Komparasi Mazda2 SkyActiv vs Honda Jazz RS : Japan vs Indonesia Car of The Year!

by  in Honda&Mazda&Nasional
Komparasi Mazda2 SkyActiv vs Honda Jazz RS : Japan vs Indonesia Car of The Year!
0  komentar
Cover-Komparasi-Mazda-2-GT-VS-Honda-Jazz-RS

Jakarta, AutonetMagz – Mungkin jika kita membandingkan Mazda2 SkyActiv dan Honda Jazz RS 2015 terbaru yang sama-sama mendapatkan Car of The Year di negara yang berbeda ini sangat menarik untuk dibahas, karena di Jepang Mazda2 SkyActiv terbaru ini mendapatkan predikat sebagai Japan Car of The Year dan Honda Jazz RS di Indonesia mendapatkan predikat sebagai Indonesia Car of The Year.

Dalam komparasi ini kita akan membandingkan dua buah varian tertinggi yaitu perbandingan Mazda 2 SkyActiv dan Honda Jazz RS. Kami sengaja tidak memasukan Honda Jazz Black Top Limited Edition karena mobil tersebut hanya dijual terbatas sebanyak 300 unit saja di Indonesia.

Desain

Baik Honda Jazz RS dan Mazda 2 SkyActiv terbaru memiliki desain yang sama-sama fresh, kedua desain baru ini sangat menarik untuk dibahas karena keduanya memiliki dua buah bahasa desain yang sangat berbeda diantara keduanya. Honda Jazz memiliki desain khas Honda keluaran terbaru yang memiliki bahasa desain Solid Wing Face seperti halnya Honda Civic hatchback. Sedangkan Mazda2 SkyActiv mendapatkan bahasa desain khas Mazda saat ini yang dinamakan Kodo Design.

Gambar-Honda-Jazz-2014-Terbaru

Baik Mazda 2 Skyactiv dan Honda Jazz RS sama-sama dibekali dengan tampilan eksterior yang menarik mulai dari pemilihan bentuk velg, detailing dan garis-garis bodi yang diberikan. Mazda2 Skyactiv tampil lebih clean dan memiliki garis bergelombang dibandingkan dengan Honda Jazz yang memiliki garis-garis lebih tajam dan tebal. Honda Jazz terlihat lebih besar meskipun sebenarnya eksteriornya lebih kecil dibandingkan dengan Mazda2 SkyActiv.

Kelebihan Mazda 2 baru 2014 SkyActiv

Honda Jazz RS memilik panjang 3.955 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.530 mm. Sedangkan Mazda2 SkyActiv memiliki panjang 4.062 mm, lebar 1.697 mm, tinggi 1.497 mm dan wheelbase 2.570 mm. Mazda2 SkyActiv lebih panjang dan sedikit lebih lebar, namun terlihat lebih kecil dari Honda Jazz karena memiliki bonnet yang lebih panjang. Sedangkan Honda Jazz lebih terlihat besar karena memiliki atap yang tinggi dan bonnet pesek seperti layaknya sebuah MPV.

Well, secara garis desain, baik Mazda2 SkyActiv dan Honda Jazz RS sebenarnya kembali ke selera masing-masing, dan selera saya sebagai penulis artikel ini saya lebih menyukai desain Mazda2 SkyActiv terbaru dibandingkan dengan Honda Jazz RS.

Interior

Masuk ke dalam interior Honda Jazz RS, kita akan menemukan dashboard yang sama persis dengan Honda City secara garis desain, namun untuk Honda Jazz kita akan mendapatkan pengurangan fitur dan pengurangan kualitas pengerjaan dan material dashboard yang digunakan. Kita akan menemukan plastik dashboard dan hasil pengerjaan tidak ubahnya sebuah Honda Brio Satya LCGC. Hanya saja desain dashboard Honda Jazz yang terlihat mewah dan rumit membuatnya terasa lebih baik.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-2015

Untungnya di Honda Jazz terbaru kita akan menemukan interior dengan tingkat kepraktisan yang sangat baik dari segi tempat penyimpanan barang, cup holder dan beberapa kepraktisan lainnya yang tidak akan bisa kita dapatkan di Mazda2. Begitupula dengan kelegaan ruang interior dan kecerdasan konfigurasi kursi yang sangat baik ini jauh sekali dibandingkan dengan Mazda 2 SkyActiv.

Posisi mengemudi dari Honda Jazz RS sangat nyaman karena telah dilengkapi dengan pengaturan tilt and telescopic steering, seatbelt and seat height adjuster serta penggunaan kursi yang sangat nyaman. Begitupula dengan ruang penumpang belakang dan bagasi belakang yang sangat besar sangat membantu.

Honda-Jazz-RS-Cruise-Control

Masuk ke dalam Interior Mazda2 SkyActiv terbaru ini kita akan menemukan dashboard yang di desain sangat minimalis dan terasa seperti bukan mobil Jepang. Seluruh desainnya dilakukan secara minimalis, rapi dan mendetail hingga bagian ventilasi AC. Kita tidak akan menemukan tombol yang berserakan seperti mobil-mobil canggih masa kini berkat penggunaan MZD Connect yang berfungsi seperti layaknya BMW i-Drive, hanya saja mobil ini memiliki layar sentuh.

Interior All New Mazda2 2014 SkyActiv

Kualitas pengerjaan dan pemilihan material mobil ini sangat baik, bahkan menaikan standar mobil di kelasnya karena sudah memiliki jok kulit dengan motif yang sporty dan dashboard yang dibekali dengan sentuhan kulit asli dengan jahitan berwarna merah. Di varian GT kita juga akan menemukan head up display diatas speedometernya yang membuat tampilan speedometer Honda Jazz RS terasa kuno, padahal desain speedometer Honda Jazz RS tergolong futursitik dibandingkan dengan Toyota Yaris.

Duduk di kursi pengemudi Mazda2 SkyActiv sama asyiknya seperti Honda Jazz, bahkan Mazda2 SkyActiv lebih manusiawi karena memiliki dashboard yang tidak sepanjang Honda Jazz dan visibilitas yang lebih baik karena kita tidak akan menemukan pilar A yang cukup tipis. Sepsasang paddle shift dibalik setir dan posisi duduk yang lebih rendah membuat mobil ini terasa lebih sporty.

Posisi duduk di jok kabin Mazda 2 SkyActiv 2015

Sayangnya ketika kita berbicara soal kelegaan kabin, kita tidak akan menemukan kabin yang sama lega dan cerdasnya seperti Honda Jazz RS meskipun secara ukuran eksterior Mazda2 SkyActiv lebih besar. Namun jika dibandingkan dengan pendahulunya, mobil ini lebih lega.

Fitur

Satu-satunya fitur yang tidak dimiliki Mazda2 SkyActiv pada Honda Jazz adalah fitur Cruise Control dan Ultra Seat yang sangat cerdas, sisanya mungkin bisa dibilang Honda Jazz kalah telak dari segi kemudahan mengemudi, keamanan dan kenyamanan.

Baik Honda Jazz RS dan Mazda2 SkyActiv sudah dilengkapi dengan paddle shifter, tilt and telescopic steering, LED DRL, LED headlights dengan auto leveling, Isofix Seat, Keyless Entry dengan start stop engine button, head unit dengan teknologi touch screen, koneksi USB, AUX, rem dengan ABS, EBD, BA dan dua buah airbags.

Setir-Honda-Jazz-Baru

Namun ketika kita bicara tentang keamanan berkendara, kita tidak akan menemukan Rain Sensor, Light Sensor, Stability Control, Hill Start Assist, Traction Control, Head up Display, MZD Connect, Emergency Stop Signal, Smart City Brake Support, Advanced Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert. Bahkan Honda Jazz RS tidak dibekali dengan sensor parkir dan koneksi Bluetooth.

Commander controller jog pada Mazda2 SkyActiv 2014

Namun fitur-fitur tersebut harus kita bayar lebih mahal hampir 20 juta dibandingkan dengan Honda Jazz RS yang dibanderol dengan harga 249 juta Rupiah. Mazda2 SkyActiv akan dibanderol dengan harga paling mahal 270 juta Rupiah OTR untuk tipe GT (Sampai sekarang belum ada harga resmi).

Performa

Honda Jazz RS terbaru ini memiliki mesin yang sama dengan Honda City dengan kode terbaru yaitu L15Z1 yang lebih ringan karena menggunakan beberapa komponen resin plastik. Tenaganya tetap 120 Ps dan torsi 145 Nm, hanya saja tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi automatic CVT yang biasanya tidak begitu responsif jika dibandingkan dengan transmisi matic konvensional.

Konsumsi Bahan Bakar BBM Honda Jazz 2014

Pengendalian Honda Jazz RS terbaru juga tidak semantap varian sebelumnya, kini Honda Jazz RS memiliki suspensi yang lebih lembut yang berimbas terhadap body roll yang lebih terasa dibandingkan dengan versi sebelumnya. Penggunaan EPS juga membuat setir mobil ini tidak senikmat versi sebelumnya meskipun masih tergolong fun-to-drive.

Mesin Mazda 2 SkyActiv baru 2015 Indonesia

Mazda2 SkyActiv kini memiliki mesin baru dengan teknologi SkyActiv meliputi mesin, transmisi, sasis dan body. Paket teknologi SkyActiv ini telah teruji pada Mazda CX-5, Mazda6 dan Mazda3 yang mampu memberikan performa dan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Mesin 1.500 cc SkyActiv dengan tenaga 110 Ps dan torsi 141 Nm ini memang lebih kecil dibandingkan dengan Honda Jazz RS, namun penggunaan transmisi automatic 6 percepatannya bisa jadi membuat mobil ini lebih cepat dibandingkan dengan Honda Jazz RS di pengujian.

Namun tidak baik berasumsi, karena toh kami belum menguji Mazda2 SkyActiv secara langsung.

Kesimpulan

Mazda2 SkyActiv merupakan penantang baru yang lebih canggih dan lebih mewah dan patut diperhitungkan oleh Honda Jazz sebagai rival utama selain Toyota Yaris. Namun Honda Jazz juga memiliki kelebihan dari segi dimensi interior dan harga banderol yang lebih murah dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv. Apalagi brand image Honda sudah lebih matang dibandingkan dengan Mazda yang baru beberapa tahun hadir di Indonesia karena pernah mati suri.

Lihat juga artikel komparasi Mazda2 SkyActiv vs Ford Fiesta Ecoboost dan Honda Jazz vs Yaris

Read Prev:
Read Next:
  • Rachmat

    istilah kata nih kalo disuruh milih sambil merem aja pasti gw pilih mazda2 baru lah,,bener2 ada pembaharuan dari semua segi dibanding versi lamanya

    • Yusak Natanael Manuputty

      milih boleh sambil merem, tapi jangan nyetir sambil merem yeeee hahahah

  • dezel

    Interior sih keren new mazda2..konsep bmw i drive dan mercedez benz utk monitor..tp sbnrnya mazda2 lebih ke small sedan sih..sedan versi kecilnya..jd sbnrnya kurang pas membandingkan honda jazz dgn mazda 2..jazz vs yaris..

    • Hillarius Satrio

      maaf, tetapi tetap saja mazda 2 ini adalah hatchback, bukan sedan, sebab tidak punya buntut bagasi. jadi tetap masih sekelas untuk dibandingkan dengan jazz. terima kasih

    • Kloopon

      kurang pas dari mana? dari segi segmen sama2 mobil small hatchback,segi mesin sama2 1,5 L. Dari segi premium, Mazda memang lebih premium dari Honda Jazz GK, tp sebenarnya fitur2 dari honda ini banyak dipangkas sama Honda indonesia, Mesinnya saja masih pakai mesin GE8. Klo di Jepang, mesin honda jazz GK ini memasok 130 hp. Honda payah sekarang, terlalu minim fitur dan pengen profit tinggi. Jazz GK5 ini jg gak selaku pas Jazz GE8 keluar, sy rasa Mazda2 bakal mimpin pasar small hatchback.

  • dezel

    Klo bicara hatchback sih menurut saya mazda 2 bs di bandingkan dgn hyundai i20..utk fitur keseluruhan sih new mazda 2 kyknya unggul jauh dr jazz maupun yaris..

    tp dr nilai jual mungkin jazz msh yg terbaik lah..harga jazz bekas masih sgt tinggi..sementara yaris mungkin mazda tidak begitu bagus

  • Pudjo

    Kalo bicara nilai jual kembali lebih baik beli Jazz ato Yaris karena Mazda memang pangsa pasarnya Hatchback Premium,mobil Jepang yg didesain untuk menyaingi pasar Eropa-Amrik yang lbh mengutamakan Fitur dan Riding Comfort yg tdk diperhatikan Honda.

  • fendy

    sebenarnya mazda 2 cukup bagus didalam segi fitur.. cuman sayangnya kurang nyaman khususnya bagi orang yang tingginya diatas 175cm. kmrn sempet nyoba di iims, tinggi sy 180 dan sedikit kurang nyaman :D.. tapi kalau segi fitur emang trobosan baru di hatchbag indonesia 😀

    • ironic

      klo beli HB jgn cari nyaman bro, itu salah.
      point 1 klo beli HB itu harus performance
      point 2 looks
      point 3 feature
      point 4 nyaman, dalam artian posisi ridingnya, bukan nyaman sampe gampang ketiduran

      klo point 1 nya cari nyaman mending beli SUV/MPV/sedan premium aja

      • bgas

        Jadi HB hanya bogel yg punya.. Haha ada” aja.. Ada klih HB yg legroom dan headroom.a lapang..

  • dui

    Kadang masih bingung juga sama pola pikir yang selalu berpikir “harga jual kembali”. Heloooo… kita kan beli mobil, bukan beli sapi.

    • dezel

      Mobil itu bukan investasi..harga berganti tahun akan terus turun..jd sebagian konsumen tentu memperhatikan hal ini..mobil masa pakai sekitar 5 tahun,biasa stlh itu pasti upgrade yg baru atau yg lain..jd klo nilai jual jatuh susah jg kan mau upgrade.kecuali konsumen ekonomi menengah keaas mungkin gk mikir mslh uang…

      sbgai pemakai jazz,tahun 2009 waktu jual ganti jazz baru harga jual yg bekas cukup tinggi jd gk berasa berat tukar tambah

      • ironic

        klo 5 tahun dr skrg mindset nya masih gtu2 aja, brarti ikutin teori @dezel tepat

        tapi klo konsumen semakin pintar dalam memilih dan di support sama ASS yg baik, teori @dezel bubar jalan.

        bahkan sy brani taruhan itu GK5 bakal ancur harga jualnya
        skrg aja udh mulai kliatan banyak brand2 selain H & T di jalanan. pertanda baik utk konsumen, krn akan ada perbaikan2 dari para ATPM, khususnya yg sdh berjaya tp terlena 🙂

      • Yongky

        @dezel, mungkin dia udah terlanjur beli honda jazz terbaru yg downgrade sampai – sampai rem belakang aja tromol, kalau memang tromol bagus utk meningkatkan kenyamanan.. kenapa ya mobil eropa semua pakai solid disc / disc brake utk rem belakangnya?

        tp @dezel ini adalah customer idaman pabrikan honda / toyota.. mudah sekali di “bodohi”.. ini saya ada bisnis @dezel, maukah anda jd cust saya 😀

        untuk pabrikan honda / toyota, tinggal tunggu waktu saja.. sekarang sudah bnyk konsumen otomotif yg sudah “melek” value of money..

        kalau memang cari harga jual tinggi, beli saja avansa geh.. dijamin harga jual stabil 😀

    • tim

      Setuju sama pemikiran bro ini… kalo mau hrg jual bagus ya jgn beli mobil, belilah properti, dijamin bli hari ini bsok jg udh naik… kalo mobil lu beli hari ini besok jual pasti ya ud jatoh hrgnya…. ini msh mending mobil jepang depresiasi cuma paling banter 150 jt, coba mobil eropa… kalo mobil tuh liatnya untung pemakaiannya, bkn hrg bekasnya

      • dezel

        Mksdnya bro salah satu faktor tingginya minat konsumen itu ya selain design feature maupun spare part tentunya nilai jual..kia yg nilai jual jatuh jd kendala kan dlm penjualan..pdhl kia baru2 skrng berlimpah geature maupun design yg keren dan total baru..kyk sorento pdhl utk feature maupun comfort jauh diatas pesaing..santa fe jg bagus..tp ttp kalah tenar dr pesaing kyk crv outlander dsbnya..

        • tim

          Kia kurang laris karna walaupun build qualitynya bagus, sunatan fiturnya bnyk sekali… cnth sportage EX, hrg 380an jt, blom ada keyless entry sama electric seat, pdhl xtrail 2.0 CVT diharga yg sama sdh pny, apalagi dgn brand image korea yg memang msh belum sekuat jepang… kalau untuk membandingkan merk korea sama jepang, saya bilang msh belum bisa karna disini mmg aftersales merk jepang sdb jaaauh lebih baik dibanding merk korea… ttp klw di ibukota bisa dilihat skrg merk jepang spt mazda, mitsubisji,subaru, mulai bnyk dijalan… bahkan mitsubishi pun skrg merajai kelas big SUV… dan harag bekas mazda cx5 sama honsa crv tidak beda jauh… ttp memang msh jarang org jual mazda cx5 karna mobil tsb sdh irit, bagus, kencang, jadi org sayang juga mau jual… coba crv… org pake setaon jg jual

  • alvin

    kalo audio mazda 2 bisa DVD kayak pendahulunya, beli deh.tapi emang overall mazda 2 udah menang atas jazz

  • Andika

    Harga resmi Mazda2 sudah ada kok untuk segala tipe di situs web resmi Mazda Indonesia.

  • Andi

    Kelemahan mazda 2 skyactiv ini menurut gw stir dan ruang kabin. Terlalu besar buat gw sih, kyknya ngambil dri cx-5 deh… Sm buat badan gw yg tingginya 175 cm lbh dikit itu sedikit sempit. Sisanya udh dah… Keren bet mobil ini dibandingkan jazz.

  • tim

    Mazda 2 walaupun akomodasinya kalah, tpi kualitasnya jauh diatas jazz, apalagi fiturnya… btw jazz baru blom ada DRLnya, LED disamping foglamp itu lampu senja, bkn DRL

  • z00b00

    gila, jazz rs baru blom ada bluetooth!? parah…. fiesta 2011 gua aja udah ada..

    • tim

      Fiesta kan salah satu pelopor penggunaan bluetooth di kelas compact hatchback

  • wiLL

    Gw pake jazz gk5 sih…

    Kalo interior menurut gw emang menang mazda sih soalnya disunat sama honda indo…

  • gegen

    demen nih sama mazda beneran kita dianggap konsumen cerdas soalnya mereka menghargainya dgn cara totalitas masukin fitur ke mazda 2

    jujur bosen sama sunat sana sunat sini apalagi build quality beberapa pabrikan makin turun padahal kita keluar uang ratusan juta 🙁

    mudah2an laku ya mazda 2 ini biar kompetitor lain sadar bahwa udah lewat masanya konsumen di bego begoin jadi minim sunat hehehhe

  • tdx

    ane pengguna GE8, awalnya excited bgt nungguin GK5 ini tapi pas keluar yg pertama kali keluar di otak ane
    loh loh ac touch screen mana ? rem belakang kok jadi tromol ? vsa kemana ? siri eyes free yg di thailand kok malah diganti jadi hu after market ? mesinnya bukan ED yg power sampe 130hp dijepang?

    setelah test drive cobain gak minat ganti rasanya mirip2 sama aja sama GE8, yg signifikan cuma lampu LED sama cruise control sisanya kurang lebih sama sih bukan quantum leap dari ge8 tapi improvement aja, yaris juga sama

    kalau m2 gelo sih chassis masih sama sama yg dulu tapi teknologi seabrek safety mantap, salute to you mazda semoga jadi pelopor akan mobil full feature di indo ya

    • ironic

      jazz under the hood sama kaya LCGC bro, mana itu lobang kunci terpisah kaya mobil pickup.. 250jt mending ambil mazda2 tipe R, jauh lebih baik

    • bejo

      malah saya lebih memuja GE8 daripada GK5, bah jelek secara keseluruhan
      go for m2, ato polo, jauh lebih baik daripada GK5 mnurutku

      • Kloopon

        betul skali bro, design GK5 ini entah knapa aneh.
        Sy pengguna GE8, tp klo anda mau bli GK5 ini sebaiknya mikir 2x, masih bnyk opsi yg lebih baik ktimbang GK5. Disunatnya minta ampun sama honda indo

    • Perez-perezan

      Bro, ac touchscreen itu mahal, nggak murah, lagipula emangnya mazda 2 acnya touchscreen? Nggak

  • danzaie

    Mazda 2 keren bgt..featurenya seperti mobil eropa..bakal laris kyk kakaknya cx 5

  • Fily

    Kalau si *onfis di ganti dengan orang yang lebih baik maka honda akan berjaya kyk dulu, kualitas aftersales baik, dan tidak ada sunatan fitur kyk honda jazz sekarang. Emang orang indonesia itu bodoh ya? Mentang mentang jualannya laku tapi kualitas diturunkan demi keuntungan yang banyak. Ac digital diganti dgn ac KOMPOR, head unit canggih diganti dengan head unit murahan, kalau mesin sih tdk apa apa karena kualitas bbm yang rendah, dashboard soft touch diganti dengan k*ramas, hilangnya eco assist, dan vsa. Hadeuuh damn you aftersales and marketing director hondanyg sekarang ini.

    • Maddog

      Kalo mau yg original, import aj bro, jdm bisa 300jtan

  • Fily

    Dan juga finishing yang ancurrrrrr

    • Kloopon

      Betul nih, orang indo jgn mau digoblokin produsen sini. Kualitas cat di balik bonnetnya hmnnn…keabisan cat ato apa yah. mau beli mobil jgn gara2 tampang bagus ato karena brand image, tp bener2 research ttg mesin, fitur, dan aksesorisnya. Buat apa bli mobil casingnya bagus tp dalemnya sama kyk mobil pickup?

  • Andy

    Wah, jadi banyak yang kecewa dengan Jazz baru ya..
    Semoga konsumen Indonesia semakin mengerti dengan kualitas suatu produk. Bukan hanya mengedepankan merk. Sehingga mobil-mobil yang berkualitas, dapat dihargai dengan semestinya.
    Namun tipe konsumen Indonesia pada umumnya dalam memilih kendaraan lebih mengutamakan akomodasi daripada fitur. Ini yang menyebabkan MPV sejuta umat bagus harga jual kembalinya. Bukan karna kualitasnya baik, tapi karna permintaannya banyak.

    • dimaz_13

      masyarakat awam di negeri ini masih lebih mementingkan merk dibanding value…. gak heran walau kualitas dan fitur semakin menurun tapi penjualan H dan T malah menanjak….

      • Sales_toyota

        Ngapa lu? Pusing sendiri? Bikin aj merk mobil dimaz 13

  • Fily

    Si hpm dan tam pantas jadi tukang sunat, untuk mazda indonesia jangan tiru kelakuan 2 atpm ini ya. 2 atpm ini maunya untung untung dan untung nanti jadi buntung baru rasa. Nyesal sy beli mobilio 🙁 (walaupun teknologi agak canggih). Sebenarnya banyak orang indonesia gila merek padahal kualitasnya biasa sj apalagi si honda hampir semua mobilnya pakai head unit murahan. Hello *onfis, tau nggak kualitas head unit murahan yg dipake honda, kualitasnya hancurr. Kalau mau jualan head unitnya harus canggih dan sekarang orang indonesia tau mana yg murahan tau mana yg canggih dan dashboard yg aslinya soft touch diganti dengan plastik yg bermerek k*ramas yang dibilang “bagus sekali” oleh si *onfis. Lihat itu crv masa airbagnya cuma 2 padahal standar globalnya itu 6 airbag, bagi yg kedinginan kenapa honda tdk menyediakan heater untuk pasar indonesia. Memang si *onfis yg memyebabkan kualitas dan durabilitas honda menjadi turun. Jika si *onfis tetap menjadi aftersales and marketing directornya honda maka kritikan dari konsumen, loyal customer, dan fanboy honda akan banyak, dan penilaian buruk dari reviewer independen terutama autonetmagz karena kualitas finishing yg ancur, dashboard k*ramas, dan minim fitur. Kami berharap si *onfis bisa bertaubat atau digantikan oleh orang baik yg suka memberi fitur yg berlimpah pd mobil honda juga dengan kualitas dashboard yang baik, dan melatih semua sales agar tidak menipu konsumen, dan servicenya bisa ditingkatkan dengan melatih tukang servicenya juga tidak memikirkan keuntungan dan penjualan yg besar. Ini merupakan pelajaran bagi semua atpm agar baik kepada konsumen indonesia dan tidak melakukan sunatan fitur untuk indonesia.

    • gtrr35

      Ga sekalian minta subwoofer + power?
      udah jelas2 mobilio mobil kelas LMPV, dan di kelas ini kaga ada yang bagus head unit nya. mau dikasi head unit integrated? atau yang ga ketauan merk aslinya?
      Lagipula minta yang mahal, canggih, atau yang murah sih? sebentar bilang kualitas sebentar bilang canggih, sebentar harga.

      Dashboard mobilio dan jazz softtouch? ada? semua mobilio dan jazz di seluruh dunia pake hardplastic, yes keras kaya batu, sama kaya dashbor pajero atau fortuner yg seharga 500jt an yang pake basis dan mesin truk pula, ga da yang komplain tuh, ngawur aja ini orang.
      most user jazz (bukan wannabe) udah ngerti produk dan harga nya, over priced? nope. ga seperti merk lain, yang paling laku, trim termahal jazz jomplang dengan trim di bawahnya, dan paling banyak mobil apa di kelasnya yang masi sisa spare budget mayan untuk didandanin lagi.
      CRV_EX USDM Dikasi 4 Airbag tapi ga pake foglamp dan masih 16″ pake dop, ntar situ komplain lagi.

    • carlovers

      yang komentar ini, jangan seenaknya ngatain perusahaan. don’t judge the book by the cover. ok, mungkin honda kualitasnya (menurut temen-temen) amburadul dll. tapi ada baiknya untuk gausah ngejek. buktinya honda dari dulu ada aja keunggulan yang (mungkin) ga dimiliki mobil lain.
      nb: gue bukan fanatik honda

  • yoseph

    Bravo Mazda Skyactive. Mayoritas org Ind memang(sorry)bodoh. Beli mobil hanya ikutan latah hanya beli logo doang. Blm beli udah mau jual’an.

  • Pudjo

    *onfis diganti ? ama siapa bro ? wong ortunya yg punya HPM.hehehehe….

    • Maddog

      Ganti sama saya, saya kasih bodykit modulo+mugen lengkap dan gratis, buildquality no.1 dan no sunat

  • eBar

    Saya udah dateng ke beberapa Mazda & semua salesnya bilang bahwa Mazda 2 ini ga bakal dapet paddleshifter & leather seats (dapetnya fabric)…

    • tim

      Wkt itu gw ke mazda bsd pas roadshow mazda 2 salesnya blg paddleshift ada, cuma kalo jok kulit mgkn hny di tipe tertinggi

    • Kloopon

      paddleshift ada pak

  • ali ghes

    Sebelum jazz keluar semua nge bangga”in. Giliran udah peluncuran, baru mencari kekurangan itu mobil. Begitu pun mazda, ini baru aja pemesenan, nanti ready januari 2015. Ga akan jauh mala kita cari kekurangan itu mobil. Ga perlu banyak comenin mobil orang, atau ngebanggain produk orang. Lagian konsumen yang merasakan kepuasan atau engga nya. Emang mazda 2 ini terlihat lebih elegan dibanding dengan jazz, wajar harga pun lebih mahal. Tapi orang pun punya pemilihan masing”, jadi ga perlu selalu belain mazda 2 atau pun jazz. Udah lah uang yang bicara, masih banyak lagian mobil yang lebih dari ini fitur nya. Jadi ga perlu diambil pusing. Situ punya uang berapa, dan ambil itu mobil. Ga perlu ribut masalah produk, toh yang nyipatain mobil bukan bocah kemarin sore. Wajar nama nya juga persaingan pasti ada lebih dan kurang nya.

  • johan

    Kayakny lebih sekelas jazz rs vs mazda2 tipe R, harga nya lebih sekelas. Kalo bandingin sama gt ya jelas unggul mazda2, harga nya aja beda 20jt. Apa lagi jazz uda ad diskon jadi beda 35jt . Heheh

  • Hendra

    Om onfis, ayo jgn mau kalah sm mazda. Banyak melayani dan memudahkan banyak pahala nya. Tidak melulu uang. Jadikan komentar2 kawan2 diatas ini sbg panduan anda jg.
    Ayoo ganti tromol ny dgn solid disc,kembalikan eco dan vsa ny, balikin sensor2 nya. Dan jgn turunin material quality dr dashboard nya.
    Tahun ini saya ingin memiliki mbl ini.
    Dont let us down, om

    • Maddog

      Kalo gitu jazznya 300jutaan

  • Hendra

    Utk teman2 semua, teruskan sharing ttg nilai/value yg baik ke semua pemakai mbl. Sharing anda2 smua sangat membantu. Terima kasih

  • Rommy

    gw awalnya udah mau SPK Gk5, eh pas liat Mazda 2 Skyaktiv langsung berubah 180 derajat, apalgi abis duduk di dalem..

    seandainya GK5 rem belakangnya cakram, ada eco button, dan ac digital, muungkin gw akan milih GK5.

  • stig

    Bener gan ane jg baru UPGRADE dari fortuner ke new fiesta ecoboost

    • Sales_toyota

      Bagusan fortuner, gengsi, ini apaan ford fiesta, mobil kerdil

  • immank

    Saya salah satu pengguna masda skyatif… da sangat nyukai disain mobil ini klo soal akselerasi ng ush ditanya lgi krna bila dibandingkan dengan honda jazz yg z punya pun mobil mazda sky aktiv jauh lebih menjanjikan kenyamana…..

  • bayu pradana

    yah gan emang semua kendaraan ada kelebihan dan kekurangan nya bijak dalam memilih mobil kebutuhan agan agan , tapi yang lebih penting jangan lupain fitur keselamatan juga , sejatinya semua sudah ada fitur keselamatan sih . oia sory ni spam siapa tau adda rekan agan yang mau beli mazda sky aktif nya kebetulan saya sales mazda dan ada discaunt terbaik untuk produksi 2014 karna yng 2015 engga ada discount hehehe kontak ane gan 081283057748

  • Saya masih bingung mau beli mazda 2 atau jazz..sy sih prefer mazda, cm sy masih ragu untuk spare part-nya, harganya mahal/tidak dan jg mudah di dapat/tidak y? TIA

  • yang mau m2 call me
    yang mau jazz call me
    cash credit bebas,,,

  • Karin

    Saya mau beli mazda 2 skyactiv , tapi masih bingung, karena katanya harus selalu pake pertamax plus, apa benar tidak boleh menggunakan premium sama sekali?

    • Hillarius Satrio

      pertamax aja cukup kali. yang bener aja mazda 2 skyactiv kasih premium, malu sama dompet

      • katrok

        Maklum om hill. Belinya kan maksain, pake kredit 5 thn.
        orang indo kan, bisanya beli mobilnya aja. Klo ngasih makannya ga sesuai 😀
        liat aja Alphard pun msh ada yg pake premium. Wkwkwkwkw

        • Yusak Natanael Manuputty

          Mobil itu yang penting bisa jalan, kalau gak bisa jalan trus di dorong, capeee dehhh,….hahaha bercana lagian serius amat…

  • Billy

    Jazz yg terbaik

  • Dio Abdala

    Prefer me jazz, soalnya Mobil gw tuh ?