Toyota dan Ford Kini Resmi Menjadi Partner Dalam Membangun Infotainment System

by  in Berita&Ford&International
Toyota dan Ford Kini Resmi Menjadi Partner Dalam Membangun Infotainment System
0  komentar
kerjasama-toyota-dan-ford

AutonetMagz.com – Ford termasuk salah satu pabrikan yang cukup intens dalam pengembangan sistem infotainment dalam kendaraannya, salah satunya dibuktikan dengan disiapkannya Ford SYNC 3 yang merupakan hasil kerja sama dengan BlackBerry. Keseriusan dan kegigihan Ford ternyata membuat Toyota tertarik untuk menjalin satu hubungan yang serius. Kini, Toyota dan Ford sekarang sudah menjadi partner untuk membangun sistem infotainment dalam mobil.

Terhitung sejak kesepakatan ini diresmikan, Toyota mulai membedah dan mengevaluasi Ford AppLink yang dikenal sebagai SmartDeviceLink atau SDL untuk mobil-mobil Toyota dan Lexus di masa depan. Menurut Ford, kemitraan ini meliputi pengoptimalan kontrol aplikasi smartphone melalui tombol di dashboard, layar display dan teknologi voice recognition. Mantap!

Fitur-Ford-SYNC-3

Keuntungannya adalah akan tercipta SDL bersifat open source, dan ini sangat menguntungkan bagi para pembuat aplikasi atau yang biasa disebut apps developer. Mereka hanya perlu membuat satu aplikasi yang kompatibel dengan banyak mobil, jadi tak perlu lagi membuat satu aplikasi yang spesial didesain untuk sistem infotainment merek tertentu. Seperti android saja ya?

“Desain interface dashboard dan konektivitas smartphone merupakan elemen kunci untuk diferensiasi produk dalam industri,” kata Don Butler, executive director Ford Connected Vehicle and Services. “Di Ford, kami melihat semua aspek waktu di belakang kemudi sebagai inti pengalaman kami menyediakan pelanggan. Kami senang kalau ada rekan lain dari industri otomotif merasakan hal yang sama, dan berharap untuk bekerja sama untuk memberi dukungan lebih untuk komunitas pengembang SDL. ”

head-unit-toyota-vios-TRD-sportivo-thailand

Kerja sama ini bisa menjadi sinyal bahwa Toyota dan Ford sedang pasang taruhan untuk melawan Android Auto dan Apple CarPlay. Meskipun Ford dan Toyota memang terdaftar sebagai mitra untuk CarPlay buatan Apple, tapi nama Toyota absen dari daftar mobil yang berpartisipasi untuk Google Android Auto. Wah, ada apa gerangan?

Tapi bagus ya kalau semua bisa bekerja sama. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ap88

    toyota nanti pakai sync,yess

  • subaru

    semua pake BB sync ya? makin banyak jam pasir…hang di pinggir jalan cabut aki dulu biar bisa hidup lagi hahahaha

    • Ivanova

      Gak gitu juga keleus… haha…

      BlackBerry sekarang udah jarang hang.
      Pengalaman pake Z3 > setahun

      • Jose FR

        Z3 buruk kecewa belinya bagusan Z10 tpi dari segi harga memang jauh sih ahhahaha

    • putra

      Ente masih pake bb curve yang track ball ya? -_-

  • 3s-gte

    Teknologi infotainment pake ford, teknologi mesin chasis transmisi daei skyactive mazda. Kuereeen

    • PHEV

      “Teknologi infotainment” Gosip kali infotaiment wkwkkw

  • tim

    Licik jg nih toyota, dia pikir drpd gua ribet” lagi ngembangin teknologi mending gw ketjasama sama mazda dan ford aje, mazda gw contrk skyactivnya, ford gw contek syncnya…

    • AE86

      ,, kalau mau maju kedepan..?, Ya salah satunya kita butuh collaboration/kerjasama, kita tidak bisa berdiri sendiri om… kita butuh sesuata yg tidak ada pada diri kita… intinya salaing melengkapi. dengan demikian kita lebih kuat menghadapi tantangan kedepannya… salam otomotif

      • ap88

        Betul bgt bung,saya setuju bgt ama komen lo

    • ap88

      Emang nya kenapa kalo saling kerjasama?,mereka kan bisa saling share teknologi dan saling menguntungkan,jangan2 bung tim gak suka kerja sama dan kebersamaan?kalau mau maju kedepan dan lebih baik ya kita harus kerjasama

      • ap88

        Yang nyontek tuh produsen mobil china,itu baru namanya nyontek brand lain

        • tim

          Ini kan istilah kasarnya mereka nyontek. Cuman yg ini resmi aja mereka pake teken kontrak segala. Nnti toyota dpt teknologi ford SYNC, ford dpt teknologi apa dari toyota? Air gesturenya yaris baru yg very” useless itu?

          • ap88

            jadi mobil china yg niru luar dalam dan tidak tahu diri gimana?toyota ford gak bisa dibilang nyontek krn memang udah ada niat saling kerjasama antara dua brand tsb serta kesepakatan dari dua brand tsb,beda dgn jailing dan jaguar land rover yg tdk ada niatan utk kerjasama makanya si jailing di tuntut ama jaguar land rover meski kalah krn china gak tahu diri

        • Ezraa wibisono

          btw app88nya kok ada 2? Yg bener mana nih ekwkwkwk

          • ap88

            sama aja kok

      • tim

        Liat lah honda, mazda, ford, ngembangin teknologi i-Vtec, SkyActiv, Ecoboost, emg perlu kerjasama? Karena enginnering mereka sdh bagus jadi tdk perlu kerjasama. Saya yakin toyota kalo mau ngembangin sendiri teknologi macem beginian jg bisasendiri, buktinya bisa tuh mereka ngembangin teknologi hidrogen. Cuman mereka males aja, jadi mending teken kontrak terus bedah” dikit udh jadi avanza pake skyactiv + SYNC.

        • ap88

          toyota ada HSD(hybrid sinergy drive),tapi iya juga sih mungkin toyota malas sehingga ajak kerjasama sana sini hahaha

  • Agung Ardy

    Kereeeennnnn tapi masuk indo kena sunatan masal gak tuh hahahaha

    • Perez-perezan

      Sini gua sunat dulu

  • Jose FR

    Baguslah kalo kerja sama, dulunya musuhan skrng akhirnya bisa bersama” membangun mobil untuk kedepannya, semoga saja masuk indonesia tidak ada kekurangan ya kaya sunatan, tpi kayanya ga di sunat kalo begituan

  • Jose FR

    Apa yang dilakukan kedua pihak ini bagus, dari adanya kerja sama ini kedua pihak ini akan menjadi sempurnya untuk mobipnya karena dilengkapi dengan teknologi dari toyota atao ford. Good luck toyota ford!