KIA Picanto X-Line : City Car Turbo Bergaya Crossover

KIA Picanto X-Line : City Car Turbo Bergaya Crossover
0  komentar

AutonetMagz.com – Tenang dulu, KIA Picanto tetap jadi city car kok. Hanya saja KIA tangannya masih gatal untuk mendandani Picanto meski generasi baru ini masih hangat dari dapur. Buktinya ya si KIA Picanto X-Line (baca : Crossline) ini, di mana KIA menawarkan pilihan selain dari GT Line, yang merupakan trim termahal Picanto baru. Nama “Crossline” dipilih karena Picanto baru ini diberikan body kit ala crossover.

Poin itu bisa disimak di penambahan skid plate baru, cladding plastik hitam baru di pinggir-pinggir bodinya dan bumper baru dengan pilihan aksen hijau kekuningan atau silver. Pelek 16 inci barunya kemungkinan turut berperan mengangkat ground clearance KIA Picanto X-Line, yang tadinya 141 mm jadi 156 mm. Lampu LED DRL, foglamp, kamera mundur dan antena shark fin pun turut disematkan sebagai kelengkapan bawaan.

Masuk ke dalam, KIA Picanto X-Line tak punya beda signifikan dengan varian GT-Line, terutama di bagian dashboard dan setir. Fitur standar sudah termasuk layar head unit 7 inci dengan touch screen, wireless charging, pedal aluminium alloy dan port USB. Soal keselamatan, Picanto sudah dipasangi 6 airbag (ada airbag dengkul sebagai opsional) stability control, traction control, autonomous braking alias rem otomatis, pemantau tekanan ban dan forward collision warning.

Saat membahas mesin, KIA Picanto X-Line rupanya punya ambisi untuk jadi KIA Picanto yang paling bertenaga sepanjang sejarah Picanto. Adalah mesin 1.000 cc 3 silinder turbo T-GDI yang punya 100 PS di 4.500 rpm dan torsi 172 Nm yang sudah ada sejak 1.500 rpm hingga 4.500 rpm. Lumayan, dan dengan girboks otomatis, akselerasi 0-100 tuntas dalam 10,1 detik dan klaim konsumsi BBM-nya kisaran 4,5 liter per 100 km.

Oh ya, KIA turut berkata jika mesin 1.000 cc 3 silinder turbo T-GDI ini juga akan hadir di jajaran model KIA lainnya, semisal KIA Cee’d dan KIA Rio. Jika memang demikian, KIA Picanto X-Line yang akan rilis di Frankfurt Motor Show ini rasanya cukup siap untuk melawan city car populer lain di Eropa seperti Renault Twingo GT dan VW Up! baru yang juga berturbo. Apa opinimu mengenai city car turbo dari Korea ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: