Konvoi 55 Mobil Otonom Changan Pecahkan Rekor Dunia

by  in Berita&International
Konvoi 55 Mobil Otonom Changan Pecahkan Rekor Dunia
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan nama Changan? Jika kalian lupa, Changan sendiri adalah salah satu perusahaan asal China yang bergerak di dibidang otomotif. Selain memproduksi mobil sendiri, Changan juga menggandeng beberapa nama tenar dari luar China, dimana salah satunya adalah Suzuki. Yap, Changan adalah JV dari Suzuki yang akhirnya cabut dari China. Kali ini, kami tidak akan membahas Changan dalam porsi JV-nya dengan Suzuki, melainkan prestasi terbaru pabrikan asal China ini.

Baru – baru ini, Changan Auto telah memecahkan rekor dari Guinness World Record untuk kategori Largest Parade Of Autonomous Cars alias Parade terbesar untuk mobil Otonom. FYI, pihak Changan sendiri sudah memiliki salah satu produk dengan fitur otonom, yaitu sebuah SUV bernama Changan CS55. Nah, proses pemecahan rekor ini sendiri dilakukan di fasilitas pengujian Changan di Dianjiang, Chongqing, China. Dalam kesempatan ini, sejatinya Changan menggunakan 56 unit Changan CS55 yang diposisikan berbaris memanjang.

Sayangnya, yang tercatat di rekor adalah 55 unit mobil saja. Hal ini terjadi karena ada salah satu pengendara yang didiskualifikasi karena tertangkap tangan mengambil alih kemudi mobil saat sedang berjalan. Nah, detail dari rekor ini sendiri adalah ada 56 mobil, dimana 1 mobil gugur, yang berjalan menggunakan sistem otonom dengan rute sejauh 3,2 kilometer dan mampu ditempuh total dalam waktu 9 menit 7 detik saja. Nah, Changan CS55 ini sendiri berjalan dengan kecepatan konstan 30 km/jam, dan berjarak sekitar kurang lebih 2 mobil satu sama lain. Dan menariknya, pengendara diharamkan untuk melakukan kontak dengan mobil.

Jadi, bisa dikatakan bahwa mobil berjalan sepenuhnya dengan sistem otonomnya, dan hal ini dikonfirmasi oleh engineer Changan, Yang Guo. Nah, Yang Guo juga menyebutkan bahwa pihak Changan memberikan sedikit modifikasi pada Changan CS55 yang digunakan. Seperti meningkatkan kapabilitas sensor untuk membaca garis dan posisi mobil di depan hingga mengubah object & event detection dari dynamic driving task framework di dalam mobil sehingga 56 mobil yang terlibat bisa berjalan cukup dekat (alias mepet) satu sama lain dan terlihat cantik bak sebuah parade.

Tentunya capaian ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Changan yang sejatinya bergerak cukup senyap dalam hal sistem otonom, tak seperti merk lain yang lebih banyak koar – koar. Nah, bagaimana menurut kalian? Kira – kira menarik nggak ya kalau next time kita bahas mobil ini? Selain Changan CS55, ada Changan CS35 yang bentuknya cakep dan cocok kalau seharusnya dijadikan mobil milik Suzuki dan bersaing dengan Honda HR-V.

Read Prev:
Read Next: