Mercedes-Benz B-Class W247 : MPV Yang Makin Elegan & Aerodinamis

Mercedes-Benz B-Class W247 : MPV Yang Makin Elegan & Aerodinamis
0  komentar

AutonetMagz.com – Bincang – bincang urusan merk premium asal Jerman yaitu Mercedes-Benz, biasanya kita akan banyak terpaku pada model – model sedannya. Hal ini sepenuhnya wajar karena memang model sedan menjadi tulang punggung utama Mercy sampai sekarang, walaupun perlahan mulai dimasuki juga dengan jajaran SUV dan Crossover-nya. Nah, tapi bagaimana dengan sosok MPV milik Mercedes-Benz? Ingat Mercedes-Benz B-Class? Yap, MPV mungil milik Mercedes-Benz ini baru saja mendapatkan generasi terbarunya, dan kini Mercedes-Benz B-Class terlihat makin elegan, makin aerodinamis, dan juga makin membesar. Seperti apa? Check it out.

Sosok Mercedes-Benz B-Class terbaru yang mengusung kode W247 diperkenalkan di gelaran Paris Auto Show 2018 yang saat ini sedang berlangsung. Satu hal yang langsung muncul di benak kami saat melihat Mercedes-Benz B-Class W247 ini adalah ‘lebih ceper’. Yap, hal ini memang benar adanya. Musuh dari BMW 2-Series Active Tourer ini sudah menggunakan bahasa desain terbaru dari Mercy, yang mana membuat desainnya sudah pas dengan mobil – mobil Mercy kekinian.

Pihak Mercedes-Benz sendiri dengan percaya diri menyebutkan bahwa desain ini “Stand out visually from world of Minivans”, atau kasarnya punya desain yang paling beda paling mencolok di kelasnya. Wajah depan dan belakangnya berubah, lalu kini overhang depan dan belakang diminimalkan, plus atap rendah danbody lebih berotot diberikan di versi terbaru ini.

Eksteriornya

Bicara desain, dari depan terlihat bahwa lampu mobil ini sudah menggunakan LED dan bentuknya agak menyipit, walau tak se-ekstrem Mercedes-Benz A-Class terbaru ataupun Mercedes-Benz CLS. Bumper depan menggunakan bentuk yang sporty dengan lip spoiler tipis di sisi depan dan cornering sensor di kedua sudutnya. Kap mesin mobil ini terlihat landai, dengan tarikan garis yang tegas. Grille-nya masih khas Mercedes-Benz, dengan dua bilah horisontal berwarna silver dan logo Mercy yang besar pake banget. Oiya, selain logo Mercy yang besar itu, ada juga logo Mercy kecil di sisi atasnya. Dan jikalau diamati, di atas logo Mercy besar tersebut ada kamera mungil yang menunjukkan bahwa teknologi kamera 360 derajat diterapkan di mobil ini. Geser ke samping, movil ini terlihat tak terlalu besar, lebih mirip sebuah hatchback ‘bantet’, atau MPV mungil.

Tarikan garis aneh yang sebelumnya hadir di generasi pendahulunya kini sudah hilang, dan jika diamati, tarikan garis di sisi samping Mercedes-Benz B-Class W247 ini terlihat mengalir, lebih elegan, dan tentunya lebih memudahkan airflow, apalagi pihak Mercy mengklaim bahwa mobil ini punya airflow terbaik di kelasnya. Spionnya sudah mendapatkan lampu sein LED, dan window line dibingkai krom. Velg-nya bagus, terlihat pas dan sporty, namun sayangnya masih satu warna saja, but it’s still nice. Pihak Mercy sendiri menyediakan velg ring 16 dan 19 sebagai opsional. Pindah ke belakang, nah, inilah bagian tercakep dari Mercedes-Benz B-Class W247 menurut kami. Kok bisa? Jawabannya cuma 1, ‘Minimalis’.

Yap, konsep minimalis di sisi belakangnya ini membuat buritan mobil ini malah terlihat manis. Lampu belakangnya sudah menggunakan LED dengan LED bar, ada rear spoiler mungil, dan bumper belakangnya nggak neko – neko, plus ada dua lubang knalpot yang entah asli atau palsu. Namun apa hanya kami yang merasa bentuk buritan Mercedes-Benz B-Class W247 ini sekilas mirip VW Golf MK 7,5? Ah, mungkin cuma perasaan saja.

Interiornya

Oke, saatnya masuk ke dalam. Di sisi interior, terlihat bahwa desain interiornya masih khas Mercy jaman now yang sudah kita temui di beberapa sedan terbaru Mercedes-Benz. Kisi AC bulat yang sporty, lalu iluminasi warna biru yang ‘ala tron’, dan layar panel intrumen digital yang menyambung ke sistem infotainment terlihat sangat enak dipandang dan modern, cocok lah dibilang mobil baru.

Setirnya sendiri juga sporty dengan balutan kulit yang dipadukan dengan warna silver, lalu bentuknya sudah rata di sisi bawah. Konsol tengahnya minimalis dengan laburan warna hitam gloss, dan panel AC-nya terlihat sangat cakep. Bahan kulit pun bertebaran di interiornya, baik di kursi, di konsol box ditengah, dan di door trim. Oiya, bicara kursinya, Mercedes-Benz B-Class W247 mendapatkan kursi pijat dengan fitur ventilasi dan penghangat, tapi sebagai opsional saja. Geser sedikit ke belakang, bagasinya kini lebih lega dengan kapasitas 705 liter saat kursi tegak, dan 1.540 liter saat kursi ditekuk.

Fitur & Mesinnya

Lanjut bahas fitur, Mercedes-Benz B-Class W247 mendapatkan fitur yang ada di Mercedes-Benz S-Classm yaitu semi autonomous driving, namun di kondisi tertentu saja. Mercedes-Benz B-Class W247 sendiri akan dijual dengan opsi diesel mesin 1.500cc dCi bertenaga 115 PS dan bertorsi 260 Nm, lalu juga mesin diesel 2.000cc dengan dua opsi keluaran tenaga, 150 PS dan 190 PS.

Kesemua varian tersebut sudah lolos uji emisi Euro 6d-TEMP. Nah, selain itu, akan ada juga varian mesin bensin 1.330cc bertenaga 136 PS dan 163 PS. Untuk transmisi, ada opsi 8 percepatan DCT untuk varian termahal, begitu pula dengan 4Matic AWD milik Mercedes-Benz. Mercedes-Benz B-Class W247 sendiri akan mulai dijual di tanggal 3 Desember 2018 mendatang, dimana distribusi baru akan dilakukan di bulan kedua 2019. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Mercedes-Benz B-Class W247 ini? Yuk berkomentar.

Read Prev:
Read Next: