GIIAS Akan Jadi Event Otomotif Terbesar di Asia Melebihi Tokyo Motor Show?

by  in Berita&Mobil Baru&Nasional
GIIAS Akan Jadi Event Otomotif Terbesar di Asia Melebihi Tokyo Motor Show?
0  komentar

GIIAS 2015 - Pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto ShowBSD, AutonetMagz – Keseriusan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) mengadakan pameran mobil semakin terlihat, sebelumnya Gaikindo bersama Dyandra Promosindo di tahun 2014 meng-klaim bahwa pameran mereka adalah yang terbesar di Asia Tenggara, kini Gaikindo bersama Seven Events memiliki target yang lebih tinggi, yaitu menjadi pameran otomotif paling besar di Asia melebihi Tokyo Motor Show sekalipun. Sebelumnya Tokyo Motor Show tercatat sebagai event pameran mobil terbesar di Asia dan merupakan pameran terbesar ketiga di dunia setelah Frankfurt dan Geneva.

Menurut Bapak Andi Wismarsyah selaku Direktur Utama Seven Events yang merupakan EO penyelenggara GIIAS 2015 ini, ada beberapa faktor yang membuat GIIAS menjadi pameran otomotif terbesar di Asia, diantaranya adalah besaran venue, exhibitor, pengunjung dan jumlah jurnalis yang hadir untuk meliput event.

Perbandingan GIIAS dengan Tokyo Motor Show

Secara venue, Tokyo Motor Show digelar di Tokyo Big Sight yang terletak di Tokyo Bay. Tokyo Big Sight sendiri sebenarnya lebih luas dibandingkan dengan ICE (Indonesia Convention Exhibition) di BSD (Bumi Serpong Damai) secara besaran total keseluruhan, namun jika kita mengukur bagian yang digunakan untuk mengadakan Tokyo Motor Show vs GIIAS, Tokyo Motor Show hanya menggunakan 2 buah hall yang memiliki ukuran sebesar 46.000 m² dan 26.000 m². Sedangkan GIIAS akan menggunakan semua area mereka dengan luas hall keseluruhan sebesar 50.000 m², convention hall 4.000 m², empat ruang lobi seluas 7.500 m² dan area luar sebesar 50.000 m². Secara luas venue, ya GIIAS lebih besar dibandingkan dengan Tokyo Motor Show.

hall-GIIAS

Salah satu Hall dari GIIAS, gede banget broo!

Secara exhibitor, Tokyo Motor Show tidak menyebutkan berapa jumlah total dari exhibitor yang berpartisipasi dalam Tokyo Motor Show, namun secara jumlah merek, Tokyo Motor Show hanya menyebutkan bahwa mereka menghadirkan 15 merek mobil lokal Jepang dan 20 merek mobil luar Jepang, sehingga bisa di totalkan menjadi 35 merek mobil yang berpartisipasi. Sedangkan untuk GIIAS dihadiri oleh 29 brand mobil secara total.

Eits, namun tidak sampai disitu, jika digabungkan dengan exhibitor lain seperti aksesoris dan jasa yang berada di GIIAS, total jumlah exhibitor di GIIAS akan melonjak kenaikannya. Rasanya exhibitor Tokyo Motor Show masih tidak sebanyak GIIAS mengingat aksesoris dan jasa lebih banyak melakukan pameran di Tokyo Auto Salon.

denah-giias-2015

Namun jika kita melihat dari besaran pengunjung, rasanya sulit untuk mengalahkan Tokyo Motor Show. Karena Tokyo Motor Show di tahun lalu mampu memikat hingga 902,800 jumlah pengunjung, sedangkan tahun ini GIIAS men-targetkan jumlah pengunjung sebanyak 380.000 pengunjung saja. Sulit untuk menyalip Tokyo Motor Show mengingat jumlah masyarakat yang mampu membeli mobil di Indonesia masih kalah jumlah dibandingkan dengan Jepang meskipun jumlah penduduk kita lebih banyak.

Terakhir, dari jumlah pers yang hadir di GIIAS tentunya lagi-lagi kita masih kalah jumlah dibandingkan dengan Tokyo Motor Show 2015, jika dibandingkan dengan Tokyo Motor Show di tahun 2014 silam, mereka berhasil diliput oleh 10.300 jurnalis dan 1.600 diantaranya adalah jurnalis asing. Sedangkan untuk GIIAS hanya mentargetkan sebanyak 1.000 jurnalis yang mendaftarkan diri di acara tersebut. Memang jumlah jurnalis di Jepang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Indonesia, apalagi Tokyo Motor Show selalu menjadi agenda rutin dari jurnalis-jurnalis luar negeri.

Jadi Siapa yang Terbesar di Asia?

Jika kita melihat dari luas venue dan jumlah exhibitor, jelas GIIAS lebih besar dibandingkan dengan Tokyo Motor Show dari luas venue dan jumlah exhibitor, namun jika membandingkan jumlah pengunjung dan jumlah jurnalis, jelas kita masih kalah dibandingkan Tokyo Motor Show. Apalagi mengingat Tokyo Motor Show banyak menghadirkan global debut dari beberapa produk sehingga mengundang banyak media asing untuk meliput Tokyo Motor Show.

jajaran-direktur-giias

Jadi wajar saja jika GIIAS meng-klaim bahwa mereka akan menjadi yang terbesar di Asia melebihi Tokyo Motor Show karena memang mereka lebih besar di 2 faktor di atas. Tokyo Motor Show pun juga sepertinya tidak masalah jika tersalip GIIAS mengingat target mereka di tahun ini bukanlah menjadi yang terbesar di Asia ataupun dunia dari skala besaran venue, melainkan menjadi “The Top Technology Motor Show in The World” dengan tema “Your Heart Will Race”. Sedangkan GIIAS berambisi akan menjadi yang terbesar di Asia dengan tema “Smart Mobility for The Future”.

Read Prev:
Read Next:
  • subaru

    ada subaru di 7c? masalahnya udah selesai?

  • ///AMG

    Coba tiga”nyaa bisa sma dengan tokyo motor show lambo, ferrari, porsche bisa ikut tuh :v

  • motorfreaks

    Ada kata kata “hanye” diatas

    Btw ada first impressionnya karimun ags ga nih
    Penasaran sama transmisinya

  • jono sujono

    IIMS masih ada gak sih?

    • Rafi M. P.

      Masih kok gan 😉

  • Honda Mobilio

    min kok ga ada ford? ford ikut tampil

  • barakmq

    Gak penting siapa yg lebih besar secara event nya, yg penting diskonnya yg buesssaaaar di GIIAS 2015!!!

  • sporky

    Ford kan kabarnya ikutnya di IIMS Kemayoran mau launching new ranger dan new everest

    • Hillarius Satrio

      betul