Komparasi : Ford Fiesta EcoBoost VS Mazda 2 SkyActiv GT

by  in Ford&Komparasi&Mazda
Komparasi : Ford Fiesta EcoBoost VS Mazda 2 SkyActiv GT
0  komentar
Cover-Komparasi-Mazda-2-GT-VS-Ford-Fiesta-EcoBoost
Jakarta, AutonetMagz – Akhirnya Ford Fiesta Ecoboost mendapatkan lawan yang seimbang di Indonesia, setelah sekian lama melenggang tanpa kompetitor yang seimbang dari segi teknologi, fitur dan kelengkapan. Mazda2 GT terbaru hadir di Indonesia dengan seperangkat teknologi canggih yang tidak kalah dengan Ford Fiesta Ecoboost.
Artikel komparasi ini dibuat dengan catatan bahwa penulis sudah pernah merasakan lebih jauh dengan Ford Fiesta Ecoboost baik tipe transmisi automatic dan manual, namun untuk Mazda2 SkyActiv kami hanya baru melihat dan masuk ke dalam interiornya tanpa melakukan test drive ke jalan raya. Untuk itu materi seputar riding, handling dan performance akan kami update sesuai dengan jangka waktu pengetesan Mazda2 Skyactiv lebih lanjut.
Desain
Ford Fiesta Ecoboost Indonesia Wallpaper
Ford Fiesta Ecoboost memiliki tampilan desain dengan gaya Kinetic desain sebagai konsep one global Ford, maka tidak heran jika tampilan depannya memiliki bentuk yang lebih galak dibandingkan dengan pendahulunya yang lebih kalem. Varian Ecoboost mendapatkan sedikit bodykit tambahan yang tidak begitu terlihat di bagian front and rear bumper finisher, puddle lamp dan illumination light di bagian interior, pada tipe non Ecoboost, fitur ini tidak akan ada temukan.
Harga Mazda2 SkyActiv baru 2014 Indonesia
Mazda2 Skyactiv memiliki tampilan eksterior yang jauh lebih fresh karena mobil ini merupakan mobil baru yang di desain dari awal. Jika sebelum Mazda2 memiliki basis yang sama dengan Ford Fiesta, maka di varian Mazda2 Skyactiv ini Mazda mencoba membuat mobil baru yang meninggalkan bayang-bayang Fiesta di masa lalunya.
 Fitur fitur Mazda 2 SkyActiv baru 2014
Well, mobil ini memang tidak dilengkapi dengan body kit tambahan sebagai pembeda antara varian tertinggi dan terendahnya. Tampilan luarnya hanya dibedakan oleh front headlights yang lebih advanced dengan LED DRL, projection headlamp lengkap dengan auto leveling dan light sensor. Dalam hal pencahayaan Mazda2 Skyactiv lebih unggul karena Ford Fiesta Ecoboost hanya dilengkapi dengan auto leveling dan light sensor saja.
Pembeda antara tipe Mazda2 Skyactiv lainnya ada pada velg yang lebih besar pada tipe tinggi dan bentuk grille yang berbeda untuk beberapa tipe. Tidak begitu banyak berubah, Begitupula dengan Ford Fiesta varian terendah dan tertingginya tidak begitu banyak mengalami ubahan eksterior.
Test drive New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter
Well, jika kita menilai dari segi desain, Mazda2 Skyactiv terlihat lebih outstanding karena jauh lebih segar. Sedangkan karena Ford Fiesta merupakan varian facelift, bentuknya terasa cukup membosankan terutama di bagian belakang. Namun bukan berarti tampilan Ford Fiesta jelek jika dipandang karena desain mobil ini masih mampu menjadi pusat perhatian.
Interior
Interior New Ford Fiesta 1.5 EcoBoost 2014
Masuk ke dalam interior Ford Fiesta, kita akan menemukan jok kulit yang didesain dengan model semi bucket yang mewah. Kombinasi jahitan, bahan kulit dan fabric yang seperti alcantara membuatnya tampil elegan sekaligus sporty. Kami sangat menyukai posisi duduknya
yang sangat nyaman dan memiliki pengaturan lengkap.Intrumen panel Ford Fiesta Ecoboost kini memiliki warna icy blue yang lebih nyaman dilihat, speedometer yang dinamis dengan model sporty juga mudah dibaca dan tidak terlihat kuno. Instrumen tengah dari Ford Fiesta Ecoboost juga memiliki kesan futuristik dengan berbagai tombol dan layar LCD kecil yang berada di bagian paling atas dashboard juga memberikan kesan canggih, apalagi ketika masuk ke dalam cara pengaturannya yang sangat advance dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.
Interior All New Mazda2 2014 SkyActiv
Sekarang bagaimana dengan Mazda2 SkyActiv? Well, ketika masuk ke dalam kabin Mazda2 Skyactiv mungkin anda akan terkejut ketika melihat interiornya yang berbanding terbalik dengan Ford Fiesta Ecoboost. Jika Diesta memiliki dashboard yang dipenuhi dengan banyak tombol, maka anda akan menemukan sangat sedikit tombol di mobil ini, bahkan tombol di setir terasa lebih ramai dibandingkan dashboard.Jika Fiesta meletakan monitornya jauh ke ujung dashboard seperti i-Drive BMW, Mazda2 Skyactiv justru menempatkannya di bagian paling depan dashboard seperti mengambang, posisi layar tersebut mengingatkan kita akan interior Mercedes Benz A Class.
Meskipun begitu ketika kami duduk di kursi pengemudi, kami menemukan posisi duduk yang sama sportynya seperti Ford Fiesta Ecoboost. Hanya saja Mazda2 Skyactiv lebih driver oriented ketimbang Fiesta Ecoboost, karena kita akan menemukan paddle shift dan speedometer dengan head up display modern di varian tertingginya.
Posisi duduk di jok kabin Mazda 2 SkyActiv 2015
Hal menarik yang kami temukan di Mazda2 SkyActive GT, kita akan menemukan detailing yang sangat baik mulai dari penggunaan bahan kulit dengan jahitan merah pada bagian dashboard, intrumen-intrumen seperti tombol Mazda Connect dan ventilasi AC di desain sangat cantik seperti layaknya mobil premium. Terakhir, fitur layar touch screen berwarna juga terlihat lebih advanced dibandingkan dengan layar Ford Fiesta yang masih menggunakan monochrome.
Secara interior, Mazda2 terlihat lebih advanced dibandingkan dengan Ford Fiesta Ecoboost, namun perlu diingat juga bahwa Ford Fiesta Ecoboost memiliki interior yang lebih praktis karena memiliki tempat penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv GT.
Fitur
Ford Fiesta Ecoboost MID
Berbicara fitur, kedua mobil ini memiliki banyak fitur berlimpah di varian Mazda2 Skyactiv GT dan Ford Fiesta Ecoboost. Mari kita mulai dari fitur yang sudah ada di kedua mobil ini.Kedua mobil ini telah dilengkapi dengan stability control, traction control, hill start assist, dual airbags, keyless entry with start/stop engine button, leather semi bucket seat, light sensor, rain sensor, retractable mirror, rear parking sensor, immobilizer, Dual airbags, ABS dan EBD. Terlihat sangat banyak bukan? Well, itulah mengapa kami bilang selama ini Ford Fiesta belum memiliki lawan sebanding jika kita komparasi dengan Jazz dan Yaris.
Fitur yang ada pada Ford Fiesta Ecoboost namun tidak ada di Mazda2 Skyactiv antara lain adalah Microsoft SYNC, puddle lamp, illumination lamp interior dan lubang tangki bensin cerdas seperti mobil Formula.
Commander controller jog pada Mazda2 SkyActiv 2014
Nah sekarang bagaimana dengan fitur Mazda2 Skyactiv GT? Nah ini bagian yang paling kami sukai, Mazda2 Skyactiv telah dilengkapi dengan fitur i-active sense yang terdiri dari Advanced Blind Spot Monitoring, emergency stop signal, Rear cross traffic alert dan smart city brake support. Fitur lainnya, Mazda2 Skyactiv GTmemiliki lampu depan dengan LED projection headlamp dan LED DRL, sports mode, paddle shifter, head up display, head unit touchscreen ala i-drive BMW. Sangat menarik bukan? Rasanya seperti fitur Mazda6 dipindahkan ke Mazda2 terbaru ini.
Well secara fitur, Mazda2 Skyactiv adalah yang terlengkap dan teraman di kelasnya, namun ingat juga mobil ini dibanderol dengan harga lebih mahal 14 juta dibandingkan dengan Ford Fiesta Ecoboost, sehingga jika kita bandingkan secara harga, Ford Fiesta Ecoboost masih terasa sangat value for money.
Mesin
Mazda2 Skyactiv dibekali dengan mesin 1.500 cc Skyactiv berkompresi tinggi bertenaga 110 Ps dan torsi 141 Nm. Mobil di claim lebih irit dibandingkan dengan pendahulunya dan dipasangkan dengan transmisi 6 percepatan automatic dan 6 percepatan manual.
Mesin Mazda 2 SkyActiv baru 2015 Indonesia
Ford Fiesta Ecoboost tentunya jauh lebih advanced karena mesin 1.000 cc pemenang Engine of the year 3 kali berturut-turut sudah membuktikan performanya yang luar biasa kepada penulis. Tenaga 125 PS dan torsi linear 170 Nm dari putaran mesin 1.400 hingga 4.500 Nm terasa sangat menjanjikan bila dibandingkan dengan kompetitornya.
Ford Fiesta Ecoboost mesin
Well, kami yakin Ford Fiesta jauh lebih unggul dari segi performa baik transmisi automatic dan manual yang digunakannya. Bahkan kami merasa Ford Fiesta tipe S 1.500 cc adalah lawan yang tepat bagi Mazda2 SKyactiv GT karena memiliki output tenaga mesin yang berbeda tipis. Untuk mesin 1.500 cc non Ecoboost Ford Fiesta S dibekali dengan mesin bertenaga 112 PS dan torsi 140 Nm, lebih besar 2 Ps dari segi tenaga, namun torsinya lebih kecil 1 Nm dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv. Sedangkan untuk kelengkapan, Ford Fiesta Tipe S masih sama dengan Ford Fiesta Ecoboost.
Akomodasi
Baik dari Ford Fiesta Ecoboost dan Mazda2 Skyactiv GT di desain sebagai mobil sub compact hatchback yang kompak, tidak mengalami pembengkakan ukuran seperti kompetitor lainnya, baik dari Ford Fiesta Ecoboost dan Mazda2 Skyactiv menurut kami memiliki ruang interior depan, belakang dan bagasi yang tidak jauh berbeda.
Kesimpulan
Kelebihan Mazda 2 baru 2014 SkyActiv
Berkat Mazda2 Skyactiv GT, akhirnya Ford Fiesta Ecoboost memiliki lawan seimbang yang sama-sama memiliki teknologi canggih di kelasnya. Ford Fiesta unggul dari segi mesin, kepraktisan dan harga yang lebih bersahabat dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv.
Ford Fiesta Ecoboost test drive
Sedangkan tidak ayal lagi Mazda2 Skyactiv unggul dari segi eksterior, interior dan fitur. Namun perlu diingat juga harga banderolnya yang masih abu-abu karena Mazda belum mengumumkan harga resminya, menurut release Mazda, Mazda2 Skyactiv akan dibanderol dengan harga mulai 220 juta Rupiah hingga 270 juta Rupiah. So, jika Mazda2 Skyactiv dibanderol dengan harga 270, sepertinya Ford Fiesta Ecoboost akan menjadi pilihan yang lebih menarik karena lebih value for money. Tapi jika kamu memiliki uang lebih, kenapa tidak untuk Mazda2 Skyactiv?
Read Prev:
Read Next:
  • Michael

    ini baru artikel yang gw tunggu-tunggu

    karena 2 mobil hatchback ini bener2 menaikan kasta dari compact hatchback itu sendiri. mantappppppp (Y)

  • Michael

    kalo di garasi ada mazda 2 skyactiv dan ford fiesta ecoboost, bahagia banget rasanya

    • Yusak Natanael Manuputty

      ada duitnya dulu lebih bahagia kaliiii…wkwkwkwk

  • carlovers

    kalo gue lebih suka mazda 2 skyactiv, karena teknologi lebih baru, desain lebih baru n lebih cakep, apalagi produk jepang sekarang lebih bagus daripada produk USA

    • Michael

      setuju..
      ngeliat interiornya mazda 2 skyactiv aja, wowwww uda ngiler.. mewah, futuristik, dan modern banget.

  • Rafi M.P

    Gue mulai berpikir tentang i-ACTIVESENSE Mazda, soalnya di Indonesia mayoritas lalu lintas kota dipenuhi motor. Jadi ketika mobil yg pake teknologi ini (All New Mazda2 dan Mazda6) takutnya fitur ini salah persepsi yg ujung2nya kecelakaan gara2 motor. Gimana?

    • Hillarius Satrio

      sejauh ini belum terdengar kabar adanya kecelakaan sepeda motor akibat mobil mobil Mazda yang mengadopsi fitur i-Activesense, dan semoga tidak ada

      • Ryandika

        Ya iya lah belum ada.. orang belum dijual di indonesia.. kan yang di ragukan efektifitas fitur tsb di indonesia khusus nya di Jakarta yang mana ada ruang dikit pasti motor nyelonong…

    • tim

      i-Activsense justru bermanfaat, cnth klo misal lagi macet trus kita lagi ngelamun tau” di dpn ngerem mobilnya bisa berenti sendiri, tpi fitur” i-Activsense bisa dimatiin juga dari tombol” di sebelah kanan setir

    • Saran nih abang2 autonet…

      mgkin bs di perjelas lg ttg fitur2 canggihnya mazda2 skyaktiv ini kl mgkin mw ngerivew versi puasnya..tentunya dg pembahasan ala autonet versi bang hanif yg lugas n ceplas ceplos..hehehe..#sory bang

      overall autonet jagonya ngerivew deh…sukses bwt semua crewnya…#btwitu anak magang udah dpet ijin jd crew tetap blm yak??

  • Ifan

    Bang bukannya tenaga 115 ps n torsi 148nm?? Sumber : brosur pdf mazda2 indonesia

    • Ridwan Hanif

      jadi hari pertama IIMS brosurnya pakai spek thailand, pas product presentation di hari ke 2 IIMS, ternyata tenaga mesin sama torsinya di revisi, kemungkinan besar karena menyesuaikan sama BBM sini

  • tim

    Brarti udh ketawan skrg klo org bli jazz atw yaris cuma mentingin hrg jual sama yg pasti brand minded

    • be3nkz

      Mau mentingin apa juga terserah yang beli lah, ngapain diributin #GwNggaPunyaJazzatauYaris

    • Avriee Zheng

      Yaelaaah… ngapain ngurusin orang mas :p
      Paling kalau dikasih Jazz atau Yaris juga diterima.. wkwkwk

      • Jongjit

        wkwkwkwk…. setubuh eh setuju gan.. Orang memilih / membeli mobil kan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristiknya… Gak perlu ngurusin orang mau beli apa, wong pake duitnya sendiri kok.. #gapunyahatchback_mpvajabisamuatbanyak

        • Yusak Natanael Manuputty

          Dikasih Jazz atau Yaris gue gak mau terima….soalnya gue tanya dulu udah lunas atau belum….wkwkwkwk

  • rj

    Ditunggu artikel review engine mazda 2 skyactiv nya masbro. Moga2 tahun 2015, kalo mazda 2 skyactiv ini udah resmi di bawa ke indonesia, uang tabungan dah cukup untuk memboyong pulang mobil ini ke garasi rumah. Penasaran sama review engine nya..

  • Adiet

    Duhh coba farian tertinggi (GT) dipakein body add on, pasti makin sempurna banget tuh *ngiler*

    • ironic

      mudah2an nanti ada yg bikin bodykit nya hazumi

      • Setuju mang…btw hazumi bakal ninggalin jejak di indonesia kaga ye…atw malah ada yg stay di indo…

  • Ranggi Alvian

    Boleh rakat sedikit om, “puddle lamp dan illumination light di bagian interior, pada tipe non Ecoboost, fitur ini tidak akan ada temukan.” Ane sebagai pengguna ffs 1.5 memiliki fitur puddle lamp dan illumination light gan. Trus fiesta ecoboost belum auto leveling, meskipun begitu ane msh berharap bisa tuker tambah sama ekobos. Mazda 2 masih kalah di mesin dan tuas sein masih di kanan, fiesta di kiri (rasa eropah) hahahah… Sekian cmiiw

    • alvin

      “Mazda 2 masih kalah di mesin dan tuas sein masih di kanan, fiesta di kiri (rasa eropah)” kalo mazda 2 kalahnya itu doang, tapi soal tuas sein sama aja. tapi mazda 2 menang fitur sama working quality. mobil di bawah 300 juta audioya udah canggih banget.

  • rizky

    kalau artikel all new toyota yaris TRD asia vs all new mazda2 Skyactiv GT gimana ya…? soalnya gua lagi bingung mau milih Hatchback sekelas yaris, mazda2, jazz, aveo, rio, swift, fiesta kalau ada diartikelin semuana biar lebih mantap…

  • Ranggi

    1. Mazda skyactive GT (wajah segar, fitur terlengkap di kelasnya, interior eropa bgt, irit)
    2. Fiesta ecoboost (fitur melimpah, harga jatuh, mesin terbaik dunia 3 tahun berturut2)
    3. New Jazz dan New Yaris (beda tipis tergantung selera)
    4. Swift (manis, imut(?), irit, sporty, suspensi empuk)
    5. Rio (model eropa bgt, tp interior std, irit)
    6. Aveo (tidak jelas arahnya, tp model sporty) itu menurut pendapat saya, no offense ya

    • Rafi M.P

      Jangan lupa, Swift paling value for money karena fiturnya udah lengkap harganya terjangkau lagi 😀

  • dui

    Setelah sekian lama berfikir & merenung, ternyata bahagia itu sederhana ya, punya Ford fiesta ecoboost & Mazda 2 Skyactv nongkrong digarasi rumah, rumahnya kaya istana, Di istana itu ada sang Raja (tentunya gw) dan permaisurinya Raisha.

  • Angga

    kalao denger cerita yang pake fiesta sepertinya seram banget kerewelannya mobilnya. Dalam keadaan jalanan macet, ecoboost atau mesin turbo kebykan juga secara praktik tidak irit irit amat apalagi glitik2nya matic DCTnya ford itu. Keliahatannya masih mending mazda2.

    • arul

      iya juga nih ane baca2 jg dari user fiesta ada beberapa masalah di mesinnya, kalo stop and go ecoboost gak enak, kalo jalan lancar sih emang OK banget tarikannya. belum lagi masalah TCM kalo rusak gantinya mahal banget bisa sampe 14jt. keknya masih mending mazda, tadinya sih masih nabung buat minang ecoboost tapi serem denger cerita2 dari user fiesta. kayaknya lebih condong ke mazda aja

  • dev

    mendingan mazda 2 baru daripada fiesta. build quality bagus (sama aja sih), audio lebih advanced, interior luas, fun to drive lagi (mirip-mirip fiesta ecoboost). selain itu dealernya bersih, rapi lagi.

  • Fuzuli

    Bro.. Dari secara keseluruhan mendingan yg mana nih ? Gue udh nyobain keduanya memang ad kelebihan dan kekurangan masig2 sih.. Klo dibanding swift mendingan mana ?

  • patrick

    Mazda2 aja dgn segudang fitur dan teknologi. Kgk nyesel…ane ambil GT meski dulu anti mazda…

  • juragan

    Bro klo soal kelegaan kabin penumpang diantara 2 ini mana yg menang?

    • Daffa

      Ane pemilik Mazda2 type R. yg ane rasa ini mobil canggih bgt,apa lg yg type GT gan hehehe..fitur dan teknologinya melimpah. finishing dan material oke banget..yg paling ane suka pedal gasnya yg ga bikin pegel ketika jalan jauh beda ma mobil sebelum ane

      • juragan

        sorry bro yg ane tanya kelegaan kabinnya (2nd row) doang diantara 2 ini.

        gw udah tau dua2nya sempit.. tapi which one is better
        ane pengen tau

        • wowkeren

          Lebih lega yang mana? Saya jelasin dulu. Kalo mazda 2 itu lebih driver oriented daripada fiesta, jadi agak sempit ruang duduknya. Jadi kalo mau lega ambil fiesta aja, atau kalo ga pikirin sunatan fitur dllambil jazz aja yang lebih lega lagi

  • arief

    mas hanif deep review komparasinya mazda 2 dua kurang klimaks…… nice review

  • xplorette

    agan2 sekedar info.. ambil yg GT aja.. NIK 2014 dapet diskon 20jt ☺☺☺☺☺. Bahagia bener deh.. ambil mazda2 GT gara2 reviewnya ridwan.. harusnya km dpt komisi dr mazda ridwan

  • Yusak Natanael Manuputty

    Bingung mau beli yang mana, dua-duanya sama-sama bagus….mendua memang sulit menentukan pilihan…betul gak…hehhehe

    • wowkeren

      Kalo mau fitur lebih banyak sama model yang lebih baru,ambil mazda 2 bro. Kalo mau ngerasain mesin terbaik sama lebih nyaman buat penumpang, ambil fiesta aja.

  • Lily

    Saya lg mempertimbangkan utk beli new fiesta atau mazda2 new. Kmrn saya masuk ke mobilnya, utk fiesta saya dpt kesan premium feel, ketika saya masuk mazda 2 walaupun fiturnya ok tp saya ga mendapat kesan premium feel dari bahan interior yg dipakai, looks cheap. Setelah saya google, tnyata banyak review yg menyatakan material interior mazda 2 terkesan cheap, dan fiesta mobil hatchback memang dipuji krn bahan material interior yg premium. Jd nya skrg agak pro ke fiesta pdhl fitur mazda2 so tempting.Tp mau nunggu iims bln agustus nanti

    • Pravatnia Zakhova

      Hahahah, ngak tebalik? Itu Mazda 2 skyactive yg anda bilang look cheap Menerima Award Best Hatchback Car 2014 DAN 2015 berturut2 lho! Di jepang sendiri The Best Car 2014! Well you haven’t tested you can’t feel it!

      • Lily

        Secara keseluruhan emang mazda2 new oke bgt kok, fiturnya keren, mungkin krn itu menerima award terbaik. Cm 1 mobil pasti tdk menang semua aspek, ketika masuk ke interior, premium feel nya ga sy dpt. Beda pas masuk ke ford kerasa bgt premium feelnya. N cek di google, bnyk review yg blg materialnya kyk cheap. Krn memang fitur mazda2 new mantap bgt, mangkana saya msh binun apakah memilih mazda2 yg lengkap tp dgn feel yg ga sy dpt, or beli fiesta new yg ga selengkap mazda2 new tp saya dpt feel bahan interior premium. Btw Fiesta 2014 itu dpt pujian mobil hatchback dgn kualitas bahan interior yg bagus (setidaknya itu yg saya baca)

        • Pravatnia Zakhova

          Try google and search with keyword “Mazda 2 skyactiv award” then you will see lots of award from else. Check on Germany Golden Steering Wheel award. Well if thats not enough then good luck on your choice.

          • Muhammad Reza Pahlevi

            Yaya

  • Bruce Wayne

    kenapa ford fiesta di indonesia headlamp nya blm ada projector nya ya? sedangkan fiesta di negara lain ada