Komparasi-Jazz-VS-Yaris

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Yaris yang baru saja mendapatkan model baru dengan tampang yang jauh lebih agresif nampaknya tidak bisa terlalu lama menikmati kue di pasar sub-compact ini, pasalnya Honda Jazz 2014 diluncurkan tidak lama setelah Toyota Yaris mendapatkan generasi terbaru dengan tampilan yang tidak kalah agressif bila dibandingkan dengan Toyota Yaris model terkini. Nah, bagaiman komparasi antara kedua mobil ini? AutonetMagz akan membahas secara komprehensif berdasarkan first impression review Honda Jazz RS dan Toyota Yaris TRD Sportivo yang kami bahas sebelumnya.

Eksterior

Toyota memberikan effort lebih untuk membuat Toyota Yaris terbaru, karena mobil ini diciptakan khusus untuk pasar Asia. Berbeda dengan Honda Jazz generasi terbaru yang dibuat seragam di seluruh dunia meskipun memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap negara.

Kedua mobil ini memiliki tampilan yang lebih agresif dibandingkan dengan pendahulunya yang terlihat lebih manis, sayangnya tidak semua orang akan menyukai tampilan yang terlalu agresif kedua mobil ini, sehingga unsur selera individu sangat menentukan dalam menilai desain eksterior mobil ini.

Toyota Yaris 2014 TRD Sportivo

Mari kita mulai dengan Toyota Yaris TRD Sportivo, di varian TRD Sportivo, mobil ini memiliki body kit tambahan dibandingkan dengan tipe yang berada di bawahnya. Unsur-unsur modern diberikan lewat lampu utama dengan projection headlamp dan LED DRL di bagian bumper depan mobil ini, namun sayangnya LED DRL yang disematkan seperti lampu LED aftermarket yang mudah ditempel sebagai aksesori tambahan.

Toyota Yaris 2014 rear

Body kitnya yang landai membuatnya seperti menyapu jalan, bentuk belakang yang di desain ciamik membuat kami merasa tampilan belakangnya lebih cantik dibandingkan dengan model sebelumnya. Secara keseluruhan, Toyota Yaris TRD Sportivo ini terlihat lebih original seperti layaknya hatchback pada umumnya, tidak membulat-bulat seperti Yaris versi lawas, Toyota mencoba kembali mengingatkan kita akan Toyota Starlet yang pernah melegenda pada era 90-an di Indonesia.

Mari kita melihat bagaimana Honda meracik Honda Jazz RS. Honda mencoba memberikan rona solid wing face pada wajah Honda Jazz terbaru, sehingga dari depan mengingatkan kita akan Honda Civic Hatchback yang identik dengan Civic Type R.

Wallpaper-Honda-Jazz-Terbaru-Indonesia

Honda mencoba memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan Toyota Yaris pada wajah depan mobil ini, karena kita tidak hanya akan menemukan LED DRL stripe yang terletak disamping foglamp, karena Honda sudah membekali Honda Jazz terbaru dengan lampu utama LED lengkap dengan auto leveling, canggih!

Honda Jazz 2014 tipe S matik

Namun melihat sisi belakang Honda Jazz, kami melihat ada sesuatu yang janggal disini. Entah kenapa bentuk barunya membuat Honda Jazz tampak sedikit cingkrang seperti Mitsubishi Mirage yang kurang landai pada bagian belakangnya. Berbeda dengan Toyota Yaris yang justru terlihat lebih porposional.

Toyota Yaris 2014 rear disc brake

Baik Jazz dan Yaris terbaru sudah dilengkapi dengan ban dengan ukurang 16 inchi yang tampil sporty, sedikit nilai tambah untuk Honda Jazz RS karena sudah mengaplikasikan model velg two tone.

Pelek-Honda-Jazz-RS-16-inchi

Dari sisi eksterior, kami merasa hal ini kembali ke selera masing-masing. Baik Honda Jazz dan Yaris TRD Sportivo menurut AutonetMagz keduanya berusaha untuk tampil se-agressif mungkin untuk menampilkan kesan sporty dan dinamis. Namun jika menurut anda Honda Jazz terbaru kurang greget dari sisi eksterior, Honda juga menyediakan paket body kit Mugen dan Modulo yang membuatnya tampil lebih sporty.

Interior

Masuk ke dalam interior Yaris TRD Sportivo tidak ubahnya masuk ke dalam interior Toyota Vios generasi terbaru. Desain interiornya tidak jelek, namun sayangnya karena memiliki warna hitam kelam, interiornya menjadi sama persis dengan Toyota Limo yang dijadikan armada Taxi. Padahal bisa saja dibuat sama persis dengan Toyota Vios yang mengaplikasikan two tone colour antara black and beige.

Toyota Yaris 2014 driver seat

Di varian TRD Sportivo, kita akan mendapatkan unsur-unsur kemewahan mulai dari setir dan shift knob berlapis kulit, AC digital dengan climate control, piano black finish, audio dengan multimedia canggih dan semi bucket seat dengan bahan yang nyaman disentuh. Uniknya mobil ini memiliki plastik interior dengan rona jahitan seperti layaknya kulit yang membuatnya terasa mewah.

Toyota Yaris 2014 storage

Kelemahan dari Toyota Yaris terbaru ini ada pada desain dashboardnya yang kurang praktis bila dibandingkan dengan Toyota Yaris generasi terdahulu yang memiliki banyak kompartemen penyimpanan, dan pada door trimnya kita akan menemukan door trim full plastik meskipun sudah dibekali dengan motif seperti layaknya bahan fabric.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-Indonesia

Masuk ke dalam interior Honda Jazz RS, kita akan menemukan desain dashboard yang sangat driver oriented dibandingkan dengan Toyota Yaris. Desain ini sebenarnya sama dengan varian Honda City yang lebih dulu meluncur, namun kita tidak akan menemukan material soft touch seperti layaknya Honda City, dan kita tidak akan menemukan desain interior layaknya Taxi pada interior Honda Jazz RS.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-2015

Interior Honda Jazz terbaru lebih memiliki banyak gimmick dibandingkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. Duduk di bangku kemudi, kita akan disuguhi desain speedometer futuristik dengan MID besar serta paddle shift dibalik kemudinya. Tidak hanya itu, Honda Jazz juga memiliki telescopic steering dan seatbelt height adjuster yang tidak dimiliki oleh Yaris.

Honda-Jazz-Seating-Position

Posisi duduk di kursi Honda Jazz RS juga tidak ubahnya duduk di kursi Honda Jazz model terdahulu, sangat nyaman dan sportif jika dibandingkan dengan Toyota Yaris. Pada doortrimnya kita akan menemukan bahan fabric yang memberikan kesan mewah dan kini Honda Jazz RS sudah dibekali dengan keyless entry dan start/stop engine seperti layaknya Toyota Yaris tipe S generasi sebelumnya.

Kualitas-Interior-Honda-Jazz-Baru

Sayangnya desain interior Honda Jazz terbaru yang cantik tidak didukung dengan penggunaan bahan material dan finishing yang rapi. Plastik interiornya sama persis dengan Honda Mobilio, begitupula finishingnya masih terasa kasar dan tidak presisi antara celah-celah plastiknya, padahal Honda Jazz generasi sebelumnya cukup baik. Head unit Honda Jazz juga belum memiliki fasilitas seperti Bluetooth dan internet seperti Toyota Yaris.

Akomodasi

Toyota Yaris 2014 backseat

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Toyota Yaris sudah semakin baik dari segi akomodasi, legroom dan headroom penumpang baris kedua jauh lebih lega, begitupula dengan bagasinya. Yang paling menyenangkan ada pada kursi kedua Toyota Yaris TRD Sportivo yang kini dibuat senyaman sedan.

Toyota Yaris 2014 bagasi belakang

Namun jika membandingkan akomodasi Toyota Yaris terbaru dengan Honda Jazz terbaru tentunya Honda Jazz jauh lebih unggul baik dari akomodasi penumpang baris kedua hingga bagasinya. Yang paling AutonetMagz sukai dari Honda Jazz ini ada pada metode ultra seatnya yang cerdas dan mampu melipat kursi dengan berbagai mode mulai dari melipatnya rata lantai, melipat kursi keatas untuk membawa barang bawaan yang tinggi hingga relax mode yang mampu membuat kursi depan terhubung dengan kursi belakang seperti layaknya sebuah tempat tidur. Great!

Kursi-Belakang-Honda-Jazz

Honda-Jazz-Indonesia-2014

Fitur

Baik dari Toyota Yaris TRD Sportivo dan Honda Jazz RS, masing-masing sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti audio touch screen, leather steering, steering switch control, keyless entry dengan start/stop engine, projection headlamp, LED DRL, retractable mirror, tilt steering, immobilizer, dual airbags dan pengereman ABS, EBD + BA. Uniknya kedua mobil ini sepertinya ingin tampil berbeda dengan memberikan kelengkapan yang tidak ada di kubu pesaingnya.

Toyota Yaris 2014 dashboard

Di Toyota Yaris TRD Sportivo ada beberapa fitur yang tidak dilengkapi di Honda Jazz RS, sebut saja seperti Head unit canggih dengan koneksi bluetooth, GPS navigasi, internet, air gesture serta aplikasi My Toyota. Fitur lainnya yang tidak terdapat pada Honda Jazz terbaru ada pada AC digital dengan auto climate control dan leather shift knob.

Di Honda Jazz RS, mungkin kita akan menemukan head unit konvensional bawaan after market yang sama dengan yang digunakan Honda Mobilio RS. Kita tidak akan menemukan Bluetooth, GPS Navigasi serta koneksi internet di head unit ini, begitupula dengan tombol-tombol AC yang dibuat konvensional seperti model sebelumnya.

Setir-Honda-Jazz-Baru

Namun Honda Jazz terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi seperti headlight LED Projection dengan auto leveling, paddle shift, cruise control, telescopic steerng dan kursi belakang ISOFIX. Fitur-fitur yang ada di Honda Jazz RS ini juga tidak akan anda temukan pada Toyota Yaris TRD Sportivo. Cukup imbang sepertinya!

Mesin

Sulit untuk menilai kedua mesin mobil ini, karena kami belum mencoba performa kedua mobil ini secara langsung. Mungkin kita bisa berbicara mulai dari Toyota Yaris TRD Sportivo yang sejak tahun 2002 memiliki mesin yang sama dengan Toyota Vios tanpa ubahan signifikan. Mesin ini tidak perlu diragukan lagi soal performanya yang kencang dan konsumsi bahan bakarnya yang irit serta daya tahan yang terkenal sangat bandel sejak tahun 2002. Mesin yang sudah melenggang 12 tahun di Indonesia ini juga memiliki spare part yang sangat mudah di dapatkan.

Toyota Yaris 2014 engine

Lain lagi jika kita menengok mesin Honda Jazz RS terbaru, mesinnya masih menggunakan platform L15, hanya saja kode buntutnya kini berubah dari L15A menjadi L15Z1. Tenaga dan torsinya tetap jika dibandingkan dengan model sebelumnya, namun Honda melakukan penyempurnaan yang membuat mesin ini lebih ringan, ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Honda mengatakan bahwa mesin generasi terbaru yang dilengkapi dengan transmisi Earth Dream CVT lebih hemat % dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya.

Konsumsi Bahan Bakar BBM Honda Jazz 2014

Well, sepertinya kami harus mencoba mobil ini secara langsung untuk menentukan mana yang lebih baik secara performa dan bahan bakar. Namun dari kualitas pengerjaan engine bay kedua mobil ini, sangat disayangkan Honda menurunkan kualitas pengerjaan bodi dibalik kap mesin dari Honda Jazz terbaru seperti Honda Mobilio dan Honda Brio.

Konsumsi-BBM-Mesin-Honda-Jazz-2014

Kenyamanan

Interior Yaris 2014

Terlalu dini menilai kenyamanan berkendara dengan Honda Jazz karena kami belum merasakannya secara langsung. Lalu bagaimana dengan Yaris? Kami pernah mencoba Toyota Yaris TRD Sportivo di jarak pendek, kini suspensi Toyota Yaris TRD Sportivo terasa lebih kaku dibandingkan dengan model Yaris model sebelumnya, namun masih lebih empuk dibandingkan dengan Honda Jazz generasi sebelumnya. Oh iya, Toyota Yaris TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan rem belakang cakram, sedangkan Honda Jazz RS masih menggunakan rem tromol.

Legroom-Honda-Jazz-2014

Kesimpulan

Sedikit sulit menyimpulkan keduanya karena kami belum melakukan pengetesan mendalam terhadap kedua mobil ini. Namun dengan harga banderol Toyota Yaris TRD Sportivo di angka 256 juta dan Honda Jazz RS di angka 248 juta, menurut kami untuk sementara ini Honda Jazz lebih value for money. Apalagi fitur-fitur yang ada di Honda Jazz RS lebih sulit untuk dipasang manual di Toyota Yaris TRD Sportivo, sedangkan Head Unit masih bisa kita upgrade agar tidak kalah canggih dengan Yaris. Bagaimana? Sampaikan opini di kolom komentar dibawah ini.

Berita, Komparasi Jazz VS Yaris: Komparasi Perbandingan Toyota Yaris TRD Sportivo vs Honda Jazz RS

Tags : toyota indonesia, Honda Jazz baru, honda jazz, Toyota Yaris, yaris vs jazz, Toyota Yaris baru,