Komparasi : Ford Fiesta EcoBoost VS Mazda 2 SkyActiv GT

by  in Ford&Komparasi&Mazda
Komparasi : Ford Fiesta EcoBoost VS Mazda 2 SkyActiv GT
0  komentar
Cover-Komparasi-Mazda-2-GT-VS-Ford-Fiesta-EcoBoost
Jakarta, AutonetMagz – Akhirnya Ford Fiesta Ecoboost mendapatkan lawan yang seimbang di Indonesia, setelah sekian lama melenggang tanpa kompetitor yang seimbang dari segi teknologi, fitur dan kelengkapan. Mazda2 GT terbaru hadir di Indonesia dengan seperangkat teknologi canggih yang tidak kalah dengan Ford Fiesta Ecoboost.
Artikel komparasi ini dibuat dengan catatan bahwa penulis sudah pernah merasakan lebih jauh dengan Ford Fiesta Ecoboost baik tipe transmisi automatic dan manual, namun untuk Mazda2 SkyActiv kami hanya baru melihat dan masuk ke dalam interiornya tanpa melakukan test drive ke jalan raya. Untuk itu materi seputar riding, handling dan performance akan kami update sesuai dengan jangka waktu pengetesan Mazda2 Skyactiv lebih lanjut.
Desain
Ford Fiesta Ecoboost Indonesia Wallpaper
Ford Fiesta Ecoboost memiliki tampilan desain dengan gaya Kinetic desain sebagai konsep one global Ford, maka tidak heran jika tampilan depannya memiliki bentuk yang lebih galak dibandingkan dengan pendahulunya yang lebih kalem. Varian Ecoboost mendapatkan sedikit bodykit tambahan yang tidak begitu terlihat di bagian front and rear bumper finisher, puddle lamp dan illumination light di bagian interior, pada tipe non Ecoboost, fitur ini tidak akan ada temukan.
Harga Mazda2 SkyActiv baru 2014 Indonesia
Mazda2 Skyactiv memiliki tampilan eksterior yang jauh lebih fresh karena mobil ini merupakan mobil baru yang di desain dari awal. Jika sebelum Mazda2 memiliki basis yang sama dengan Ford Fiesta, maka di varian Mazda2 Skyactiv ini Mazda mencoba membuat mobil baru yang meninggalkan bayang-bayang Fiesta di masa lalunya.
 Fitur fitur Mazda 2 SkyActiv baru 2014
Well, mobil ini memang tidak dilengkapi dengan body kit tambahan sebagai pembeda antara varian tertinggi dan terendahnya. Tampilan luarnya hanya dibedakan oleh front headlights yang lebih advanced dengan LED DRL, projection headlamp lengkap dengan auto leveling dan light sensor. Dalam hal pencahayaan Mazda2 Skyactiv lebih unggul karena Ford Fiesta Ecoboost hanya dilengkapi dengan auto leveling dan light sensor saja.
Pembeda antara tipe Mazda2 Skyactiv lainnya ada pada velg yang lebih besar pada tipe tinggi dan bentuk grille yang berbeda untuk beberapa tipe. Tidak begitu banyak berubah, Begitupula dengan Ford Fiesta varian terendah dan tertingginya tidak begitu banyak mengalami ubahan eksterior.
Test drive New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter
Well, jika kita menilai dari segi desain, Mazda2 Skyactiv terlihat lebih outstanding karena jauh lebih segar. Sedangkan karena Ford Fiesta merupakan varian facelift, bentuknya terasa cukup membosankan terutama di bagian belakang. Namun bukan berarti tampilan Ford Fiesta jelek jika dipandang karena desain mobil ini masih mampu menjadi pusat perhatian.
Interior
Interior New Ford Fiesta 1.5 EcoBoost 2014
Masuk ke dalam interior Ford Fiesta, kita akan menemukan jok kulit yang didesain dengan model semi bucket yang mewah. Kombinasi jahitan, bahan kulit dan fabric yang seperti alcantara membuatnya tampil elegan sekaligus sporty. Kami sangat menyukai posisi duduknya
yang sangat nyaman dan memiliki pengaturan lengkap.Intrumen panel Ford Fiesta Ecoboost kini memiliki warna icy blue yang lebih nyaman dilihat, speedometer yang dinamis dengan model sporty juga mudah dibaca dan tidak terlihat kuno. Instrumen tengah dari Ford Fiesta Ecoboost juga memiliki kesan futuristik dengan berbagai tombol dan layar LCD kecil yang berada di bagian paling atas dashboard juga memberikan kesan canggih, apalagi ketika masuk ke dalam cara pengaturannya yang sangat advance dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.
Interior All New Mazda2 2014 SkyActiv
Sekarang bagaimana dengan Mazda2 SkyActiv? Well, ketika masuk ke dalam kabin Mazda2 Skyactiv mungkin anda akan terkejut ketika melihat interiornya yang berbanding terbalik dengan Ford Fiesta Ecoboost. Jika Diesta memiliki dashboard yang dipenuhi dengan banyak tombol, maka anda akan menemukan sangat sedikit tombol di mobil ini, bahkan tombol di setir terasa lebih ramai dibandingkan dashboard.Jika Fiesta meletakan monitornya jauh ke ujung dashboard seperti i-Drive BMW, Mazda2 Skyactiv justru menempatkannya di bagian paling depan dashboard seperti mengambang, posisi layar tersebut mengingatkan kita akan interior Mercedes Benz A Class.
Meskipun begitu ketika kami duduk di kursi pengemudi, kami menemukan posisi duduk yang sama sportynya seperti Ford Fiesta Ecoboost. Hanya saja Mazda2 Skyactiv lebih driver oriented ketimbang Fiesta Ecoboost, karena kita akan menemukan paddle shift dan speedometer dengan head up display modern di varian tertingginya.
Posisi duduk di jok kabin Mazda 2 SkyActiv 2015
Hal menarik yang kami temukan di Mazda2 SkyActive GT, kita akan menemukan detailing yang sangat baik mulai dari penggunaan bahan kulit dengan jahitan merah pada bagian dashboard, intrumen-intrumen seperti tombol Mazda Connect dan ventilasi AC di desain sangat cantik seperti layaknya mobil premium. Terakhir, fitur layar touch screen berwarna juga terlihat lebih advanced dibandingkan dengan layar Ford Fiesta yang masih menggunakan monochrome.
Secara interior, Mazda2 terlihat lebih advanced dibandingkan dengan Ford Fiesta Ecoboost, namun perlu diingat juga bahwa Ford Fiesta Ecoboost memiliki interior yang lebih praktis karena memiliki tempat penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv GT.
Fitur
Ford Fiesta Ecoboost MID
Berbicara fitur, kedua mobil ini memiliki banyak fitur berlimpah di varian Mazda2 Skyactiv GT dan Ford Fiesta Ecoboost. Mari kita mulai dari fitur yang sudah ada di kedua mobil ini.Kedua mobil ini telah dilengkapi dengan stability control, traction control, hill start assist, dual airbags, keyless entry with start/stop engine button, leather semi bucket seat, light sensor, rain sensor, retractable mirror, rear parking sensor, immobilizer, Dual airbags, ABS dan EBD. Terlihat sangat banyak bukan? Well, itulah mengapa kami bilang selama ini Ford Fiesta belum memiliki lawan sebanding jika kita komparasi dengan Jazz dan Yaris.
Fitur yang ada pada Ford Fiesta Ecoboost namun tidak ada di Mazda2 Skyactiv antara lain adalah Microsoft SYNC, puddle lamp, illumination lamp interior dan lubang tangki bensin cerdas seperti mobil Formula.
Commander controller jog pada Mazda2 SkyActiv 2014
Nah sekarang bagaimana dengan fitur Mazda2 Skyactiv GT? Nah ini bagian yang paling kami sukai, Mazda2 Skyactiv telah dilengkapi dengan fitur i-active sense yang terdiri dari Advanced Blind Spot Monitoring, emergency stop signal, Rear cross traffic alert dan smart city brake support. Fitur lainnya, Mazda2 Skyactiv GTmemiliki lampu depan dengan LED projection headlamp dan LED DRL, sports mode, paddle shifter, head up display, head unit touchscreen ala i-drive BMW. Sangat menarik bukan? Rasanya seperti fitur Mazda6 dipindahkan ke Mazda2 terbaru ini.
Well secara fitur, Mazda2 Skyactiv adalah yang terlengkap dan teraman di kelasnya, namun ingat juga mobil ini dibanderol dengan harga lebih mahal 14 juta dibandingkan dengan Ford Fiesta Ecoboost, sehingga jika kita bandingkan secara harga, Ford Fiesta Ecoboost masih terasa sangat value for money.
Mesin
Mazda2 Skyactiv dibekali dengan mesin 1.500 cc Skyactiv berkompresi tinggi bertenaga 110 Ps dan torsi 141 Nm. Mobil di claim lebih irit dibandingkan dengan pendahulunya dan dipasangkan dengan transmisi 6 percepatan automatic dan 6 percepatan manual.
Mesin Mazda 2 SkyActiv baru 2015 Indonesia
Ford Fiesta Ecoboost tentunya jauh lebih advanced karena mesin 1.000 cc pemenang Engine of the year 3 kali berturut-turut sudah membuktikan performanya yang luar biasa kepada penulis. Tenaga 125 PS dan torsi linear 170 Nm dari putaran mesin 1.400 hingga 4.500 Nm terasa sangat menjanjikan bila dibandingkan dengan kompetitornya.
Ford Fiesta Ecoboost mesin
Well, kami yakin Ford Fiesta jauh lebih unggul dari segi performa baik transmisi automatic dan manual yang digunakannya. Bahkan kami merasa Ford Fiesta tipe S 1.500 cc adalah lawan yang tepat bagi Mazda2 SKyactiv GT karena memiliki output tenaga mesin yang berbeda tipis. Untuk mesin 1.500 cc non Ecoboost Ford Fiesta S dibekali dengan mesin bertenaga 112 PS dan torsi 140 Nm, lebih besar 2 Ps dari segi tenaga, namun torsinya lebih kecil 1 Nm dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv. Sedangkan untuk kelengkapan, Ford Fiesta Tipe S masih sama dengan Ford Fiesta Ecoboost.
Akomodasi
Baik dari Ford Fiesta Ecoboost dan Mazda2 Skyactiv GT di desain sebagai mobil sub compact hatchback yang kompak, tidak mengalami pembengkakan ukuran seperti kompetitor lainnya, baik dari Ford Fiesta Ecoboost dan Mazda2 Skyactiv menurut kami memiliki ruang interior depan, belakang dan bagasi yang tidak jauh berbeda.
Kesimpulan
Kelebihan Mazda 2 baru 2014 SkyActiv
Berkat Mazda2 Skyactiv GT, akhirnya Ford Fiesta Ecoboost memiliki lawan seimbang yang sama-sama memiliki teknologi canggih di kelasnya. Ford Fiesta unggul dari segi mesin, kepraktisan dan harga yang lebih bersahabat dibandingkan dengan Mazda2 Skyactiv.
Ford Fiesta Ecoboost test drive
Sedangkan tidak ayal lagi Mazda2 Skyactiv unggul dari segi eksterior, interior dan fitur. Namun perlu diingat juga harga banderolnya yang masih abu-abu karena Mazda belum mengumumkan harga resminya, menurut release Mazda, Mazda2 Skyactiv akan dibanderol dengan harga mulai 220 juta Rupiah hingga 270 juta Rupiah. So, jika Mazda2 Skyactiv dibanderol dengan harga 270, sepertinya Ford Fiesta Ecoboost akan menjadi pilihan yang lebih menarik karena lebih value for money. Tapi jika kamu memiliki uang lebih, kenapa tidak untuk Mazda2 Skyactiv?
Read Prev:
Read Next: