Lexus UX 300e : Mobil Listrik Produksi Massal Pertama

by  in Berita&International&Lexus
Lexus UX 300e : Mobil Listrik Produksi Massal Pertama
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa hari lalu kami sudah sempat mengabarkan bahwa pihak Lexus akan memperkenalkan produk elektrik pertama mereka secara global. Dan kami sendiri berteka-teki produk apa yang akan mendapatkan kehormatan tersebut. Awalnya, kami mengira pihak Lexus akan membidik segmen super mevvah untuk mobi pertama mereka dengan versi produksi dari Lexus LF-30 Concept. Namun, ternyata tebakan kami salah total. Malahan, mobil listrik pertama dari Lexus dibangun dari basis mobil termurah dan terkompak Lexus saat ini.

Yap, pihak Lexus telah resmi memperkenalkan sosok Lexus UX 300e. Seperti namanya, mobil ini sejatinya adalah Lexus UX series yang telah menanggalkan mesin ICE maupun mesin hybrid dan berganti mengandalkan motor listrik secara penuh. Lexus UX 300e sendiri diperkenalkan secara resmi di Guangzhou Auto Show 2019 China beberapa hari lalu. Nah, secara spesifikasi, Lexus UX 300e mengusung motor listrik dengan tenaga maksimal mencapai 204 PS yang akan menggerakkan roda depannya. Sedangkan baterai lithium ion dengan kapasitas 54,3 kWh akan menjadi ‘nyawa’ utama dari SUV atau crossover listrik ini.

Dengan metode pengujian NEDC, Lexus UX 300e sendiri diklaim mampu berjalan sejauh 400 km dari posisi baterai penuh hingga habis total. Angka tersebut jelas cukup untuk penggunaan dalam kota. Oiya, menariknya, Lexus menempatkan baterai untuk mobil ini di lantai, sehingga membantu center of gravity mobil ini. Selain itu, penempatan baterai tersebut juga memberikan ruang yang lebih lega untuk bagasi mobil ini, selain turut membantu memberikan handling yang lebih baik. Sejauh ini, beum ada informasi detail mengenai Lexus UX 300e. Namun pihak Lexus berani menggaransi bahwa Lexus UX 300e akan menjadi mobil yang lincah dengan peforma yang bisa diandalkan.

Informasi lain yang sempat diberikan adalah mengenai teknologi Active Sound Control (ASC) yang akan mengeluarkan suara natural selayaknya mengendarai mobil – mobil lain pada umumnya. Pemilik Lexus UX 300e juga bisa mengakses beberapa informasi seperti kapasitas baterai real time, beserta dengan sisa jarak tempuh melalui aplikasi khusus yang dikembangkan oleh Lexus. Lexus UX 300e sendiri akan mulai dijual di China dan Eropa pada awal tahun 2020 mendatang. Sedangkan pasar Jepang akan menyusul di tahun 2021. Lexus UX 300e sendiri akan menambah panjang list produk dengan basis TNGA-C yang bertenaga listrik murni.

Sebelumnya juga sudah ada Toyota C-HR EV dan Toyota Izoa EV yang juga menggunakan tenaga listrik murni. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Lexus UX 300e ini? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: