Lexus Tampilkan Teaser LBX, Crossover Baru Berbasis Yaris Cross

by  in  Berita & International & Lexus
Lexus Tampilkan Teaser LBX, Crossover Baru Berbasis Yaris Cross
0  komentar

AutonetMagz.com – Lexus telah memperlihatkan teaser dari LBX crossover baru dibawah seri UX. Rumor ini sudah terkuak sejak 2020, dimana saat itu Lexus akan membuat sebuah model baru dengan nama Lexus BX. Dilihat dari namanya, ‘X’ menunjukkan kaitannya dengan jajaran crossover atau SUV Lexus yang mencakup GX, RX, NX, UX, LX dan TX yang akan datang. Sementara ‘B’ menunjukkan posisinya di Pasar B- segmen (atau sub-compact).

Platform & Dimensi

Mobil ini rencananya akan memulai word premiere di Milan, Italia pada 5 Juni 2023. Diposisikan di bawah Lexus UX, LBX akan menggunakan platform versi GA-B dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini menopang Yaris dan Yaris Cross versi eropa (bukan Yaris Cross yang belum lama ini diluncurkan ya, beda!), Prius C/Aqua (bukan air minum), Aygo X, dan Sienta. Prediksi kami, Lexus LBX akan membuat sebuah segmen baru dimana kompetitor belum ada yang main di segmen ini.

Karena ia menggunakan platform GA-B, maka jika kita melihat saudara Toyota-nya ia berukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm. Diperkirakan, mobil ini juga akan dibekali Powertrain hybrid yang menggabungkan mesin 1.5 VVT-i tiga silinder dengan dua (FWD) atau tiga (AWD-i) motor listrik. Gabungan tersebut dapat menghasilkan tenaga 114 hp (85 kW / 116 PS) dan torsi 120 Nm (88,5 lb-ft) .

Sekilas Pandang

Teaser resmi tersebut meperlihatkan chunky face dengan kap pendek dan lampu depan LED yang terhubung melalui strip krom. Spindle grille khas Lexus tidak hadir disini, digantikan dengan pola honeycomb di bagian tengah bemper. Di bagian belakang, terdapat lampu dengan LED bar yang menyatu dari kiri ke kanan. Kita juga bisa melihat frameless intake, cladding hitam pada wheel arch, power dome halus di kap mesin, dan desain depan yang mengingatkan pada Toyota Crown atau Prius terbaru.

LBX dikatakan sebagai penerus spiritual dari hatchback Lexus CT 200h yang dihentikan produksinya pada Oktober 2022 lalu. Karena saat ini rasanya kurang cuan jia hanya menawarkan hatchback, apalagi di range harga yang sama bisa dapat SUV walaupun beda kelas. Lexus LBX juga menandai untuk pertama kalinya Lexus merilis model dengan lebih dari dua huruf dalam namanya selain LFA.

Read Prev:
Read Next: