Honda Janji Perkenalkan 2 Mesin Baru, Di Antaranya Mesin 1.0 L Turbo 127 Horsepower!

Honda Janji Perkenalkan 2 Mesin Baru, Di Antaranya Mesin 1.0 L Turbo 127 Horsepower!
0  komentar
honda civic sedan 2016

AutonetMagz.com – Meski dulu terkenal dengan mesin naturally aspirated bertenaga besar, sebenarnya Honda sendiri bukan pabrikan yang jijik dengan turbo. Baik untuk mobil balap F1 maupun mobil jalanan mereka seperti Honda Legend lawas, Honda punya teknologi turbo yang bagus, hanya saja tidak seterkenal mesin naturally aspiratednya. Barulah setelah tren downsizing marak belakangan ini, Honda berani memamerkan mesin turbo mereka lagi.

Kepala R&D Honda, Keiji Ohtsu sudah punya rencana hingga tahun 2020 soal permesinan, dan setidaknya untuk tahun 2016 ini saja Honda akan meluncurkan 2 mesin baru, dan salah satu di antaranya adalah mesin 1.000 cc 3 silinder VTEC turbo yang akan menghuni ruang mesin Honda Civic baru versi Eropa. Mesin ini bisa bikin Ecoboost milik Ford gentar, karena bisa menghasilkan 127 hp dan 200 Nm. Kami suka turbo.

mesin-honda-civic-2016

Sebenarnya mesin ini sudah pernah masuk di Honda Civic Euro lawas, tapi bakal ada penyesuaian lagi sebelum disebarluaskan ke tingkat global. Berikutnya adalah mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo yang sudah ada di Civic terbaru, berikut StepWGN dan Jade RS yang ganteng dan Real Sporty itu, bukan Rada Sporty seperti Honda RS di sini. Tenaganya besar, mencapai 174 hp dan torsi 220 Nm.

honda-jade-rs-blue-side

Sama seperti Ford Ecoboost, Honda menanggalkan penggunaan timing chain, diganti dengan timing belt yang direndam oli di mesin 1.000 cc dan 1.500 cc turbonya itu. Ke depannya, bakal ada penggantian tradisi permesinan, di mana mesin V6 bakal diturunkan jadi mesin 4 silinder turbo, dan mesin 4 silinder non-turbo diganti jadi mesin 3 silinder turbo. Jadi nanti jangan heran ya kalau ada Honda Jazz 1.000 cc 3 silinder turbo yang layak bersaing dengan Ford Fiesta Ecoboost.

Honda-stepwgn

Mesin-mesin itu akan diperkenalkan terlebih dulu di Amerika Utara, China dan beberapa negara di Eropa, karena tujuan awal mereka memang untuk memenuhi peraturan dan kebutuhan di tiga pasar itu, terutama China yang memberikan keringanan bagi mesin kecil. Jika mesin 1.000 cc dan 1.500 cc turbo ini dipastikan mau mendunia, apakah Indonesia juga dapat? Semoga saja sih, tapi kamu suka mesin turbo atau non turbo? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ekkyfir

    Wah layak di tunggu nih apa lg kalau jazz pake 1.0 3 silinder vtec turbo dan civic pake 1.5 4 silinder vtec turbo, ford ecoboost bakal punya pesaing yg serius nih
    Kami suka turbo

  • Indrot

    Teu ngartos turbo kawas kumaha.. ?tapi yeah.. Aku suka Turbo!

  • Ardhie Yoodha

    Brio satya pake turbo….
    Mobilio pake turbo….
    BRV pake turbo…

    Jika Honda new freed pake turbo,, toyota sienta KO..

    • pescarolo

      kalo turbo emg ud jd market trend sh pasti sienta jg ikut2an pake turbo

  • Mak Nyus

    Jozz tenan… Kami suka turbo… Siap ditunggu tanpa disunat sama Jonfis… 🙂

    • farid

      kalau mobil honda diseluruh dunia banyak yg pake mesin turbo,tentu saja di indonesia juga ada,contohnya mesin ecoboost ford aja gak cuma buat beberapa negara aja yg dapat tapi udah jadi mesin untuk spek seluruh dunia dari ford

  • pescarolo

    turbo oke sih kalo ngomongin power, tapi dari segi perawatan sm reliability oke ga ya

  • Tri Mulyantono

    Pertanyaan saya: berapa harganya? Honda yg naturally aspirated aja dah mahal bingits apalagi yg turbo? Masak hrv 1500 cc harganya hampir sama dg innova 2000 cc? Yg 1800 malah hampir sama dg innova v 2400 turbo!

    • Bobby

      Om bandingin varian termurah ipah sama termahal hrv… dari segi fitur aja uda jauh… dan lg om membanggakan mesin 2000cc yg performanya kaya 1500cc tp borosnya lebih dr 2000 itu? Coba saja diadu dr akselerasi sampe konsumsi bbmnya… mesin itu yg buat ane batal beli bahkan illfeel sama ipah bensin, pas test drive dengan transmisi maticnya yg parah bikin malas saya yg suka nyetir sampe dikasi diskon 100juta jg mikir 1000 kali beli nya.. kecuali dijual lg xixixi

      • AE86

        Coba di tes mas bray konsumsinya Hrv 1,8 dngan Ipah 2,0 mna yg boros,,

  • Escortosumitro

    Jade jadi dijual disini?

  • Henry Ardika Fatih

    Tetep aja mending ecoboost…

  • farid

    suka banget dgn mesin kecil tapi bertenaga dgn doping turbo,untuk mesin 1000cc plus turbo mungkin pajaknya gak terlalu berat amat karena mesin 1000cc nya yg kecil mampu menekan pajak yg dibebani untuk mesin mobil dgn kategori force induction.jadi kalau beli mobil bermesin 1000cc turbo itu serasa beli mobil mesin N/A 1500cc atau lebih dikit

  • Opan

    Telat gaul nih honda. Yg lain udh pada downsizing+turbo eh doi baru mulai.

    * honda nigga be like “vtec turbo kickin’ yo”