Land Rover Memperkenalkan Discovery Edisi Khusus Palang Merah

0  komentar

AutonetMagz.com – Land Rover, melalui divisi Special Vehicle Operations (SVO), membuat versi unik dari Land Rover Discovery khusus untuk Palang Merah di Austria, yang juga dipamerkan di (lagi-lagi) Paris Motor Show 2018. Kendaraan yang dibuat untuk keadaan emergency ini juga ternyata sudah di-preview melalui konsep Project Hero yang sudah dibuat sebelumnya. Sebuah konsep yang dulu memulai debutnya di Geneva Motor Show tahun 2017 lalu.

Setelah dikembangkan lagi (setelah bekerja sama selama 18 bulan), Land Rover Discovery yang sudah dipesan ini menggunakan mesin TD6 dengan kubikasi 3,0 liter turbodiesel V6 (258 PS / 600Nm) dan transmisi otomatis delapan percepatan. Dilengkapi dengan satu set ban berprofil Goodyear 255/55 Wrangler Duratrac yang kemudian ‘membungkus’ velg 20 inci ini membuat SUV ini bisa melewati medan yang sulit nantinya. Ditambahkan pula air suspension di keempat kakinya yang membuat kendaraan ini semakin pede melibas jalan rusak. Sebagai sebuah Land Rover, dipastikan penggunanya sudah cukup pede untuk menggunakannya menjangkau tempat-tempat yang mungkin mobil van pada umumnya tidak bisa lakukan.

Land Rover Discovery yang terbilang unik ini akan berfungsi sebagai pusat komando seluler agar waktu pencarian dan penyelamatan bisa lebih efektif – sesuai konsep mobil ini yang juga dilengkapi berbagai perlengkapan supaya bisa melakukan keperuan tersebut. Termasuk sebuah drone kamera dengan delapan baling-baling yang kameranya bisa melihat jarak yang jauh dan bisa mendeteksi seseorang dari jarak 440 meter serta dapat mengidentifikasi kendaraan dari jarak hampir 1.000 meter. Selain itu, operator drone bakal bisa melacak objek diam atau bergerak hanya dengan mengetuk layar sentuh dari pengendalinya, di mana koordinat yang tepat sangatlah penting dalam hal penyelamatan.

Sebagai jantung dari keadaan gawat darurat, konektivitas juga salah satu hal yang penting dari Land Rover Discovery edisi Palang Merah ini. Rak di atas mobil ekspedisi ini bukan Cuma sebagai ‘rumah’ drone tadi, tapi juga sebagai tempat untuk empat antena radio berfrekuensi ganda, dua hotspot WiFi, dan telepon satelit otomatis. Fitur-fitur lain yang disematkan pada mobil ini adalah lampu sorot dengan intensitas tinggi di bumper depan dan rak atap tadi, rotator 360 derajat, multiple power supply points, enam slot pengisian daya USB, serta peralatan medis dan layanan darurat pastinya. “Kemitraan kami dengan Palang Merah bukan hanya tentang kendaraan yang kami biat. Sejak kami mulai berkolaborasi pada tahun 1954, tujuan kami adalah membantu Palang Merah memperbaiki respons bencana dan akhirnya (bisa) membantu menyelamatkan nyawa,” jelas Michael van Der Sande, pelaksana Operasi Khusus Jaguar Land Rover.

Mereka juga telah selama 18 bulan terakhir bekerja kerat dengan tim tanggap darurat di Palang Merah Austria untuk menyebarkan teknologi dan ‘bakat” Land Rover ini untuk persyaratan Palang Merah di Wilayah tersebut. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: