Kilas Balik 40 Tahun Usia Pikap Mitsubishi L200

by  in  Berita & Merek Mobil & Mitsubishi
Kilas Balik 40 Tahun Usia Pikap Mitsubishi L200
0  komentar

AutonetMagz.com – Buat kalian yang suka banget sama otomotif, siapa yang tak kenal dengan brand otomotif asal Jepang ini. Ya, Mitsubishi. Salah satu produk bersejarahnya – pikap – sudah sukses selama 40 tahun lho. Sejak diperkenalkan di tahun 1978, kini sebanyak 4,7 juta orang telah melihat perjalanan hidup sebuah pikap Mitsubishi.
Mitsubishi Forte, pikap seberat 1 ton pertamanya, atau yang biasa juga disebut sebagai Mitsubishi L200 di beberapa pasar lain, mampu menempuh semua medan yang dilewati. Performa yang pastinya tahan banting, daya angkut, pengendalian, terlebih kenyamanan pengendara juga diperhatikan.

Produsen mobil dengan lambang 3 berlian ini mengembangkan Mitsubishi Forte yang memang mobil angkut, tapi tetap easy-to-drive, dengan warisan four-wheel-drive-nya untuk memastikan konsumen bisa benar-benar efisien menggunakan mobil ini. Bahkan pada tahun 1980 sampai sekarang malah menjadi ‘fondasi’ buat Mitsubishi Pajero/Montero dan Mitsubishi Delica.  Tak hanya itu, Mitsubishi Motors terus mengembangkan pikapnya untuk memenuhi permintaan pasar. Yang awalnya Cuma ada single cab, pada 1986 mulai ada model club cab dan double cab. Selain mengembangkan variasi bodi, penggerak 2WD dan 4WD juga tersedia dengan pilihan mesin bensin 2,0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter.

Setelah berganti nama menjadi Mitsubishi Triton, pikap Mitsubishi Strada akhirnya diperkenalkan pada Mei 1991 di pasar Jepang, tapi hanya khusus untuk versi double cab. Setelah hadir di Jepang, Mitsubishi L200 Strada juga diperkenalkan di Thailand, Eropa, Amerika Latin, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika pada 1995. Sebanyak 1.046.000 kendaraan pun diproduksi. Sepanjang perjalanan dari tahun ke tahun, perkembangan pikap Mitsubishi terus memberikan yang perbaikan yang positif bagi konsumennya. Mulai dari penggunaan door trim, padding yang besar untuk kenyamanan, air bag, anti-pinch power window, dan banyak yang lainnya.

Satu dekade berlalu, Mitsubishi memberi wajah baru untuk pikapnya. Bukan sembarangan, Mitsubishi benar-benar memikirkan pikap dalam segala aspek. Pertama, kendaraan ini harus melampaui performa (ekonomis, kuat, dan dapat diandalkan). Kedua, harus punya standar kualitas yang tertinggi supaya memiliki nama baik di pasar global. Terakhir, harus memenuhi kebutuhan konsumen pastinya. Bertambah dari angka sebelumnya, 1.423.000 Mitsubishi Triton/Mitsubishi L200 generasi keempat diproduksi. Ciri khas dari model nya adalah desain interior dan eksterior yang lebih modern. Selain itu, dikembangkan juga mesin diesel dengan direct injection common rail yang menghasilkan tenaga yang besar, tapi bahan bakar, emisi gas buang, dan tingkat kebisingan yang rendah.

Masih berlanjut, di tahun 2014, pikap generasi kelima ini berevolusi jadi “ultimate sport utility truck” Lagi-lagi demi memenuhi kebutuhan konsumen, Mitsubishi mengembangkan mesin baru 2,4 liter MIVEC “clean” turbo diesel. Terobosan barunya juga menawarkan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Sekarang, dengan brand strategy barunya pada 2017, melalui tagline-nya “Drive Your Ambition”, Mitsubishi akan terus berinovasi dan berinvestasi untuk teknologi baru, desain yang atraktif, dan pengembangan produknya, agar semakin otentik dan menarik bagi konsumen di seluruh dunia. Nah, salah satunya adalah sosok Mitsubishi Triton terbaru yang teaser-nya sudah kami bahas kemarin.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian adalah salah satu pengguna Mitsubishi Triton?

Read Prev:
Read Next: