Keseruan Ajang HJSC Dan HBSC 2018! Sambut Para Juaranya

by  in Event&Honda&Nasional
Keseruan Ajang HJSC Dan HBSC 2018! Sambut Para Juaranya
0  komentar

Autonetmagz.com – Rangkaian acara Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge (HBSC) telah resmi terangkum di sirkuit jalan raya BSD City pada Minggu (2/12) lalu. Gelaran one make race yang pertama kali merasakan aspal sirkuit jalanan tersebut sebelumnya selalu melaksanakan balap di sirkuit Sentul, Bogor selama 12 musim untuk HJSC dan 5 musim untuk HBSC. Beberapa pembalap dari Indonesia Touring Car Championship (ITCC) kelas 1.500cc seperti Rio SB, Fitra Eri, Ferrel Fadhil, dan yang lain memang sebelumnya sudah mencicipi sirkuit BSD pada gelaran BSD Grand Prix 2017 yang dilaksanakan bersamaan dengan GIIAS 2017.

Namun tetap saja, kejadian-kejadian menarik tetap tak terelakkan dalam balap 10 lap yang memaksimalkan performa Jazz dan Brio ini. Start yang dimulai saat memasuki tengah hari ini langsung disambut dengan gemuruh suara Honda Jazz dan Brio yang akan bertarung dalam satu sesi Speed Challenge ini. Pada lap pertama, kedua, dan ketiga, Rio SB dari Honda Racing Indonesia dan Fitra Eri dari Honda Bandung Centre bertarung sangat sengit untuk memperebutkan posisi pertama. Sementara Zhafran Rahmadi dari Banteng Jagonya Ayam Motorsport terus membayangi mereka dari belakang, siap mencari celah untuk menyalip.

Susul-susulan terus terjadi pada posisi terdepan baik dari ajang HJSC maupun HBSC yang disatukan ini. Namun sayangnya, insiden besar terjadi tepat sebelum 2 lap balapan akan berakhir. Red flag terpaksa dikeluarkan oleh track marshals karena mereka mendapatkan info bahwa salah satu mobil peserta terbalik pada hairpin pertama dari sirkuit yang cukup sempit ini. Karena posisi mobil yang terkena insiden membahayakan para pembalap lain serta membutuhkan durasi evakuasi yang cukup panjang, sayangnya balapan terpaksa diberhentikan. Cukup menyesakkan mengingat balapan terpaksa selesai sebelum final lap.

Melihat hasil dari balapan yang usai pada lap ke-8 itu, juri pun mulai merangkum semua juara umum dari beberapa kategori yang ada dalam final HJSC dan HBSC ini. Ada total 8 kategori yang diambil pemenangnya, dari HJSC ada tiga dan HBSC dua. Sisanya adalah Pole of the Year, Rookie of the Year, dan Team of the Year. Lalu siapakah yang menempati podium para juara dalam tunggangan Jazz dan Brio mereka? Berikut rangkumannya!

  • HJSC 2018 Master Class
    1. Fitra Eri
    2. Rio SB
    3. Zhafran Rahmadi
  • HJSC 2018 Rising Star Class
    1. Avan Abdullah
    2. Hendra Bonank
    3. M. Arief Hidayat
  • HJSC 2018 Promotion Class
    1. Annis Badrouf
    2. Adrian Jopie
    3. M. Irdam
  • HBSC 2018 Promotion Class
    1. Huga Laverda Labib
    2. Irvan Fauzi
    3. Rio R. Bramantio
  • HBSC 2018 Rookie Class
    1. Reyno Romein
    2. Aditya Gunarsa
    3. Mirza Putra
  • Pole of the Year (Rio SB)
  • Rookie of the Year (Annis Badrouf)
  • Team of the Year (Bank BJB Delta Garage Racing Team)

Pada HJSC 2018, juara umum berhasil direbut oleh Fitra Eri yang telah memenangi lima dari enam balapan HJSC tahun ini dengan mengoleksi total 168 poin. Sementara Rio SB yang sebelumnya memegang gelar juara umum HJSC 2017 harus puas mengakhiri musim dari posisi kedua dengan torehan total 127 poin. Untuk posisi ketiga ditempati oleh Zhafran Rahmadi yang memiliki total poin sebanyak 103. Sementara untuk HBSC 2018, gelar juara umum berhasil disabet oleh Huga Laverda Labib dengan 154 poin, diikuti oleh Irvan Fauzi yang memiliki 141 poin dan Rio R. Bramantio membawa total 87 poin-nya.

Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor menyebutkan, “Setiap tahunnya ajang HJSC dan HBSC terus diadakan untuk melahirkan para pembalap handal di Indonesia, dan di musim kali ini kami sangat mengapresiasi usaha para pembalap yang telah berjuang dengan maksimal dari seri pertama hingga terakhir dengan didukung performa Honda Jazz dan Honda Brio yang bertenaga. Selamat kepada para pemenang dan semoga menjadi pacuan untuk musim balap di tahun berikutnya.”

Bagaimana menurutmu balapan yang memamerkan ketangakasan dari dua city car andalan Honda tersebut? Kami sendiri tak sabar untuk menyaksikan HJSC dan HBSC tahun berikutnya lagi. Oh iya, menurut pernyataan dari Alvin Bahar selaku pembalap Honda Racing Team dalam ITCC kelas 1.600cc, untuk HBSC 2019 nanti new Honda Brio 2018 akan digunakan loh sebagai mobil peserta, tertarikkah kalian menyaksikan mobil baru tersebut dimaksimalkan dalam sirkuit?

Read Prev:
Read Next: