Toyota dan Ford Kini Resmi Menjadi Partner Dalam Membangun Infotainment System

by  in Berita&Ford&International
Toyota dan Ford Kini Resmi Menjadi Partner Dalam Membangun Infotainment System
0  komentar
kerjasama-toyota-dan-ford

AutonetMagz.com – Ford termasuk salah satu pabrikan yang cukup intens dalam pengembangan sistem infotainment dalam kendaraannya, salah satunya dibuktikan dengan disiapkannya Ford SYNC 3 yang merupakan hasil kerja sama dengan BlackBerry. Keseriusan dan kegigihan Ford ternyata membuat Toyota tertarik untuk menjalin satu hubungan yang serius. Kini, Toyota dan Ford sekarang sudah menjadi partner untuk membangun sistem infotainment dalam mobil.

Terhitung sejak kesepakatan ini diresmikan, Toyota mulai membedah dan mengevaluasi Ford AppLink yang dikenal sebagai SmartDeviceLink atau SDL untuk mobil-mobil Toyota dan Lexus di masa depan. Menurut Ford, kemitraan ini meliputi pengoptimalan kontrol aplikasi smartphone melalui tombol di dashboard, layar display dan teknologi voice recognition. Mantap!

Fitur-Ford-SYNC-3

Keuntungannya adalah akan tercipta SDL bersifat open source, dan ini sangat menguntungkan bagi para pembuat aplikasi atau yang biasa disebut apps developer. Mereka hanya perlu membuat satu aplikasi yang kompatibel dengan banyak mobil, jadi tak perlu lagi membuat satu aplikasi yang spesial didesain untuk sistem infotainment merek tertentu. Seperti android saja ya?

“Desain interface dashboard dan konektivitas smartphone merupakan elemen kunci untuk diferensiasi produk dalam industri,” kata Don Butler, executive director Ford Connected Vehicle and Services. “Di Ford, kami melihat semua aspek waktu di belakang kemudi sebagai inti pengalaman kami menyediakan pelanggan. Kami senang kalau ada rekan lain dari industri otomotif merasakan hal yang sama, dan berharap untuk bekerja sama untuk memberi dukungan lebih untuk komunitas pengembang SDL. ”

head-unit-toyota-vios-TRD-sportivo-thailand

Kerja sama ini bisa menjadi sinyal bahwa Toyota dan Ford sedang pasang taruhan untuk melawan Android Auto dan Apple CarPlay. Meskipun Ford dan Toyota memang terdaftar sebagai mitra untuk CarPlay buatan Apple, tapi nama Toyota absen dari daftar mobil yang berpartisipasi untuk Google Android Auto. Wah, ada apa gerangan?

Tapi bagus ya kalau semua bisa bekerja sama. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: