Lexus BX : Calon SUV Baru Berbasis Yaris Cross

by  in  Berita & International & Lexus
Lexus BX : Calon SUV Baru Berbasis Yaris Cross
0  komentar

AutonetMagz.com – Hari ini nama Yaris nampaknya memenuhi pikiran kami, karena selain munculnya paten dari Toyota Yaris facelift untuk kawasan ASEAN, nama Yaris juga muncul dalam pemberitaan mengenai Lexus. Yap, sesuai dengan judul diatas, Lexus akan membuat sebuah model baru dengan nama Lexus BX, dan menariknya basis yang akan digunakan untuk produk tersebut adalah Toyota Yaris terbaru yang menggunakan platform TNGA-B. Mari kita bahas.

Mengutip informasi via AutoHome, pihak Lexus dikabarkan sedang mempersiapkan sebuah produk baru dan akan memberi nama mobil tersebut Lexus BX. Sesuai namanya, kita bisa simpulkan bahwa mobil ini adalah sebuah SUV, atau setidaknya crossover karena ada kandungan ‘X’ dalam namanya. Nah, Lexus BX sendiri akan diperkenalkan di tahun 2023 mendatang, jika sesuai jadwal. Seperti yang kami singgung di awal, Lexus BX akan menggunakan platform TNGA, lebih tepatnya adalah TNGA-B yang merupakan versi paling kompak dari TNGA sejauh ini.

Artinya, Lexus BX akan berbagi platform dengan Toyota Yaris, dan Toyota Yaris Cross. Bahkan, kasarnya Lexus BX adalah glorified Yaris Cross seperti Lexus UX dan Toyota C-HR. Posisi Lexus BX sendiri dipastikan ada di bawah Lexus UX dan akan menjadi mobil paling kompak Lexus di masa mendatang. Secara dimensi, Lexus BX akan memiliki panjang dibawah 4,5 meter dan lebar dibawah 1,7 meter. Untuk tampilan, dipastikan Lexus BX akan mengusung wajah depan ala Lexus dengan spindle grille-nya. Sayangnya, tak banyak informasi lain yang bisa digali untuk saat ini.

Prediksi kami, Lexus BX sendiri akan membuat sebuah segmen baru dimana rival yang akan menantinya tergolong minim. Untuk urusan dapur pacu, bisa jadi Lexus BX juga akan berbagi mesin dengan Toyota Yaris dan Toyota Yaris Cross. Itu artinya, ada peluang Lexus BX menggunakan mesin 1.500cc naturally aspirated ataupun mesin 1.500cc Toyota Hybrid System (THS). Tingginya permintaan akan mobil premium namun dengan body yang kompak nampaknya membuat Lexus mempertimbangkan kehadiran dari Lexus BX. Setidaknya, jikalau nantinya Toyota Yaris / Yaris Cross tak masuk Indonesia, Lexus BX Series bisa masuk ke Nusantara.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: