KIA Rio Facelift 2016 Versi Amerika Ternyata Beda dengan Versi Eropa

by  in Berita&International&Kia
KIA Rio Facelift 2016 Versi Amerika Ternyata Beda dengan Versi Eropa
0  komentar
KIA-Rio-facelift-Amerika

AutonetMagz.com – Masih ingatkah anda dengan KIA Rio facelift yang tahun lalu muncul perdana di Paris Motor Show 2014? Kini hatchback KIA ini sudah memulai langkahnya untuk penjualan global, dan hatchback yang masuk ke 7 besar hatchback terlaris di Indonesia tahun 2014 berdasarkan data Gaikindo ini telah sampai ke pasar Amerika Serikat.

Memilih Chicago sebagai tempat pertamanya, Rio hatchback versi Amerika ternyata punya beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan versi yang diluncurkan di Paris Motor Show. Beberapa diferensiasi yang terlihat adalah hadirnya sunroof untuk KIA Rio versi Amerika.

KIA-rio-facelift-belakang

Perbedaan kedua ada di peleknya. Jika KIA Rio yang kita lihat di Paris Motor Show punya pelek model kipas angin baru, pelek KIA Rio facelift Amerika malah sama persis dengan KIA Rio yang sekarang kita lihat di Indonesia. Meski pelek kipas anginnya absen, pilihan warna Urban Blue dan Digital Yellow tetap dihadirkan oleh KIA Amerika.

Interior-KIA-rio-facelift-Amerika

Interiornya juga berbeda, sebab kita malah akan menemukan kabin yang sama sekali tak berbeda jauh dengan apa yang bisa kita lihat di KIA Rio sekarang. Meski begitu, sebenarnya ada ubahan kecil di bezel kisi AC yang kini ber-finishing satin dan kualitas plastik cover head unit yang telah ditingkatkan. Kira-kira siapa yang akan ngeh dengan ubahan sesedikit itu ya?

2015 Kia Rio Facelift Head Unit baru

Sebagai pembanding, foto di atas adalah foto interior KIA Rio facelift versi Eropa. Dengan paduan warna hitam-coklat dan aksen piano black di beberapa bagian, akan lebih terasa aura facelift-nya daripada KIA Rio versi Amerika. Prediksi kami, konsumen Indonesia akan lebih berminat kepada interior versi Eropa, karena orang Indonesia cukup tergila-gila dengan tampilan keseluruhan.

Bicara fitur, KIA Rio versi Amerika sudah punya fitur bluetooth, head unit dengan monitor, sistem navigasi, tombol start/stop engine, cruise control dan steering switch control di varian termahal. Untuk versi yang lebih murah, audio dengan layar monitor hilang dan diganti dengan audio biasa tanpa layar monitor dan navigasi. Busa peredam di pilar A dan B juga dibenahi agar tingkat NVH (Noise, Vibration and Harshness) mobil ini semakin minim.

head-unit-kia-rio-facelift

Sayangnya, kami tak menemukan layar AC digital baik di foto interior varian termurah maupun yang lebih mahal, padahal KIA Rio facelift versi Eropa punya AC dengan layar digital. Wah, rupanya di ATPM Amerika ada sedikit tradisi sunatan juga ya. Hehehe…

Bicara mesin, KIA Rio Amerika tak punya mesin bensin 1.400 cc 4 silinder seperti yang kita dapat di Indonesia. KIA Amerika malah lebih berani dengan memakaikan mesin 1.600 cc 4 silinder bertenaga 138 hp. Seperti mobil-mobil masa kini, ia juga punya mode Eco yang bisa membuat mesinnya lebih efisien. Soal transmisi, KIA masih percaya dengan transmisi manual dan otomatis lamanya yang sama-sama punya 6 percepatan.

wallpaper-kia-rio-facelift

KIA Amerika akan segera mendistribusikan KIA Rio baru ke seluruh dealernya di negeri Paman Sam. Kapan kira-kira KIA Rio ini akan sampai di Indonesia ya? Kami harap sih saat IIMS 2015 atau IIAS 2015 berlangsung, mobil ini jadi salah satu yang diluncurkan di sana.

Kira-kira KIA Rio baru nanti butuh fitur dan kelengkapan tambahan apa saja ya kalau mau masuk Indonesia? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: