peluang ini pun ditangkap oleh KIA yang memang dalam beberapa waktu terakhir nampak serius menggarap pasar Asia. Ini dibuktikan dengan sebuah proyek bernama KIA KY yang sempat kami kabarkan beberapa waktu lalu. KIA KY adalah sebuah LMPV yang disiapkan untuk diproduksi di India, dan diekspor ke beberapa negara lainnya. Dan KIA KY sendiri kini telah menampakkan wujudnya, walaupun masih tertutup sticker kamuflase. Yuk kita bahas.

KIA KY : LMPV bergaya SUV?

Mengutip informasi dan foto via RushLane, sebuah mobil bersticker yang diduga kuat adalah KIA KY tertangkap kamera sedang diuji jalan di India. Ini merupakan kedua kalinya KIA KY tertangkap kamera diuji jalan, yang pertama adalah di Korea Selatan. Belum banyak hal yang bisa kami bahas mengenai penampakan KIA KY. Yang jelas, nampak bahwa KIA KY menggunakan LED DRP berbentuk garis dan pilar A yang dibesi sentuhan floating roof dengan warna hitam. Selain itu, nampak juga ada roof rail di atap mobil ini. Pintu baris keduanya juga nampak cukup besar. Sedangkan velg-nya menggunakan palang 5 double spoke dengan paduan warna two tone. Kaca belakangnya nampak cukup tegak, dengan tarikan garis di bawah window line kelakang. Hmm, jadi ingat bentuk buritan All New Suzuki Ertiga. Oiya, kalau diperhatikan, ada aksen hitam ala body moulding di area fender depan dan belakang mobil ini.

Artinya? LMPV ini nampaknya akan bergaya ala SUV, sebuah tren yang memang juga jamak kita temukan di Indonesia saat ini. Lihat saja sosok Mitsubishi Xpander – Nissan Livina, dan juga Wuling Confero S yang menggunakan styling ala SUV. Nah, KIA KY sendiri akan menggunakan basis yang sama dengan KIA Seltos. Artinya, bisa jadi mesin yang digunakan pun akan mirip dengan KIA Seltos, atau malah lebih powerful. Sumber menyebutkan bahwa prediksi mesin yang akan digunakan adalah 2.000cc bensin dan 1.500cc diesel. KIA KY sendiri nampaknya akan diproduksi di India dan akan dirilis di penghujung tahun 2021 ini. Sedangkan penjualannya akan dilakukan di tahun 2022 mendatang. Nah, kemunculan KIA KY juga menjadi sebuah kabar baik bagi Hyundai. Kabarnya, Hyundai juga sedang mempersiapkan produk serupa dengan basis yang sama.

Target Terjual 50 Ribu di India, dan 26 Ribu Ekspor

KIA sendiri telah mencanangkan target untuk menjual 50.000 unit mobil bertipe MPV di pasar India, dimana 26.000 unit lainnya akan dikirim ke pasar luar negeri, alias ekspor. Bicara ekspor, kini 2 produk KIA di Indonesia merupakan unit yang didatangkan langsung dari India, yaitu KIA Sonet dan KIA Seltos. Oleh karenanya, terbuka juga peluang bagi KIA Indonesia untuk memasarkan KIA KY di Indonesia. Apalagi, pasar yang dihuni KIA KY yaitu segmen LMPV merupakan pasar paling laris di Indonesia. Tentunya KIA tidak akan melewatkan kesempatan ini. KIA KY nampaknya akan diproduksi di fasilitas produksi KIA India yang ada di Anantapur. Di pabrik tersebut, KIA memiliki kapasitas produksi maksimal di angka 300 ribu unit per tahunnya. Angka yang sangat besar tentunya.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: