Ford EcoSport Facelift, Tingkatkan Teknologi dan Tanggalkan Konde

Ford EcoSport Facelift, Tingkatkan Teknologi dan Tanggalkan Konde
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah hadir sekian lama, Ford EcoSport akhirnya diberikan facelift dengan ubahan yang mudah dikenali. Khususnya di bagian muka, di mana lampu utamanya kini lebih belo dan grilnya dibuat lebih tegas dan besar, mirip kepunyaan Ford Kuga. Air dam di bumper depan mengecil, dan bentuk lampu kabut pun turut berubah bersama desain bumpernya. Tampangnya sendiri memang tetap bukan yang paling cantik., namun akhirnya Ford EcoSport punya lampu projector sebagai standar.


ford-ecosport-facelift-rear

Di samping, tak ada yang berubah selain desain peleknya. Bagi yang merasa konde di pintu bagasinya itu mengganggu, ada kabar gembira. Ford EcoSport facelift sudah pulang dari undangan nikahan dan melepas ban serep kondenya sehingga kelihatan lebih ringkas dan simple. Itu kabar baiknya, kabar buruknya adalah bukaan pintu bagasinya tetap menyamping, bukan ke atas. Sepertinya ini tanda kalau ban serep konde masih disediakan, sepertinya jadi opsional ekstra.

pintu-bagasi-ford-ecosport-facelift

Interiornya? Secara garis besar masih sama saja, namun ada rombakan di bagian tengah, khususnya di tata letak tombol AC, ventilasi AC dan layar head unitnya. Sekarang, Ford EcoSport sudah membuang layar monokrom macam layar HP Nokia 3310 yang monoton itu dan menggantinya dengan layar sentuh 8 inci yang duduk tegak seperti tablet. Sistemnya kini lebih canggih dari milik Ford Focus EcoBoost Indonesia, karena sudah bukan Ford SYNC 2, melainkan Ford SYNC 3.

kabin-ford-ecosport-facelift

Artinya, selain fasilitas standar macam navigsi, radio dan lain-lain, ia sudah siap melayani dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Urusan audio, ia dianugerahi sistem tata suara Bang & Olufsen dengan 10 speaker yang dirancang oleh engineer dari Harman. Untuk keperluan kelistrikan, ada 2 port USB yang bisa fast-charging, 2 power outlet 12V dan 1 power outlet 110V. Ubahan yang terlihat mata lagi adalah motif detailing ala copper baru di interior, sementara sunroof masih dipertahankan.

interior-ford-ecosport-facelift

Ford masih enggan merilis detail mesin dari Ford EcoSport facelift. Namun kalau judulnya facelift, kemungkinan besar masih pakai mesin lama. Mesin lama yang dimaksud di sini adalah mesin 1.000 cc 3 silinder turbo EcoBoost dan mesin diesel 2.000 cc 4 silinder turbo. Tidak ada satu pihak pun yang membahas soal mesin 1.500 cc 4 silinder seperti Ford EcoSport versi Indonesia, karena mungkin mesin itu sudah hopeless.

ford-ecosport-facelift

Untuk yang mesin diesel 2.000 cc, akan ada pilihan penggerak FWD atau 4WD. Baik yang bensin ataupun yang diesel, akan memakai transmisi otomatis 6 percepatan, tapi entah masih kopling ganda atau sudah bukan. Variannya ada 4, yakni S, SE, SES dan Titanium, dan seperti biasa, varian Titanium adalah varian termahal. Sementara itu, varian SES hadir dengan menu sporty seperti penggerak 4WD, suspense dan setir dengan tuning sport, aksen copper di interior dan jok semi sports.

Meski diperkenalkannya hari ini, Ford bilang kalau Ford EcoSport facelift baru bisa dikirim ke dealer pada awal 2018, jadi masih ada waktu setahun lebih. Apakah Indonesia juga akan dapat? Entahlah, soalnya sepertinya RMA Group yang menggantikan Ford Indonesia hanya membahas soal layanan purna jual dan garansi, masih abu-abu mengenai penjualan mobil baru Ford. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: