Komparasi Mazda2 SkyActiv vs Honda Jazz RS : Japan vs Indonesia Car of The Year!

by  in Honda&Mazda&Nasional
Komparasi Mazda2 SkyActiv vs Honda Jazz RS : Japan vs Indonesia Car of The Year!
0  komentar
Cover-Komparasi-Mazda-2-GT-VS-Honda-Jazz-RS

Jakarta, AutonetMagz – Mungkin jika kita membandingkan Mazda2 SkyActiv dan Honda Jazz RS 2015 terbaru yang sama-sama mendapatkan Car of The Year di negara yang berbeda ini sangat menarik untuk dibahas, karena di Jepang Mazda2 SkyActiv terbaru ini mendapatkan predikat sebagai Japan Car of The Year dan Honda Jazz RS di Indonesia mendapatkan predikat sebagai Indonesia Car of The Year.

Dalam komparasi ini kita akan membandingkan dua buah varian tertinggi yaitu perbandingan Mazda 2 SkyActiv dan Honda Jazz RS. Kami sengaja tidak memasukan Honda Jazz Black Top Limited Edition karena mobil tersebut hanya dijual terbatas sebanyak 300 unit saja di Indonesia.

Desain

Baik Honda Jazz RS dan Mazda 2 SkyActiv terbaru memiliki desain yang sama-sama fresh, kedua desain baru ini sangat menarik untuk dibahas karena keduanya memiliki dua buah bahasa desain yang sangat berbeda diantara keduanya. Honda Jazz memiliki desain khas Honda keluaran terbaru yang memiliki bahasa desain Solid Wing Face seperti halnya Honda Civic hatchback. Sedangkan Mazda2 SkyActiv mendapatkan bahasa desain khas Mazda saat ini yang dinamakan Kodo Design.

Gambar-Honda-Jazz-2014-Terbaru

Baik Mazda 2 Skyactiv dan Honda Jazz RS sama-sama dibekali dengan tampilan eksterior yang menarik mulai dari pemilihan bentuk velg, detailing dan garis-garis bodi yang diberikan. Mazda2 Skyactiv tampil lebih clean dan memiliki garis bergelombang dibandingkan dengan Honda Jazz yang memiliki garis-garis lebih tajam dan tebal. Honda Jazz terlihat lebih besar meskipun sebenarnya eksteriornya lebih kecil dibandingkan dengan Mazda2 SkyActiv.

Kelebihan Mazda 2 baru 2014 SkyActiv

Honda Jazz RS memilik panjang 3.955 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.530 mm. Sedangkan Mazda2 SkyActiv memiliki panjang 4.062 mm, lebar 1.697 mm, tinggi 1.497 mm dan wheelbase 2.570 mm. Mazda2 SkyActiv lebih panjang dan sedikit lebih lebar, namun terlihat lebih kecil dari Honda Jazz karena memiliki bonnet yang lebih panjang. Sedangkan Honda Jazz lebih terlihat besar karena memiliki atap yang tinggi dan bonnet pesek seperti layaknya sebuah MPV.

Well, secara garis desain, baik Mazda2 SkyActiv dan Honda Jazz RS sebenarnya kembali ke selera masing-masing, dan selera saya sebagai penulis artikel ini saya lebih menyukai desain Mazda2 SkyActiv terbaru dibandingkan dengan Honda Jazz RS.

Interior

Masuk ke dalam interior Honda Jazz RS, kita akan menemukan dashboard yang sama persis dengan Honda City secara garis desain, namun untuk Honda Jazz kita akan mendapatkan pengurangan fitur dan pengurangan kualitas pengerjaan dan material dashboard yang digunakan. Kita akan menemukan plastik dashboard dan hasil pengerjaan tidak ubahnya sebuah Honda Brio Satya LCGC. Hanya saja desain dashboard Honda Jazz yang terlihat mewah dan rumit membuatnya terasa lebih baik.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-2015

Untungnya di Honda Jazz terbaru kita akan menemukan interior dengan tingkat kepraktisan yang sangat baik dari segi tempat penyimpanan barang, cup holder dan beberapa kepraktisan lainnya yang tidak akan bisa kita dapatkan di Mazda2. Begitupula dengan kelegaan ruang interior dan kecerdasan konfigurasi kursi yang sangat baik ini jauh sekali dibandingkan dengan Mazda 2 SkyActiv.

Posisi mengemudi dari Honda Jazz RS sangat nyaman karena telah dilengkapi dengan pengaturan tilt and telescopic steering, seatbelt and seat height adjuster serta penggunaan kursi yang sangat nyaman. Begitupula dengan ruang penumpang belakang dan bagasi belakang yang sangat besar sangat membantu.

Honda-Jazz-RS-Cruise-Control

Masuk ke dalam Interior Mazda2 SkyActiv terbaru ini kita akan menemukan dashboard yang di desain sangat minimalis dan terasa seperti bukan mobil Jepang. Seluruh desainnya dilakukan secara minimalis, rapi dan mendetail hingga bagian ventilasi AC. Kita tidak akan menemukan tombol yang berserakan seperti mobil-mobil canggih masa kini berkat penggunaan MZD Connect yang berfungsi seperti layaknya BMW i-Drive, hanya saja mobil ini memiliki layar sentuh.

Interior All New Mazda2 2014 SkyActiv

Kualitas pengerjaan dan pemilihan material mobil ini sangat baik, bahkan menaikan standar mobil di kelasnya karena sudah memiliki jok kulit dengan motif yang sporty dan dashboard yang dibekali dengan sentuhan kulit asli dengan jahitan berwarna merah. Di varian GT kita juga akan menemukan head up display diatas speedometernya yang membuat tampilan speedometer Honda Jazz RS terasa kuno, padahal desain speedometer Honda Jazz RS tergolong futursitik dibandingkan dengan Toyota Yaris.

Duduk di kursi pengemudi Mazda2 SkyActiv sama asyiknya seperti Honda Jazz, bahkan Mazda2 SkyActiv lebih manusiawi karena memiliki dashboard yang tidak sepanjang Honda Jazz dan visibilitas yang lebih baik karena kita tidak akan menemukan pilar A yang cukup tipis. Sepsasang paddle shift dibalik setir dan posisi duduk yang lebih rendah membuat mobil ini terasa lebih sporty.

Posisi duduk di jok kabin Mazda 2 SkyActiv 2015

Sayangnya ketika kita berbicara soal kelegaan kabin, kita tidak akan menemukan kabin yang sama lega dan cerdasnya seperti Honda Jazz RS meskipun secara ukuran eksterior Mazda2 SkyActiv lebih besar. Namun jika dibandingkan dengan pendahulunya, mobil ini lebih lega.

Fitur

Satu-satunya fitur yang tidak dimiliki Mazda2 SkyActiv pada Honda Jazz adalah fitur Cruise Control dan Ultra Seat yang sangat cerdas, sisanya mungkin bisa dibilang Honda Jazz kalah telak dari segi kemudahan mengemudi, keamanan dan kenyamanan.

Baik Honda Jazz RS dan Mazda2 SkyActiv sudah dilengkapi dengan paddle shifter, tilt and telescopic steering, LED DRL, LED headlights dengan auto leveling, Isofix Seat, Keyless Entry dengan start stop engine button, head unit dengan teknologi touch screen, koneksi USB, AUX, rem dengan ABS, EBD, BA dan dua buah airbags.

Setir-Honda-Jazz-Baru

Namun ketika kita bicara tentang keamanan berkendara, kita tidak akan menemukan Rain Sensor, Light Sensor, Stability Control, Hill Start Assist, Traction Control, Head up Display, MZD Connect, Emergency Stop Signal, Smart City Brake Support, Advanced Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert. Bahkan Honda Jazz RS tidak dibekali dengan sensor parkir dan koneksi Bluetooth.

Commander controller jog pada Mazda2 SkyActiv 2014

Namun fitur-fitur tersebut harus kita bayar lebih mahal hampir 20 juta dibandingkan dengan Honda Jazz RS yang dibanderol dengan harga 249 juta Rupiah. Mazda2 SkyActiv akan dibanderol dengan harga paling mahal 270 juta Rupiah OTR untuk tipe GT (Sampai sekarang belum ada harga resmi).

Performa

Honda Jazz RS terbaru ini memiliki mesin yang sama dengan Honda City dengan kode terbaru yaitu L15Z1 yang lebih ringan karena menggunakan beberapa komponen resin plastik. Tenaganya tetap 120 Ps dan torsi 145 Nm, hanya saja tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi automatic CVT yang biasanya tidak begitu responsif jika dibandingkan dengan transmisi matic konvensional.

Konsumsi Bahan Bakar BBM Honda Jazz 2014

Pengendalian Honda Jazz RS terbaru juga tidak semantap varian sebelumnya, kini Honda Jazz RS memiliki suspensi yang lebih lembut yang berimbas terhadap body roll yang lebih terasa dibandingkan dengan versi sebelumnya. Penggunaan EPS juga membuat setir mobil ini tidak senikmat versi sebelumnya meskipun masih tergolong fun-to-drive.

Mesin Mazda 2 SkyActiv baru 2015 Indonesia

Mazda2 SkyActiv kini memiliki mesin baru dengan teknologi SkyActiv meliputi mesin, transmisi, sasis dan body. Paket teknologi SkyActiv ini telah teruji pada Mazda CX-5, Mazda6 dan Mazda3 yang mampu memberikan performa dan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Mesin 1.500 cc SkyActiv dengan tenaga 110 Ps dan torsi 141 Nm ini memang lebih kecil dibandingkan dengan Honda Jazz RS, namun penggunaan transmisi automatic 6 percepatannya bisa jadi membuat mobil ini lebih cepat dibandingkan dengan Honda Jazz RS di pengujian.

Namun tidak baik berasumsi, karena toh kami belum menguji Mazda2 SkyActiv secara langsung.

Kesimpulan

Mazda2 SkyActiv merupakan penantang baru yang lebih canggih dan lebih mewah dan patut diperhitungkan oleh Honda Jazz sebagai rival utama selain Toyota Yaris. Namun Honda Jazz juga memiliki kelebihan dari segi dimensi interior dan harga banderol yang lebih murah dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv. Apalagi brand image Honda sudah lebih matang dibandingkan dengan Mazda yang baru beberapa tahun hadir di Indonesia karena pernah mati suri.

Lihat juga artikel komparasi Mazda2 SkyActiv vs Ford Fiesta Ecoboost dan Honda Jazz vs Yaris

Read Prev:
Read Next: